Manfaat Puasa Mutih, Pengertian & Pantangannya

Manfaat Puasa Mutih – Banyak sekalai jenis dan macam-macam puasa di dunia ini, mulai dari puas wajib yang harus di kerjakan oleh umat mulsim ketika waktunya datang. Ada juga puasa sunnah yang di contohkan oleh Rasulullah SAW seabgai bentuk rasa bersyukur serta untuk meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa. Namun ternyata selain dua puasa tersebut, ada pula beberpa jenis puasa lain yang mungkin berada di luar jalur agama karena merupakan salah satu tradisi atau adat yang sudah turun temurun sejak dahulu kala.

Salah satu dari beberpa contoh puasa adat atau puasa tradisi ialah puasa mutih. Mungkin bagi sebagian besar orang ada yang belum mengetahuinya, terutama bagi mereka yang bukan merupakan penduduk asli pulau Jawa. Kenapa? karena adat atau tradisi puasa mutih ini merupakan salah satu warisan dari orang jawa kuno. Meski begitu hingga sampai saat ini puasa mutih masih melegenda bahkan tak jarang banyak orang yang meyakini akan memperoleh kekuatan yang sifatnya ghaib ketika melakukan puasa mutih ini.

Puasa mutih sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan cara memakan dan meminum yang putih-putih seperti halnya memakan nasi dan meminum air putih saja tanpa adanya lauk pauk. Meski bersifat supranatural, namun manfaat puasa mutih sendiri bisa dikatakan sangatlah besar bagi kesehatan tubuh kita. Karena secara keseluruhan bisa dikatakan ketika melakukan puas amutih secara tidak langsung itu akan membuat proses detoksifikasi terbaik yang memang di butuhkan oleh tubuh.

Pengertian dan Manfaat Puasa Mutih

Manfaat Puasa Mutih

Manfaat Puasa Mutih

Jika di telisik lebih dalam, manfaat puasa mutih mempunyai peranan yang cukup penting dalam tubuh setiap manusia karena dianggap bisa mengontrol asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Oleh sebab itulah banyak dari orang jawa melakukan puasa mutih sebagai bagian untuk membuat hidup mereka jauh lebih sehat dan terhindar dari marabahaya. Lalu kapan sih waktu yang tepat melakukan puasa mutih, terus apa saja khasiat puasa mutih? semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kalian temukan di bawah ini.

Pengertian Puasa Mutih

Meski diawal sedikit kami singgung mengenai pengertian puasa mutih, namun tidak ada salahnya kami juga menjelaskan apa itu sebenarnya puasa mutih secara luas. Didalam ajaran agama Islam tidak ada yang mengenal apa itu puasa mutih dan apa hukumnya. Namun karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam suku, adat, dan budaya maka timbulah puasa mutih yang mungkin bisa, atau sering kita temui di daerah kepulauan jawa dan sekitarnya.

Dalam islam, ajaran puasa yang ada hanyalah puasa wajib ramadhan dan puasa sunnah yang meliputi puasa senin-kamis, puasa daud, puasa arafah dan puasa 10 muharram, dan puasa sunnah lainnya. Dalam keyakinan orang jawa kuno, salah satu manfaat puasa mutih itu sendiri untuk membersihkan sifat serta energi-energi jahan yang melekat didalam jiwa manusia. Selain itu melakukan puasa mutih juga biasanya diyakini akan mendapatkan kekuatan spiritual apabila dilakukan dengan iklas.

Baca :  Macam-Macam Puasa Wajib Didalam Agama Islam

Waktu Puasa Mutih

Di himpun dari berbagai media, apabila ingin merasakan manfaat puasa mutih yang cukup besar, kalian yang ingin mencobanya harus mengetahui dulu kapan waktunya dan berapa lama baiknya pengerjaan puasa mutih ini di lakukan. Dari suvei yang ada, membtuktikan bahwasannya melakukan puasa mutih biasanya dikerjaan dalam minimal 3 hari secara berturut-turut dan maksimal hingga 40 hari.

Hukum atau dalil mengenai puasa mutih dalam islam memang tidaklah ada, namun biasnya waktu pengerjaanya tersebut sesuai dengan perintah atau petuah dari guru atau sesepuh yang membimbingnya.

Manfaat Puasa Mutih

Seperti judul yang tertulis, selain kami memberikan informasi mengenai pengertian puasa mutih kami juga akan memberikan informasi terkait manfaat puasa mutih. Jadi bagi kalian yang sedang mencari-cari informasi mengenai manfaat dan khasiat puasa mutih bisa nih menjadikan informasi ini sebagai referensinya.

