Manfaat Puasa Weton, Tata Cara & Jenis-Jenisnya

Manfaat Puasa Weton – Didalam ajaran kejawen atau jawa, banyak sekali hal-hal yang di anggap mampu memberikan kemudahan serta keberkahan dalam hidup. Seperti halnya ketika kalian melaksanakan puasa mutih yang di percayai mampu membuat kita bisa terhindar dari hal-hal jahat yang bisa datang kapan saja. Dan selain puasa mutih atau puasa 3 hari, dalam ajaran kejawen juga ada puasa weton atau puasa kelahiran yang juga mampu memberikan manfaat banyak.

Puasa weton sendiri merupakan puasa yang di lalukan teapat di hari kelahiran besarta weton atau pasaran (penanggalan jawa). Contohnya, apabila seseorang lahir para hari Kamis dengan pasaran Wage, maka dalam kepercayaan puasa weton orang tersebut bisa melakukan puasa weton dihari Kamis Wage. Didalam ajaran agama Islam sendiri puasa weton tidak pernah di masukan dalam hukum wajib ataupun sunnah karena memang Allah SWT dan juga Rasulullah tidak pernah mengajarkannya.

Dengan kepercayaan itulah, banyak masyarakat jawa banyak yang sering melakukan puasa weton atau puasa hari kelahiran karena mereka menyakini salah satu manfaat puasa weton yaitu untuk membuat kesehatan tubuh tetap terjaga. Puasa Weton sendiri di kerjakan sama persis dengan puasa wajib ramadhan atupun puasa sunnah yang ada dalam ajaran agama Islam. Yaitu dengan melakukan sahur sebelum wakhtu subuh atau imsak datang dan berbuka puasa disaat adan maghrib datang.

Tata Cara & Manfaat Puasa Weton

Manfaat Puasa Weton

Manfaat Puasa Weton

Tidak hanya mampu membuat kesehatan tubuh lebih terjaga, manfaat puasa weton sendiri sangatlah beragam, baik dari lahir ataupun secara batin. Jadi tidak ada salahnya untuk kalian yang ingin menjaga kesehatan tubuh agar lebih segar, bisa melaksanakan puasa weton secara rutin. Lalu bagaimana sih tata cara puasa weton, dan apa saja manfaat yang akan di dapat ketika melakukan puasa weton secara rutin ketika hari lahir itu datang? berikut mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Macam-Macam Puasa Weton

Merupakan ajaran jawa kuno, namun sampai dengan detik ini banyak masyrakat yang masih mempercayai kalau melakukan puasa weton atau puasa hari kelahiran banyak mendapatkan manfaat. Namun sebelum kami bahas apa saja manfaat puasa weton ayng akan kalian dapatkan, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu macam-macam atau jenis-jenis puasa weton yang ada dalam keyakinan orang jawa kuno.

Baca :  Hukum Puasa Arafah & Puasa Tarwiyah Idul Adha

1. Puasa Weton Sehari Penuh

Sesuai dengan namanya, puasa weton sehari penuh merupakan jenis puasa hari lahir yang di lakukan selama 24 jam dan merupakan jenis yang seringkali di kerjakan oleh orang jawa. Biasanya puasa ini dilakukan sebelum hari kelahirannya datang yaitu satu hari sebelumnya hingga sampai hari kelahirannya itu tiba.

2. Puasa Weton Tiga Hari

Dan jenis puasa weton selanjutnya adalah puasa weton tiga hari. Yang dimana jenis puasa weton ini di lakukan di hari sebelum hari lahir hingga sehari setelah hari lahir. Biasanya puasa ini di sebut dengan puasa ngebelng oleh orang jawa. Namun yang perlu di garis bawahi disini ialah puasa ini tidak mengenal buka dan sahur karena selama 3 hari tersebut lah seseorang yang melakukannya harus menahan lapar dan minum. Tentunya manfaat puasa weton 3 hari ini jauh lebih terasa khasiatnya.

3. Puasa Weton Tiga Hari diulang Tujuh Kali

Kemudian jenis puasa weton yang terakhir adalah puasa weton tiga hari namun di kerjakan selama 7 bulan bertutur-turut. Atau lebih jelasnya sama seperti puasa hari lahir 3 hari diatas, namun setiap bulannya di kerjakan dan tanpa terputus selama 7 bulan. Biasanya puasa ini dikerjakan oleh orang yang mempunyai keinginan atau hajat jangka panjang yang ingin segera di wujudkan.

Kemudian setelah selesai biasnya diadakan syukuran. Manfaat puasa weton yang satu ini memang diyakini cukup besar, namun apabila kalian memiliki hajat yang ingin di segerakan oleh Allah SWT, dalam ajarang agama islam pun sudah disebutkan bawha menjalankan sholat hajat bisa membantu kalian yang memiliki hajat untuk segera di kabulkan.

