5 Hikmah Puasa Sunnah dan Jenis Puasa Sunnah

Hikmah Puasa Sunnah – Selalu taat menjalankan sunnah Rasulullah sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap individu muslim di berbagai penjuru dunia. Karena dengan kita menjalankan sunnah Rasulullah secara taat niscaya kehidupan kita di dunia akan menjadi lebih tentram. Hukum melakukan ibadah sunnah memang tidak sekuat hukum melakukan ibadah wajib yang mau tidak mau harus di lakukan kita sebagai umat manusia di dunia ini.

Namun nilai dari khaidah yang tersirat dalam ibadah sunnah sangatlah besar serta tinggi, selain akan meningkatkan ketaqwaan kita terhadap kuasa ilahi tentu saja kita juga tengah melakukan hal yang di contohkan oleh nabi agung panutan kita yaitu Muhammah SAW. Tentunya dengan menjalankan ibadah sunnah Rasulullah akan banyak sekali manfaat serta hikmah yang akan kita rasakan.

Yang dimana salah satu hikmah puasa sunnah ialah dapat melatih diri untuk bisa menjaga dan menahan hawa nafsu, yang memang merupakan salah satu sifat yang paling kuat di dalam setiap individu manusia. Pastinya dengan kita mampu mengontrol hawa nafsu yang ada didalam diri kita, akan sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, tentunya dapat beimbas pada perkembangan ahlaq kita di dunia.

Hikmah Puasa Sunnah dan Macam-Macam Puasa Sunnah

Hikmah Puasa Sunnah

Hikmah Puasa Sunnah

Dalam ajaran agama Islam tentunya banyak sekali ibadah yang boleh kita lakukan untuk bisa meningkatkan rasa syukur dan ketaqwaan kita kepada tuhan yang maha Esa, diluar ibadah wajib yang harus kita lakukan yaitu puasa ramadhan serta sholat wajib 5 waktu. Pastinya dengan kita selalu konsisten dalam beribadah, akan banyak sekali hal yang bisa kita rasakan dan kita raih karena semua bentuk ibadah memiliki hikmah yang terkandung didalamnya.

Setiap ibadah yang kita lakukan sudah di jelaskan secara rinci bahwa didalamnya memiliki hikmah, termasuk juga hikman puasa sunnah yang pastinya akan banyak memberikan efek yang begitu luar biasa dalam kehidupan. Hal tersebut sudah di jelaskan juga pada sebuah hadist yang mempunyai makna atau arti sebagai berikut,

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi” (HR. Muslim)

Jenis-Jenis Puasa Sunnah yang Boleh di Kerjakan

Oleh karena itulah kita sebagai umat muslim yang taat dan taqwa kepada Allah SWT serta Rasulullah SAW di wajibkan serta di sunnahkan untuk bisa selalu konsisten dalam mengerjakan berbagai macam ibadah. Adapun beberapa jenis puasa sunnah yang bisa diamalkan bisa kalian lihat sebagai berikut ini.

  • Puasa Senin Kamis
Baca :  Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Terbaru & Terlengkap

Salah satu jenis puasa sunnah yang boleh di lakukan setiap individu umat muslim untuk bisa mendapatkan pahala serta bisa lebih mendekatkan diri pada snag pencipta ualah dengan melakukan puasa senin kamis. Sesuai namanya tata cara pengerjaanya biasanya di lakukan setiap hari Senin dan Kamis. Banyak sekali hikmah puasa sunnah yang bisa di dapatkan ketika kita selalu konsisten dalam menjalankannya.

Walau merupakan puasa sunnah, akan tetapi sangat dianjurkan untuk kita umat manusia khususnya umat muslim agar bisa melakukannya karena merupakan sunnah muakad. Pahala puasa Senin Kamis pun sangatlah besar seperti mana telah kami sampaikan pada artikel sebelumnya yang bisa kalian simak dan pelajari.

  • Puasa Daud

Sepertimana telah kami sampaikan tentang pengertian dan tata cara puasa daud, bahwasannya banyak sekali hikmah puasa sunnah yang akan didapat ketika menjalankan puasa daud ini. Salah satu dari sekian banyaknya adalah dapat menjadikan jalan rejeki yang kita miliki terasa begitu lancar. Sementara untuk tata caranya, kalian bisa mengamalkannya dengan berpuas selang seling antara satu hari puasa dan satu hari tidak puasa.

Hal ini juga terkandung dalam sebuah hadist yang bermankna

“Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur separuh malam, dan bangun pada sepertiganya, dan tidur pada seperenamnya. Beliau biasa berbuka sehari dan berpuasa sehari.” (HR. Bukhari)

  • Puasa Arafah

Menjalankan ibadah puasa arafah ketika para jamaah haji tengah berada di padang arafah menjadi salah satu puasa sunnah yang di contohkan oleh rasulullah SAW. Adapun puasa ini sebaiknya di lakukan oleh muslim yang belum mampu melaksanakan ibadah haji. Namun begitu keutamaan puasa arafah sangalah besar. Selain bisa menjadikan diri kita sebagai manusia yang lebih bertaqwa, ternyata juga sekaligus mendoakan para jamaah haji yang tengah berada di padang arafah.