Namun sebelum membahasnya, kami ingatkan dahulu bahwa puasa mutih bukanlah puasa yang di wajibkan atau di sunnahkan oleh agama Islam, melainkan merupakan sebuah adat atau budaya dari daerah Jawa. Meski begitu tidak sedikit ko orang yang biasa melakukan puasa mutih agar mereka mendapatkan kesuksesan ataupun yang lainnya.

Bahkan ada pula orang yang melakukan puasa mutih agar mereka bisa membersihkan batin dari sifat-sifat negatif dan energi-energi jahat yang ada pada tubuh orang tersebut. Namun pada dasarnya sama seperti puasa ramadhan, dalam menjalankan puasa mutih kita juga harus penuh dengan keiklasan dan kerendahan hati agar manfaat puasa mutih bagi tubuh bisa benar-benar terasa.

“Niat ingsun puasa mutih, supaya putih badanku, putih batinku, putih kaya dening banyu suci karena Allah ta’Ala”.

Dan itu tadi merupakan sebuah kata-kata yang biasanya di ucapkan ketika orang tersebut akan melaksanakan puasa mutih. Adapun manfaat puasa mutih bisa kalian lihat dibawah ini.

Khasiat Puasa Mutih

Khasiat Puasa Mutih

1. Memberikan kekuatan supranatural

Salah satu manfaat puasa mutih yang diyakini oleh orang-orang kejawen adalah mampu memberikan kekuatan supranatural pada setiap orang yang menjalankannya. Dengan melaksanakan puasa mutih, biasanya orang yang melakukannya akan bisa mendapatkan kekuatan gaib dan bisa membuka indera ke-enam, hanya saja dalam melakukannya untuk bisa mendapatkan semua itu, kalian harus di bimbing oleh orang pembinbing.

2. Memperoleh ilmu kebal

Percaya tidak percaya, kabarnya manfaat puasa mutih juga dikatakan akan mampu menjadikan setiap orang yang mengerjakannya mendapatkan ilmu kebal. Dalam hal ini disebutkan mereka bisa terhindar dari ancaman-ancama serangan senjata tajam. Atau pada intinya, puasa mutih bisa memberikan perlindungan yang tinggi kepada orang yang mengamalkannya.

3. Menjamin kesuksesan sebelum melangsungkan hajatan besar

Kemudian sebelum melaksanakan hajatan besar seperti pernikahan ataupun yang lainnya, “bagi mereka” melaksanakan puasa mutih diyakini bisa membuat acara atau hajat yang akan di lakukannya bisa berjalan dengan sempurna. Oleh karennya banyak orang kejawen yang akan mengadakan hajat biasanya melakukan puasa mutih ini selama 3 hari untuk bisa melangsungkan sebuah acara dengan lancar tanpa adanya halangan apapun.

Baca :  Hukum Puasa Arafah & Puasa Tarwiyah Idul Adha

4. Membuka kemampuan indra ke-enam

Seperti kami sebutkan pada manfaat puasa mutih di awal, dengan melakukan puasa mutih bisa di anggap dapat membuka pintu indra ke-enam. Namun kebanyakan pendapat yang ada hanya bisa di jelaskan dengan menggunakan metafisik. Bahkan dari info yang kami peroleh, dijelaskan secara rinci bahwa puasa mutih akan memperkuat sistem eterik dan sistem molekul pada tubuh.

Dengan demikian, secara tidak langsung akan membuat atau memperkuat getaran tubuh hingga membuatnya peka terhadap suatu energi supranatural. Alhasil apabila di jajarkan, semua itu akan berakibat para kemampuan diri untuk menggunakan indra ke-enam.

5. Mampu menghindarkan diri dari santet atau guna-guna jahat

Salah satu hal yang di yakini menjadi manfaat puasa mutih adalah memperoleh perlindungan diri dari hal-hal yang mengerikan seperti santet atau guna-guna jahat. Santet atau guna-guna jahat sendiri merupakan sebuah fenomena yang sampai saat ini masih melekat para masyarkat kita. Bahkan sempat para pakar ilmiah khususnya di bidang ilmu fisika memecahkan tetang asal usul santet. Yang dimana berasa dari peranana atau faktor kecepatan energi caha yang membuat benda-benda dapat memasuki tubuh.

Akan tetapi sampai dengan detik ini, para ilmuwan fisika tersebut belum bisa menjawab akan fenomena santet dan guna-guna ini terkait bagaimana cara mereka (orang yang ahli dalam ilmu santet) mengendailan kecepatan energi cahaya tersebut. Oleh karena itulah banyak orang kejawen yang sering melakukan puasa mutih agar mereka bisa mendapatkan manfaat puasa mutih yang akan bisa melindungi dari serangkan santet dan guna-guna.