Manfaat Puasa Weton (hari lahir)

Secara garis besar, inti dari puasa weton ini hampir sama seperti puasa lain yang ada dalam ajaran agama Islam. Yang dimana ketika kalian menjalankan puasa weton orang jawa jaman dahulu menyakini bahwa hajat ataupun keinginan yang kalian miliki bisa segera terkabul. Namun bukan hanya itu saja, orang jawa kuno juga meyakini bahwa manfaat puasa weton ini bisa mendekatkan hubungan pribadinya dengan para roh leluhur untuk memperkuat sukmanya, dan selalu peka terhadap isyarat Tuhan serta di mudahkan dalam segala kehidupan. Selain itu berikut manfaat lain dari puasa weton.

Baca :  Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram Beserta Artinya

1. Meningkatkan Kepekaan Batin

Apabila di lihat secara sempit, puasa weton merupakan puasa yang akan memberikan kesehatan bagi tubuh setiap orang yang melakukannya. Namun jika di artikan secara luas manfaat puasa weton ini sangatlah besar karena puasa ini mampu membantu meningkatakan mental dan pikiran seseorang. Dilain sisi, ketika menjalankan puasa weton, bagi ajaran kejawaan juga bisa mendapatkan kepekaan yang lebih kuat kepadan makhluk-makhluk yang ada di muka bumi ini.

2. Menguatkan Mental Seseorang

Kemudian manfaat puasa weton yang lainnya yakni dapat meningkatkan mental pemikiran yang lebih matang dan lebih kuat bila di bandignkan dengan orang yang jangan melakukan puasa weton ini. Kenapa demikian? karena kondisi mental serta pemikiran kita sebagai umat manusia pada saat berpuasa akan mengalami penuruan berabgai macam hal seperti halnya emosi yang secara otomatis akan membuat hidup seseorang akan terasa lebih tenang.

3. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Seperti diatas kami sampaikan, menjalankan puasa weton atau puasa lainnya memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Dimana seperti diatas kami sampaikan salah satu manfaat puasa weton yang paling terasa bagi setiap orang yang melaksanaknnya adalah kesehatan tubuh yang lebih terjaga. Hal ini terbukti karena banyak orang yang menajankan berbagai macam puasa yang ada bisa terhindar dari marabahaya penyakit, karena organ tubuh yang ada didalam tubuh bisa sejenak berhenti beraktifitas, terutama pada bagian pencernaan.

4. Mewujudkan Berbagai Macam Hajat

Selain bisa meningkatakan rasa syukur dan taqwa kita terhadap sang pencipta, puasa juga bisa membuat apa yang kita impikan atau hajat yang kita punya bisa sesegera mungkin di kabulkan. Begitu pula dengan ketika kita menjalankan puasa weton, manfaat yang cukup terasa dan juga di percayai orang jawa jaman dulu adalah mampu mempercepat keinginan atau hajat yang kita inginkan dalam hidup.

Baca :  Manfaat Puasa Mutih, Pengertian & Pantangannya

Tata Cara Dan Niat Puasa Weton

Lalu bagaiman sih cara melakukan puasa weton agar manfaat puasa weton yang diatas kami sebutkan bisa kita raih? tentunya dalam ajaran jawa kuno juga memberikan cara-cara yang baik untuk bisa melakukan puasa weton ini. Dan berikut ialah tata cara puasa weton yang bisa kalian pelajari agar berbagai manfaat yang di atas kami sebutkan bisa di dapat.

  1. Sama seperti puasa ramadhan yang biasa kita kerjakan, dalam menjalankan puasa weton kalian juga di haruskan untuk bisa bangun pagi sekitar jam 3 untuk melakukan sahur.
  2. Ucapkan niat untuk menjalankan puasa weton dengan kalimat “Ingsun pasa ngapit kelahiran kelawan tulung dina telung bengi tanpo ti pati mangan lan ngumbe yen durung kasedya apa sing dadi kasedyaku” Atau kalimat tersebut juga bisa kalian ganti sesuai dengan hajat yang kalian inginkan.
  3. Dalam hal ini kami contohkan, “Aku berniat puasa weton dari fajar sampai petang untuk mendapatkan (sebutkan hajat) karena allah subhanahu wata’ala”.
  4. Setelah itu sebaiknya kaliah melakukan sholat sunnah 2 rakaat sebelum datang adzan subuh
  5. Sering-seringlah ambil air wudlu, apabila kalian merasa batal maka berwudlu lah kembali
  6. Setelah puasa selesai, adabaiknya kalian berdoa kembali dengan diiringi rasa syukur karena telah di beri kekuatan untuk bisa menyelesaikan puasa weton ini
  7. Dalam ajaran kejawen, apabila telah selesai berpuasa weton ini, di sarankan untuk mandi dengan menggunakan kembang tujuh rupa atau kembang setaman dengan cara mengguyur dari ujung kepala hingga ujung kaki
  8. Lengkapilah dengan menghidangkan makanan berupa tujuh macam jajanan pasa ketika berbuka. Tak tertinggal siapkan bubur merah putih sebagai penutupnya

Dengan itu semua diyakini bahwa manfaat puasa weton yang kalian lakukan bisa dengan segera di dapat. Begitu juga dengan puasa weton itu sendiri bisa di katakan sempurna. Nah itulah kiranya informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.