Faedah Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Faedah Puasa Senin Kamis – Menjalankan puasa sunnah Senin Kamis memiliki banyak sekali faedah dan juga manfaat yang akan kalian dapatkan. Puasa Senin Kamis sendiri merupakan sebuah amalan yang bisa di lakukan setiap individu umat muslim dan merupakan sebuah bagian dari ajaran yang telah diberikan baginda Rasululloh SAW. Adapun dengan menjalankan ibadah sunnah yang satu ini, tentu saja kalian bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dan faedah puasa Senin Kamis.

Salah satu dari cukup banyaknya faedah yang akan kalian dapatkan adalah, kalian bisa menemukan sebuah tujuan hodup dan sekaligus akan memperudah setiap muslim yang menjalankan ibadah sunnah ini dari segala macam hal. Oleh karena ini Rasulullah SAW sangat menganjurkan bagi setiap muslim untuk senantiasa mengamalkan puasa Senin Kamis secara rutin. Walau termasuk ibadah sunnah, namun bukan hal yang salah apabila kalian mengamalkannya secara rutin, baik dan benar.

Lalu kenapa harus di hari Senin dan hari Kamis? merutut beberpa rujukan yang ada, ditentukannya dua hari tersebut untuk mengamalkan puasa sunnah sudah tertera pada sebuah ahdis yang menyebutkan dalam shahih muslim dari hadist Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu, yang dimana berikiskan “Rasullulah SAW pernah di tanya tentang puasa Senin Kamis, dan beliau pun menjawab bahwa “Hari tersebut merupakan hari aku di lahirkan, dan hari aku di utus oleh Allah SWT dengan diturunkannya Al-Qur’an kepadaku di hari tersebut.” (HR.Muslim).

Faedah Puasa Senin Kamis

Faedan Puasa Senin Kamis

Faedan Puasa Senin Kamis

Tentunya dengan adanya keterangan tersebut, setiap umat manusia terkhusus bagi mereka yang beragama muslim akan senantiasa di berati dengan berbagai macan faedah puasa Senin Kamis yang mungkin akan terasa begitu besar. Bahkan dengan menjalankan sunnah Rasulullah SAW dengan lancar, baik, dan benar kita sebagai pelaksananya pun tidak hanya akan meningkatkan ketaqwaan kita, namun juga banyak sekali manfaat dan faedah yang akan kita peroleh untuk kesehatan jasmani dan juga rohani.

Hebatnya lagi, dengan menjalankan ibadah puasa sunnah Senin Kamis, bagi kaum wanita juga akan banyak mendapatkan manfaat terutama bagi hajat secara spiritual yang ingin melangsungkan cara diet terbaik menutut islam. Kemudian, ada juga manfaat yang akan di dapat kaum wanita yaitu akan lebih memperncatik wajahnya. Dan tidak sahanya perempuan, faedah puasa Senin Kamis juga bisa di rasakan kaum laki-laki yang ingin memikat wanita dengan melaksanakan yang namanya tirakat islam.

Baca :  Niat Puasa Pengganti Ramadhan, Pengertian dan Ketentuannya

Bukan hanya bertumpu pada satu anjuran yang ditulis pada hadist diatas, dalam hadis lain pun Rasulullah SAW juga mengatakan alasan kenapa puasa sunnah tersebut di lakukan pada kedua hari tersebut yaitu Senin dan Kamis, yang dimana uraian hadist tersebut ialah “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”

Oleh karenanya, bagi setiap umat muslim yang ingin mendapatkan banyak manfaat serta faedah puasa Senin Kamis, di anjurkan agar senantiasa menjalankan puasa suannah pada kedua hari tersebut dengan baik dan benar. Bahkan bisa di jadikan sebagai agenda yang sangat penting disetiap munggunya. Sementara itu jika di tinjau dari segi medis, melaksanakan puasa Senin Kamis pun akan mendapatkan banyak manfaat besar yang akan di terima setiap individu yang melaksanakannya.

Lalu apa saja sih manfaat dan juga faedah puasa Senin Kamis yang akan kita dapatkan selagi menjalankannya secara baik, benar dan rutin? pada intinya sama halnya dengan menjalankan ibadah sunnah lainnya seperti halnya puasa sunnah bulan Muharram ataupun juga puasa sunnah rajab dan puasa sunnah dzulhijjah yang meliputi puasa tarwiyah, ataupun puasa arafah. Namun untuk melihat lebih jelas apa saja manfaat dan faedah puasa Senin Kamis silankan lihat uraiannya berikut ini.