6. Menjaga Kesehatan Tubuh

Dan manfaat puasa mutih terakhir adalah menjaga kesehatan tubuh. Yapz, sama seperti puasa ramadhan ataupun puasa sunnah yang ada di ajaran agama Islam, dengan melaksanakannya juga bisa memberikan kesehatan bagi tubih setiap orang yang melakukannya. Yang dimana hal ini bisa diakibatkan karena puasa mutih hanya memasukan makanan atau minuman yang putih-putih seperti nasi putih dan air putih saja. Alhasil tubuh akan lebih merespon dengan baik karena tidak adanya zat-zat lain yang terdapat dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Bahaya Puasa Mutih

Bahaya Puasa Mutih

Pantangan Puasa Mutih

Hampir sama seperti puasa ramadhan ataupun puasa sunnah yang memang merupakan ajaran yang telah di contohkan oleh Allah SWT dan Rasulullah untuk umatnya. Agar bisa mendapatkan manfaat puasa mutih yang sudah kami sampaikan diatas, dalam ilmu kejawen ada juga beberapa pantangan yang menyebutkan bahwa puasa mutih tidak akan dianggap sah atau berhasil apabila orang-orang yang menjalankannya melakukan pantangan-pantangan berikut

1. Dilarang berbohong

Bukan hanya dalam ajaran islam saja yang menyebutkan bahwa berbohong adalah sebuah hal yang berdosa dan membuat puasa yang kita jalankan itu batal atau makruh. Begitu juga dengan puasa mutih, dimana agar khasiat dan manfaat puasa mutih diatas bisa didapat dengan sempurna, dalam ilmu kejawen kalian juga tidak diperbolehkan berbohong saat menjalankan puasa mutih ini.

Baca :  Lafadz Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Artinya

2. Dilarang membunuh

Membunuh merupakan sebuah hal keji yang dianggap telah melecehkan sang pencipta. Oleh karenanya, salah satu pantangan ketika kalian menjalankan puasa mutih adalah dilarang membunuh baik itu sesama manusia atuapun makhluk hidup lainnya seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang karena kotoran sekecil apapun dari bekas pembunuhan akan menodai enegri spiritual dan membuat kalian tidak bisa mendapatkan manfaat puasa mutih yang ada diatas.

3. Dilarang Mabuk

Mabuk merupakan suatu kegiatan yang sengaja kita lakukan untuk membuat pikiran kita lebih tenang dan membuat kita tidak mengingat apapun itu. Oleh sebab itu baik puasa wajib, puasa sunnah ataupun puasa mutih ini juga melarangnya untuk dilakukan karena bisa membatalkannya.

4. Harus Bisa Menahan Hawa Nafsu

Sebagai manusia yang diciptakan paling sempurna di antara mahluk lainnya di dunia ini, kita juga di anugerahi dengan hawa nafsu. Namun bagiamana kita untuk bisa mengendalikannya memang lebih bisa di kontrol oleh masing-masing orang. Oleh karenanya, dalam melakukan puasa baik itu puasa wajib, sunnah, ataupun kejawen kita juga di anjurkan untuk bisa menahan hawa nafsu.

Bahaya Puasa Mutih

Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya puasa mutih bukanlan sebuah ajaran yang di turunkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW didalam agama Islam. Bahkan didalam Al-Quran dan Hadis pun tidak ada satupun yang menyebutkan tentang puasa mutih termasuk puasa wajib ataupun puasa sunnah. Hal ini kembali lagi pada pemikiran orang jawa kuno yang menyebarkan ilmu kejawen ini. Nah ada pun selain banyaknya manfaat puasa mutih yang bisa kita dapatkan, namun ada pula beberapa bahaya puasa mutih yang juga bisa kira rasakan diantaranya

  1. Dari segi medis jelas dikatakan bahwa tubuh akan kekurangan kandungan dizi seperti protein ataupun zat besi dan juga vitamin serta mineral dan seyawa lainnya yang memang di butuhkan oleh setiap manusia dari manakan 4 sehat 5 sempurna
  2. Dengan hanya memakan nasi putih saja tentunya tubuh akan mendapatkan asupa karbohodrat yang begitu besar. Pada kenyataanya ketika tubuh terlalu banyak mendapat asupan karbohidrat yang berlebihan justru akan menimbulkan konsentrasi kadar gula dalam darah kacau dan biasanya sangat berbahaya bagi penderita diabetes
  3. Berbeda dengan puasa pada umumnya yang akan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang sebanding pada setiap orang yang melakukannya, namun puasa mutih biasanya di anggap lebih berbahaya bagi keseimbangan tubuh karena membuat asupan gizi dan nutrisi tidak seimbang
  4. Secara psikologis akan membuat orang yang menjalankannya terasa tertekan karena harus melawan kebutuhan tubuhnya sendiri.

Dan itulah beberapa diantaranya terkait khasiat dan manfaat puasa mutih dari ilu kejawen yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga saja dengan adanya informasi diatas kalian bisa mendapatkan sebuah informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian semuanya.