13 Keistimewaan Sholat Tahajud yang Mengagumkan

Keistimewaan Sholat Tahajud – Tidak ada bosannya kami memberikan update tentang kajian islami yang menurut kami sangat bermanfaat bagi kalian semua termasuk saya pribadi. Jika sebelumnya kita membahas mengenai tata cara sholat sunnah rawatib dan juga cara pelaksanannya, dikesempatan yang baik ini kita akan kembali memberikan informasi mengenai apa saja keistimewaan sholat tahajud yang bisa kalian peroleh ketika kalian mengerjakannya secara tekun setiap malam.

Tahajud sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang mempunyai kemuliaan dan keistimewaan yang begitu besar bagi kelangsungan hidup manusia khsusunya umat muslim baik di akhirat maupaun di dunia ini. Dengan melangsungkan sholat sunnah tahajud secara rutin, tentunya kita telah berusaha untuk meraih cinta dan rahmat dari tuhan yang maha esa. Selain itu ketika menjalankannya, juga kita sudah melakukan sebuah sunnah Rasululloh yang paling utama.

Banyak sekali keistimewaan sholat tahajud yang akan didapat ketika kita sebagai umat muslim menjalankannya secara rutin.  Dan sesungguhnya telah di utarakan juga lewat Quran Surat Al-Muzammil ayat 6 yang berisikan tentang hakikat melakukan sholat tahajud. Dimana dalam ayat tersebut di jelaskan bahwa:

“Sesungguhnya bangun tengah malam lebih tepat untuk khusyuk dan bacaan kala itu sunggu sangat berkesan mendalam.” (QS Al-Muzammil: 6).

Keistimewaan Sholat Tahajud yang Mengagumkan

Manfaat dan Keistimewaan Sholat Tahajud

Manfaat dan Keistimewaan Sholat Tahajud

Dari penjelasan diatas bisa di simpulkan bahwa menjalankan ibadah sholat tahajud merupakan salah satu hal yang paling nikmat dan mengesankan. Karena kita sebagai pelaksana sholat tahajud bisa merasakan hidup tenang, damai dan pasatinya bahagia. Dilain keistimewaan sholat tahajud yang banyak, dengan kita sering melaksanakannya juga di katakan bahwa kita bisa disegani manusia, ditakuti musuh, manusia, dan jin. Menariknya lagi, Orang yang bersayap didalam sholat tahajud juga akan mmpunyai “Qoulan Tsaqiilan”.

Yang dimana bicaranya bisa didengar serta nasihat yang di keluarkannya mampu membanginkan semangat beribadah bagi setiap orang yang mendengarnya serta akan meningkatkan amal salehnya. Tidak hanya itu, keistimewaan sholat tahajud yang lain juga akan membuat doa yang di panjatkan kepada Allah SWT sangatlah mustajab dan merupakan kuci yang cukup sukes dan berhasil dalam berdagang, ikhtiar, serta semua aktifitas yang di kerjakannya.

Bagi orang yang sering melakukan sholat tahajud di tengah malam secara khusyuk akan selalu di muliakan oleh Allah dengan cara “wujuuhun nuur” yang berartikan wajah yang bercahaya, nyaman serta menyenangkan ketika di pandang orang lain. Tidak hanya sampai disitu, ada cara lain yang Allah berikan yaitu dengan “Thiiban Nafsi”, yaitu nfasunya hanya akan di berikan untuk ketaatan dan juga menjadi pribadi dengan akhlah mulia. Bahkan juga “Manhaatun anil itsmi” yaitu akan dicabutnya keinginan maksiat dalam pikiran orang yang selalu menjalankan alaman ibadah sholat tahajud.

Dengan kita selalu mengerjakan sholat sunnah tahajud di tengah malam, bisa dipastikan kita akan mendapatkan banyak keistimewaan sholat tahajud dalam kehidupan ini. Selain yang sudah kami sebutkan diatas, sholat sunnah tahajud juga bisa menjadi obat anti pikun bagi mereka yang mengerjakan sholat malam ini secara istiqomah. Selain itu, jalan rezeki, kemudahan urusan, dan kebahagiaan rumah tangga pun akan didapat mereka (orang yang selalu rajib melaksankan sholat tahajud di tengah malam secara istiwomah).

