Tuntunan Sholat Hajat Beserta Bacaannya

Tuntunan Sholat Hajat – Batasan seseorang dalam meraih kepuasan memang selalu berbeda-beda. Ada saatnya kita sebagai manusia juga harus mensyukuri apa yang telah kita dapatkan di dunia meski dalah bentuk sekecil apapun. Tentunya dengan kita selalu bersyukur dan mensyukuri apa yang kita dapat niscaya hidup kita akan semakin merasa tenang dan tentram. Meski begitu sebagai manusia sifat belum puas dengan apa yang kita miliki selalu timbul dan muncul kapan saja.

Oleh karenanya banyak orang yang yang selalu mencari cara untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan baik dengan usaha yang giat, hingga ada juga orang-orang yang mempunyai pikiran pendek sehingga melakukan segala macam cara agar apa yang mereka inginkan bisa tercapai. Hal-hal tersebutlah yang selalu membuat kita lupa bahwa apa yang akan kita miliki, hingga apa yang kita miliki sekarang ini merupakan sebuah titipan dari Allah SWT.

Untuk itu, salah satu cara yang paling ampuh dan pastinya direstui oleh Allah SWT ialah dengan melakukan ibadah yang kuat, agar apa yang kita inginkan bisa terkabul dan bisa di penuhi oleh tuhan yang maha Esa. Banyak sekali cara yang bisa kita kerjakan agar apa yang kita inginkan atau dalam islam menyebutnya dengan hajat bisa kita raih. Dan di agama Islam pun sudah di jelaskan bahwa dengan melakukan ibadah sholat wajib secara baik benar dapat memberikan ridho dan keberkahan yang tiada tara.

Tuntunan Sholat Hajat Beserta Bacaannya

Tuntunan Sholat Hajat

Tuntunan Sholat Hajat

Tidak hanya sampai disitu, ketika kita memiliki hajat atau keinginan yang ingin di kabulkan oleh Allah islam pun menganjurkan untuk melakukan sholat hajat. Dimana dalam tuntunan sholat hajat dijelaskan bahwa kita sebagai umat manusia khususnya umat muslim dapat dengan mudah mendapatkan apa yang kita inginkan dengan melakukan sholat sunnah berupa sholat hajat yang dilakukan dengan rutin serta baik dan benar.

Tentunya selain akan mempermudah hajat atau keinginan yang kita impikan untuk segera di kabulkan oleh Allah SWT, banyak sekali manfaat sholat hajat yang bisa kita peroleh didalam kehidupan kita sebagaimana telah kami sampaikan di infomrasi sebelumnya. Pastinya untuk bisa mendaptakan semua itu ketika anda menjalankan sholat hajat pun anda harus mengikuti tuntunan sholat hajat yang memang sudah di contohkan para paendahulu kita.

Lalu seperti apa dan apa saja tuntunan sholat hajat tersebut? tentunya akan kita jabarkan dalam informasi yang kali ini akan kami jabarkan. Namun sebelumnya, kita jelaskan terlebih dahulu secara singkat apa itu sholat hajat. Seperti diatas kami katakan, sholat hajat merupakan sholat sunnah yang di kerjakan setiap muslim ketika dalam kehidupan di dunia tengah memiliki keinginan, keperluan, atau hajat dan menginginkan Allah segera mengabulkannya.

Baca :  10 Keajaiban Sholat Subuh yang Perlu Kamu Ketahui

Melakukan sholat sunnah ini, merupakan satu cara yang paling tepat ketika dalam kehidupan ini kalian tengah menghadapi permasalan. Dengan melakukan pengaduan kepada Allah lewat doa yang kita panjatkan tentu saja kita berharap agar Allah bisa memberikan jalan yang bisa di tempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut. Oleh karena itu, perkuatlah sholat sunnah kalian sebagaimana kalian melakukan sholat wajib 5 waktu. Jangan lupa untuk melakukan doa dan dzikir setelah selesai mengerjakan sholat.

Cukup paham kan maksud dari tulisan diatas? semoga saja kalian bisa menyerap maksud yang kami sampaikan diatas. Oke untuk bisa menjalakan sholat hajat pastikan kalian mengetahui apa saja tuntunan sholat hajat yang baik dan benar. Untuk itulah silahkan kalian bisa simak informasi terlengkapnya berikut ini.

Hukum Sholat Hajat

Sebelum kita melakukan sholat hajat secara baik dan benar serta tentunya sesuai dengan tuntunan sholat hajat, pastikanlan kalian benar-benar memahami dan mengerti apa hukum sholat hajat itu sendiri. Oleh karenanya, bagi kalian yang belum mengerti dan memahaminya, kalian bisa menyimaknya berikut ini. Menurut data yang telah ada, dijelaskan bahwa sholat hajat memiliki hukum sunnah mu’akkad.

Yang dimana sholat sunnah ini memang sangat di anjurkan pengerjaannya bagi orang yang membutuhkannya. Hal ini juga sudah tersirat dalam sebuah hadis yang telah di riwayatkan oleh Imam Turmudzi dan Ibnu Majah dari Abbdullah bin Abi Auf r.a yang menerangkan bahwa baginda Rasulullah SAW juga sudah pernah bersabda yang artinya adalah sebagai berikut,

“Barang siapa yang mempunyai kebutuhan kepada Allah atau kepada salah seorang dari manusia/anak Adam, maka hendaklah ia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat, kemudian hendaklah ia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW, dan kemudian hendaklah berdoa”.