Manfaat dan Faedah Puasa Senin Kamis

Manfaat dan Faedah Puasa Senin Kamis

6 Manfaat & Faedah Puasa Senin Kamis

  • Kesehatan Tubuh

Seperti di atas kami sampaikan, bahwasannya salah satu faedah puasa Senin Kamis ialah bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat kesehatan tubuh baik jasmani ataupun rohani tetap dalam keadaan yang sehat. Tentunya hal ini bukan sebatas isapan belaka, karena sudah banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa puasa merupakan salah satu hal yang baik untuk bisa menjaga kesehatan bagi setiap orang yang menjalankannya.

Baca :  11 Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan & Kecantikan

Dimana dari uraian yang ada, diketahui bahwasanya berpuasa dapat membersihkan semua hal-hal negatif yang dapat membuat kesehatan tubuh down, serta dikatakan mampu menjadi obat bagi penyakit yang bersarang didalam tubuh. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, pencernaan kita bisa beristirahat sehingga sistem tubuh yang lain jauh bisa berkeja dengan lebih sempurna dan lebih baik, alhasil kesehatan kita pun semakin meningkat.

  • Bisa Menjadi Perisai Bagi Kejiwaan Seseorang

Sama seperti pada pembahasan pahala puasa Senin Kamis yang sudah kita rangkumkan untuk kalian, salah satu faedah puasa Senin Kamis yang akan dapat kalian peroleh adalah bisa membuat kejiwaan kita jauh lebih stabil. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan ibadah puasa, kita benar-benar dibuat setenang mungkin agar bisa terhindar dari ahwa nafsu dan juga emosi. Alhasil kejiwaan kita pun jauh lebih merasa tenang. Sebagaimana telah di tuliskan pada surat Al-Bawarah ayat 183 yang berbunyi

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

  • Melatih Diri untuk Mencoba Berdisiplin

Kemudian faedah puasa Senin Kamis yang bisa dirasakan kita sebagai umat muslim yang menjalankannya adalah bisa menjadi pelatih diri untuk bisa menjadi pribadi yang berdisiplin dalam segala hal. Ini dikarenakan kita selau merasakan bahwa Allah SWT sebagai tuhan kita (umat muslim) akan selalu mengawasi kita disaat kita tengah berpuasa Senin Kamis. Alhasil kita pun sebagai pelaksananya akan selalu mawas diri dan tentunya akan selali menghindari segala sesuatu atau hal-hal yang akan membuat puasa kitas batal dan menimbulkan dosa.

  • Dapat Terhinda dari Godaan Syaitan

Manusia merupakan slah satu mahluk yang cukup rentan terhadap godaan syaitan. Terlebih lagi bagi mereka yang sama sekali tidak memiliki bekal ilmu agama, syaitan sudah bisa dipastikan akan begitu senang menggoda dan menghasutnya. Namun apabila ktia memiliki pondasi iman yang kuat, hal serupa akan sulit di lakukan syaitan. Oleh karenanya, berpuasa Senin Kamis juga bisa menjadi salah satu penghalang bagi syaitan yang ingin menghasut dan memperbudak kita agar mengikuti perintahnya yang kita tahu bahwa hasutan yang diberikan merupakan sebuah larangan yang dianjurkan oleh agama Islam.

  • Bisa Membuat Kita Jauh Lebih Miningkatkan Amalan
Baca :  Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Terbaru & Terlengkap

Adapun dengan menjalankan ibadah puasa Senin Kamis, selain bisa mendapatkan banyak manfaat dan juga faedah yang akan kita terima, ternyata dengan melangsungkan ibada puasa Senin Kamis kita juga setidaknya tengahberlatih untuk bisa lebih taqwa karna kita belajar mengamalkan sesuatu yang memang di perintahkan oleh ajaran agama islam. Dengan begitu kita sebagi umat muslim akan jauh lebih baik lagi dalam hal ketqwaan dan keimanan kita dihadapkan Allah SWT dan juga baginda Rasulullah SAW.

  • Meningkatkan Rasa Syukur dan Melembutkan Hati

Kemudian faedah puasa Senin Kamis terakhir yang akan kita dapatkan adalah kita bisa selalu mensyukuri atas apa yang telah di berikan Allah SWT kepada kita sebagai umatnya yang taat pada perintah-Nya. Selain itu dengan menjalankan puasa, rasa simpatik kita terhadap orang lain pun akan semakin meningkat dan tinggi terhadap mereka yang memiliki keberuntungan berada di bawah kita.

Tentunya banyak hal lain yang akan kita dapatkan dalam menjalankan salah satu sunnah Rasulullah SAW yang satu ini yaitu berpuasa Senin dan Kamis. Namun setidaknya dengan adanya informasi diatas dan juga gambaran diatas, kami berharap setidaknya kalian kini akan lebih memahami arti dari berpuasa. Yang jelas selain faedah puasa Senin Kamis yang sudah kami sampaikan diatas, akan ada banyak hal lain yang bisa kalian dapatkan ketika menjalankan sunah Rasulullah yang lainnya. Sekian semoga bisa menjadi pembekajaran kita semuanya.