Tata Cara Puasa Daud, Pengertian dan Keutamannya

Tata Cara Puasa Daud – Banyak sekali  ibadah sunah yang di berikan Allah untuk setiap umat beragama, termausk juga bagi umat Islam. Bukan hanya diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat fardu atau sholat 5 waktu, yang harus di kerjakan setiap hari, ataupun puasa ramadhan yang di kerjakan 1 tahun sekali, ternyata ada pula beberapa sunah Rasulullah SAW yang bisa dilakukan untuk menambah pahala dan amalan kita seperti salah satunya adalah puasa daud.

Apa itu puasa daud? Puasa daud merupakan sebuah puasa sunah yang di lakukan oleh umat Islam dengan waktu yang berselang seling, semisal hari ini kalian melaksanakan puasa daud, maka keesokan harinya tidak, lalu di lanjutkan lagi keesokan harinya dengan berpuasa dan begitu seterusnya dan tentunya boleh di lakukan selama 1 tahun penuh terkecuali pada dua hari raya umat Islam yaitu hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha.

Selain dua hari raya umat Islam tersebut, dengan berpedoman pada tata cara puasa daud yang sudah ada, ternyata pada saat tasyrik juga kalian tidak di perkenankan untuk melakukan puasa Daud. Sementara, bagi kalian yang sudah terbiasa melaksanakan puasa senin kamis, Islam justru lebih menganjurkannya karena sudah dipastikan kalian bisa lebih sempurna dalam menjalankannya. Puasa Daud sendiri banyak sekalim memiliki keutaman.

Tata Cara Puasa Daud

Tata Cara Puasa Daud

Tata Cara Puasa Daud

Dengan berpedoman pada hukum yang di miliki puasa Daud yaitu sunah, maka setiap orang yang mengamalkan akan mendapatkan pahala namun jika tidak di kerjakan pun tidak mengapa dan tidaklah dosa. Bagaimana sudahkan kalian mengerti penjelasan seputar pengertian puasa Daud? apabila sudah memahaminya, mari kita bahas mengenai keutamaan dan tata cara puasa daud yang baik dan benar yang bisa kalian simak di infomrasi berikut ini.

Baca :  Pahala Puasa Senin Kamis, Manfaat & Keutamaannya

Hikmah Puasa Daud

Dengan melaksanakan tata cara puasa daud yang baik dan benar sesuai yang telah di tetapkan, makan tidak heran apabila kita sebagai umat islam akan jauh lebih merasa tenang dan tentunya membuat kita semakin taqwa kepada Allah SWT. Hal tersebut dikarekanan didalam menjalankan ibadah puasa sunah daud tentunya kita di haruskan agar bisa menahan dari dari berbagai macam godaan syaitan. Alhasil ketika kita sudah terbiasa menjalankan puasa daud kita akan lebih merasa dekat dengan Allah.

Bahkan tidak heran apabila banyak yang mengatakan bahwa manfaat puas daud itu benar-benar besar baik bagi kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani. Lalu setelah kita melaksanakan tata cara puasa daud dengan baik dan benar, lantas apa hikmah yang akan kita peroleh? setidaknya ada beberapa hikmah yang akan kalian peroleh apabila kalian bisa mengamalkan sunah Rasululloh SAW yang satu ini. Adpaun beberpa himkah dari puasa daud antara lain.

  • Jadi awet muda
  • Menyehatkan tubuh
  • Terhindar dari maksiat
  • Dimudahkan segala urusan
  • Menjadi pribadi yang berakhlak
  • Menentramkan jiwa serta mampu mengontrol emosi
  • Membuat suasana rumah tanggal jauh lebih harmonis
  • Menjadikan diri semakin taqwa terhadap alloh saw dan rasululloh
  • Mampu menjadi jalan rejeki bagi setiap orang yang mengamalkannya

Keutamaan Puasa Daud

Ada beberapa keutamaan puasa daud yang harus kalian ketahui yang dimana dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya:Abdullah

Artinya:
“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari)

Bahkan ada juga riwayat lain terkait keutamaan puasa daud yang berbunyiRiwayat-Puasa-Daud

Artinya:
“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah berkata, “Hadits di atas secara tegas menunjukkan bahwa puasa daud adalah sebaik-baiknya puasa. Bahkan puasa sunah daud pun bisa dibilang lebih utama dari pada puasa sepanjang tahun. Dan dari dua hadist diatas, bisa kita simpulkan bahwa keutamaan puasa daud antara lain

  • Puasa daud merupakan puasa yang paling di sukai oleh Allah SWT
  • Bukan menjadi masalah apabila kalian mengerjakan puasa daud pada hari Jumat atau Sabtu
  • Menjalankan hak Allah SWT dan juga hak badan
  • Tidak ada ketaatan yang jauh lebih baik dibandingkan puasda dan sholat daud
  • Tidak mengerjakan untuk melakukan sesuatu secara berlebihan
  • Membuat hidup lebih bertaqwa karena kita juga mengamalkan ibadah lain selain sholat fardu
  • Hanya boleh dijalankan oleh orang yang mampu
Hikmah Puasa Daud

Hikmah Puasa Daud

Tata Cara Puasa Daud

Tentunya seperti halnya puasa qadha ataupun sholat tahajud, sebelum kita melaksakaan ibadah tersebut tentu saja kita harus membaca niat terlebih dahulu agar semuanya bisa terkendai. Oleh karena itu sebelum membahas bagaimana tata cara puasa daud yang benar, silahkan kalian pahami dan hafalkan bacaan niat puasa daud sebagai berikut

Baca :  11 Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan & Kecantikan

Niat-Puasa-Daud-NewNAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA

Artinya:
“Saya niat puasa daud, sunnah karena Allah Ta’ala”

Sebenarnya untuk tata cara puasa daud sudah kami simpulkan di atas, yang dimana waktu pelaksanaannya kalian harus berpuasa selang seling atau satu hari puasa satu hari tidak.  Dan hal tersebut dilakuan secara rutin hinngga waktu yang tidak ditentukan alias terbatas. Namun agar ibadahnya semakin sampai ke Allah SWT mungkin puasa daud bisa di lakukan oleh mereka sudah memang mampu melakukannya serta tidak merasa sulit.

Dan yang jelas apabila kalian mampu melaksanaan puasa daud setelah mengetahui tata cara puasa daud seperti diatas kami sampaikan, tentulah kalian juga tetap harus mengamalkan ibadah lainnya seperti sholat fardu, ataupun ibadah sunah lainnya. Nah kiranya demikian ulasan yang dapat kami sampaikan semoga, informasi seputar tata cara puasa daud diatas bisa bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran bagi kita semuanya.