Baca :  Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, Niat dan Pengertiannya

Sebagaimana telah di sabdakan lewat hadist riwayat Muslim yang bermakna

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arofah? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim)

  • Puasa Ayyamul Bidh

Secara singkat puasa Ayyamul Bidh merupakan sebuah amalan yang di kerjakan selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 13-15 Hijriyah karena di tanggal tersebut bulan mulai bersinar secara penuh atau purnama dan mampu menampakkan sinar putih secara terang dan jelas. Dan dengan menjalnakannya secara rutin setuap bulan niscaya kalian akan mendapatkan banyak sekali hikmah puasa sunnah, karena seperti puasa sunnah lainnya, keumtaan puasa ayyamul bidh juga sangatlah besar.

  • Puasa Rajab

Banyak sekali hikmah puasa sunnah yang akan kita peroleh ketika kita menjalankannya secara konsisten dan tentunya sesuai dengan rukun puasa sunnah yang tengah kita kerjakan. Selain keempat puasa sunnah diatas, kalian juga masih bisa menjalankan ibadah puasa rajab. Adapun puasa ini biasanya di lakukan pada bulan rajab atau bulan ke-7 didalam perhitungan kalender komariah atau hijriyah.

Macam-Macam Puasa Sunnah

Macam-Macam Puasa Sunnah

Hikmah Puasa Sunnah

  • Menjaga Kesehatan

Salah satu hikmat puasa sunnah yang bisa kita rasakan dalam hidup kita adalah kesehatan yang tiada tara. Hal ini dikarenakan beragan bagian tubuh bisa melakukan istirahat dari segala macam aktivitas yang berat. Terutama dari bagian lambung karena fungsi dari lambung yang setiap harinya selalu memproses pencernaan makanan dan minuman yang masuk.

Hal ini juga di landaskan dari beberpa pakar kesehatan yang banyak memberikan rekomendasi pada setiap orang agar membiasakan untuk berpuasa. Adapun beberapa penyakit yang mungkin bisa terhindar dengan kita melakuakan puasa adalah diabetes, obesitas dan lain-lain. Oleh karena itu bagi kalian yang tengah mencari cara untuk bisa menjadi manusia yang lebih sehat, bisa mencoba untuk berpuasa sunnah.

  • Melatih Diri untuk Melawan Hawa Nafsu

Seperti diawal kami sampaikan, bahwasanya hikmah puasa sunnah yang akan kita dapatkan adalah melatih diri dari hawa nafsu. Karena sifat ini merupakan sifat yang cukup kuat yang bersemayam didalam setiap manusia. Dengan kita melakukan puasa sunnah seperti puasa senin kamis contohnya, kita akan lebih bisa mengontrol diri dari segala macam godaan yang terlintas di pikiran.

Baca :  Macam-Macam Puasa Wajib Didalam Agama Islam

Pasalnya berpuasa yang di lakukan untuk menahan diri dari makan dan minum sedari pagi hingga maghrib berkumandang membuat kita mau tidak mau harus menahan diri dan menjaga emosi. Terlebih lagi bagi setiap orang yang belum mempunyai pasangan tentunya hasrat untuk melakukan hubungan suami istri sangatlah besar, oleh karenanya kita di ajurkan untuk bisa melakukan puasa sunnah agar hawa nafsu kita bisa di kontrol lebih baik.

  • Melatih Diri untuk Membiasakan Istiqoma

Banyak sekali jenis puasa sunnah yang bisa kita kerjakan, sepertimana telah kami sampaikan diatas. Dan hebatnya lagi apabila kita melakukannya secara rutin puasa sunnah yang sudah kami sampaikan diatas tentunya akan membuat kita bisa meningkatkan keistiqomahan kita dalam beribadah kepada Allah SWT. Dan apabila kita sudah terbuasa melakukannya, tentu saja banyak sekali hikmah puasa sunnah yang akan bisa kita dapatkan, tak terkecuali ini salah satunya.

  • Mengajarkan Untuk Hidup Sederhana

Berlatih untuk hidup sederhana sepertinya bukan menjadi hal yang salah, karena seperti kita ketahui bahwasannya dalam hidup di dunia ini roda kehidpuan pastilah berputar. Oleh karenya kita yang tengah berada dalam posisi atas sebagainya perbanyak sedekah dan beribadah dan selalu mensyukuri nikmat yang telah di berikan oleh Allah. Jadi belajar hidup sederhana juga merupakan salah satu hikmah puasa sunnah yang bisa di kerjakan siapa saja.

  • Mendapatkan Kenikmatan Menjadi Bagian dari Ummat Rasul

Pahala yang terus mengalir ketika kita selalu rutin menjalankan ibadah puasa sunnah atau ibadah lainnya tentu saja menjadi salah satu kenikmatan yang tiada tara dan merupakan bekal abadi yang akan kita rasakan kelak di akhirat. Tentunya dengan kita selalu menjalankan ibadah sunnah yang di contohkan rasulullah, bisa menjadi salah satu bagian dari hikmah puasa sunnah yang akan kita dapatkan. Terlebih lagi Rasulullah juga menganjurkan agar setiap umatnya selalu bisa menjadi pribadi yang bertaqwa pada Allah SWT.

Sebenarnya masih ada cukup banyak hikmah puasa sunnah yang bisa didapatkan setiap umat manusia yang menjalanaknnya secara konsisten dan rutin macam-macam puasa sunnah. Namun dari semua itu mungkin diatas merupakan salah satu hikmah yang bisa diperoleh setiap umat muslim yang selalu menjalnakannya. Nah kiranya sekian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.