Baca :  8 Keutamaan Shalat Witir Sesuai Hadits yang Luar Biasa

Kemauan menjalankan sholat tahajud memang datang dari diri sendiri tanpa adanya paksaan, namun apabila sahabat niatpuasa.com sudah membaca artikel tentang keistimewaan sholat tahajud ini mungkin bisa langsung mulai mengerjakannya sebagai bagian dari bukti ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan juga Baginda Rasululloh SAW. Dan berikut ada beberapa keistimewaan sholat tahajud yang bisa didapat setiap orang yang mengerjakannya secara rutin.

1. Menjadi Jembatan Untuk Mendapatkan Tiket Surga

“Hai Sekalian Manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tertidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah). Itulah sebuah hadis yang terkait dengan keistimewaan sholat tahajud yang di katakan Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim. Dengan begitu tidak ada hal yang tidak mungkin ketika kalain selalu mengerjakan sholat tahajud di malam hari untuk kehidupan di dunia ini.

2. Amalan yang Membantu di Akhirat

Selain hadis diatas, ada juga ayat yang terkandung didalam Al-Quran terkain sholat malam ini. Dimana dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah di sebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat malam atau tahajud ketika orang lain tertidur di tengah malam, insyaalah akan mendapatkan sebuah basalan yang setimpal yang di berikan oleh Allah ketika kelak sudah berada di akhirat. Dimana dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa:

Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

3. Sarana Meraih Kemuliaan

Salah satu keistimewaan sholat tahajud yang di raih setiap orang yang menajalnkannya adalah akan memperoleh kemuliaan yang tiada tara dari Allah SWT. Hal ini juga pernah disabdakan oleh Rasululloh SAW lewat hadis yang beartikan:

“Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi)

4. Pelepas Ikatan Setan

Banyak sekali keistimewaan yang akan diraih setiap orang gemar mengerjakan sholat tahajud. Selain beberapa keistimewaan yang sudah kami sampaikan diatas, kalian juga akan mendapatkan keistimewaan berupa terlepasnya dari ikatan setan atai jin. Hal ini pun telah di riwayatkan oleh Abu Hurairah ra yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.” (HR. Muslim)

Baca :  Tuntunan Shalat Istikharah Dalil dan Keutamaannya

5. Dapat Menjaga Kesehatan Rohani

Ketika kita selalu rutin dalam mengerjakan amalan ibadah yang paling utama di malam hari ini tentu saja akan ada keistimewaan yang bisa diraih. Yang mana selain keistimewaan sholat tahajud daiats, kalian juga akan bisa mendapat kesehatan rohani yang cukup terjaga. Dimana hal ini jelas sudah di tegaskan oleh Allah SWT dengan mengatkan bahwa oran yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati dan ramah dan refleksi ketenangan jiwa didalam kehidupan sehari-hari.

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

Keajaiban Sholat Malam

Keajaiban Sholat Malam

6. Dikabulkannya Segala Doa-Doa yang Dipanjatkan

Manfaat sholat tahajud atau sholat malam yang paling utama adalah akan segera di kabulkannya doa-doa yang kalian panjatkan setiap kali selesai melaksanakan sholat tahajud. Hal ini di karenakan sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam sampai menjelang waktu sholat subuh datang. Dan disitulah Allah SWT selalu mengabulkan doa-doa hambanya yang memohon setelah sholat tahajud. Semua ini sdah disabdakan dalam keterangan hadis nabi berikut ini:

“Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulakn, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu Subuh.” (Al-Hadis).

7. Diangkatnya Derajat ke Tempat yang Terpuji oleh Allah

Banyak sekali bukan keistimewaan sholat tahajud bagi kedihupan yang akan kita lalu ini? naun yang paling menarik dari sekian banyaknya adalah akan mendapatkan derajat yang tinggi dan terpuji di hadapan Allah. Bahkan didalam Al-Quran juga telah di cantumkan pada QS. Al-Isra ayat 79:

“Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra: 79).