Lalu adakah tata cara sholat hajat? jawabannya tentu saja ada, dan sebenarnya sudah pernah kami bahas di beberpa informasi terkait sholat hajat ini. Namun tidak ada salahnya untuk kami mengingatkan kembali akan hal tersebut agar kalian bisa menjailan sholat hajat sesuai dengan tuntunan sholat hajat yang baik dan benar. Lalu bagimana cara kerja sholat hajat itu?

Sebenarnya tidak ada hal istimewa lainnya yang ada dalam tata cara sholat hajat karena pada dasarnya sholat hajat hampir sama seperti sholat sunnah lainnya baik sholat tahajud ataupun sholat sholat dhuha. Yang membedakan sudah pasti niat dan bacaan doanya. Untuk jumlah rakaat sholat hajat bisa di lakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 dengan melakukan salam setiap dua rakaat. Adapun Niat sholat hajat berbunyi sebagai berikuat.

Baca :  Hukum Shalat Kafarat di Jumat Akhir Ramadhan

Niat-Sholat-HajatUSHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA

Artinya:
“Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala”

Dan setelah selesai melakukan niat kalian bisa langsung mengerjakan gerakan dan bacaan doa sholat seperti doa iftitah, Al-Fatihah, serta membaca suratan pendek yang terkandung didalam Al-Quran. Namun akan lebih sempurna apabila dalam rakaat pertama kalian membaca surat Ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas. Dan setelah selesai membaca tahiyyat akhir, sebaiknya kalian berdoalah. Adapun beberapa bacaan doa setelah sholat hajat bisa kalian lihat berikut ini.

Doa Sholat Hajat

Seperti diatas kami sampaikan, setelah kalian selesai sholat yang tentunya sesuai dengan tuntunan sholat hajat yang sudah ada, kalian bisa melantunkan doa. Dalam membaca doa setelah selesai sholat hajat dianjurkan untuk membaca istighfar hingga 100x dengan kalimat sebagai berikutLafadz Istighfar

ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI

Artinya:
“Aku memohon pengampunan kepada Allah, yang tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Atau juga kalian bisa membaca Sayyidul Istighfar sebagai salah satu doa yang terkandung dalam tuntnan sholat hajat. Adapun bunyinya adalah sebagai berikut

Sayyidul Istighfar

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UUDZU BIKA MING SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZAMBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA

Artinya:
“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau,Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari semua kejahatan yang telah aku lakukan, aku telah mengakui-Mu atas segala nikmat-Mu padaku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”

Doa setelah sholat hajat yang selanjutnya bisa kalian panjatkan adalah shalawat nabi yang juga bisa kalian baca hingga 100 kali. Adapun bacaanya adalah seperti dibawah ini

Shalawat Nabi

ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA SHOLLAITA ‘ALAA IBRAAHIM, WA ‘ALAA AALI IBRAAHIM, INNAKA HAMIIDUM MAJIID. ALLOOHUMMA BAARIK ‘ALAA MUHAMMAD, WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD, KAMAA BAAROKTA ‘ALAA IBRAAHIIM, WA ‘ALAA AALI IBRAAHIM, INNAKA HAMIIDUM MAJID

Artinya:
“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti Engkau memberi rahmat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi keberkahan kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Kemudian setelah selesai memanjatkan doa shalawat nabi sesuai yang kami sampaikan diatas, kalian juga bisa langsung membaca doa berikut ini

Doa Sesudah Sholat Hajat

LAA ILAAHA ILLALLOOHUL HALIIMUL KARIIM, SUBHAANALLOOHI ROBBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. ALHAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN. AS `ALUKA MUUJIBAARI ROHMATIKA WA ‘AZAAIMA MAGHFIROTIKA WAL GHONIIMATA MING KULLI BIRRI WASSALAAMATA MING KULLI ITSMIN LAA TADA’ LII DZAMBAN ILLA GHOFARTAHU WALAA HAMMAN ILLAA FAROJTAHU WALAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHON ILLA QODHOITAHAA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN.

Artinya:
“Tidak ada Tuhan selain Alloh yang maha penyantun dan pemurah, Maha Suci Alloh, Tuhan pemelihara ‘Arasy yangg Maha Agung. Segala puji bagi Alloh Tuhan seru sekalian alam. Kepada mulah aku memohon sesuatu yg memajibkan rahmatmu, dan sesuatu yangg mendatangkan ampunanmu dan memperoleh keuntungan pada tiap tiap dosa. Janganlah engkau biarkan dosa daripad adiriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yangg mendapat kerelaanmu, melainkan Engkau kabulkan, Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.”

Dan setelah melafadzkan doa-doa diatas sesuai dengan tuntunan sholat hajat yang ada, kalian boleh kembali memanjatkan kembali doa sebisa anda dan mulailah memohon kepada allah apa yang tengah kita inginkan. Dengan melakukannya secara baik dan benar niscaya apa yang tengah kalian inginkan bisa terkabul dengan cepat.

Sebagai pengingat, apabila kalian tidak bisa memanjatkan keinginan kalian dengan bacaan arab, kalian bisa ko memohon kepada Allah dalam bahasa indonesia asalkan saat melakukanya kalian benar-benar dalam keadaan khusyu dan penuh kepasrahan dan keiklasan agar Allah mengabulkan keinginan atau hajat yang kalian miliki.

Sesuai dengan tuntunan sholat hajat yang sudah kami sampaikan diatas, dimana kalian bisa mengerjakannya saat kalian menginginkan sesuatu dari Allah, namun akan lebih baik dan lebih sempurna apabila sholat hajat juga di lakukan tidak hanya satu atau dua kali saja. Tetapi di anjurkan untuk bisa dilakukan sebanyak mungkin agar semakin besar peluang hajat yang kalian inginkan segera terkabul.