Sementara itu keterangan yang lain terkait keistimewaan sholat tahajud ini juga bisa di lihat dari hadist Rasulullah SAW yang di riwayatkan oleh Abi Darda r.a, dimana berliau pernah berkata:

“Setidaknya Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.” (Riwayat Ath-Thabrani).

8. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Hal yang akan selalu terasa baik dalam kehidupan ataupun dalam beribadah ketika kita sebagai umat muslim selalu rajin mengamalkan beragam kewajibannya sebagai umat muslim dan juga sunnah Rasulullah SAW adalah kedekatan diri kita kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Hal ini juga sudah tertulis pada sebuah hadis Rasulullah SAW yang bersabda:

Baca :  Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap & Mudah di Pahami

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

9. Penghapus Dosa

Ketika kalian merasa memiliki dosa yang disengaja atuapun tidak, Islam mengajarkan untuk segera menebusnya dengan bertaubat. Untuk tata cara bertaubat bisa kalian simak pada informasi tentang cara sholat taubat nasuha yang sebelumnya sudah pernah kita bahas. Kembali ke topik keistimewaan sholat tahajud tentang penghapus dosa yang telah di sebutkan pada sebuah hadis yang berbunyi:

Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

10. Menjadi Bukti Ketaqwaan Kepada Allah yang Terlihat Jelas di Muka

Entah benar atau tidak, namun banyak orang yang mengatkan bahwa ketika ada seseorang yagn selalu rajin menjalankan sholat tahajud mereka akan terlihat bersinar wajahnya. Dan hal tersebut juga sebagai bukti bahwa ketaqwaan kita di dunia ini kepada sang pencipta yakni Allah SWT benar-benar tinggi.

11. Pikiran Menjadi Lebih Tenang dan Segar

Manfaat atau keistimewaan sholat hajat yang selanjutnya yang bisa kalian peroleh adalah pikiran jauh lebih segar dan lebih tenang. Dengan begitu segala macam aktivitas yang dikerjakan seharian tentu akan lebih terasa semangat. Hal ini tidak terleapas dari bangun malan yang kita lakukan untuk sholat tahajud. Sebagiamana kita ketahui bahwa tubuh tentulah mempunai batasan untuk beraktivitas, oleh karenanya perlu penyegaran dan istirahat.

12. Memperoleh Cinta dan Ridho Allah

Disaat banyak orang lain yang tengah tertidur ditengah malam, dan kalian justru terbangun untuk melaksanakan sholat malam atau tahajud, tentunya hal ini akan di kagumi oleh Allah SWT. Dan sebagai imbalannya Allah memberikan cinta dan ridho yang lebih pada mereka yang berani meninggalkan kenyenyakannya dalam tidur untuk memasrhkan diri kepada Allah SWT dengan keikhlasan yang dalam.

13. Shalat yang Paling Afdol Setelah Sholat 5 Waktu

Dan keistimewaan sholat tahajud yang terakhir merupakan sholat yang paling afdol dilakukan setelah sholat lima waktu yang merupakan sholt wajib bagi semua umat muslim. Dengan dilakukannya sholat tahajud di tengah malam membuat kita sebagai manusia justru akan mendapatkan suasana yang khusyuk saat menjalankannya. Dan diwaktu itulah kita sebagai pelaksananya bisa mengadukan segala macam keluh kesah yang ada kepada Allah. Niscaya semua yang kalian ucapkan akan di dengar dan di kabulkan oleh Allah.

Dengan kalian sering melakukan sholat tahajud di tengah malam, bisa dipastikan bahwa kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak akan terasa lebih sempurna. Namun agar sholat tahajud yang kita laksanakan jauh lebih baik, alangkah baiknya kita berdoa setelah selesai melaksanakan sholat tahajud. Dan bagi kalian yang ingin belajar doanya, sebelumnya sudah kami infokan tentang bacaan doa setelah sholat Tahajud yang bisa kalian jadikan sebagai referensinya. Nah itulah kiranya informasi sepuar keistimewaan sholat tahajud yang bisa kalian peroleh semoga bisa menjadi mteri yang bermanfaat.