Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud – Bicara mengenai sholat, sepertimana sudah pernah kami sampaikan pada kesempatan sebelumnya, Islam mengajarkan kita sebagai umatnya agar selalu taat untuk beribadah. Dan salah satu dari kewajiban yang harus selalu di jalankan ialah sholat Fardu yang terdiri dari 5 yaitu Subuh, Dzuhur, Asar, Maghrib, dan juga Isya. Apabila kita selalu menjalankan ibadah wajib bagi umat muslim tersebut, tenteu saja banyak sekali hikmah ataupun faedah yang akan di terima kita sebagai umat mulsim yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Namun selain hanya menjalankan ibadah wajib yaitu sholat fardu, banyak hal lain yang disunnahkan oleh Allah SWT bagi umat muslim yang sudah berusia, baligh, dan berakal seperti puasa sunnah senin kamis ataupun juga puasa sunnah yang lainnya. Dan pada kesempatan kali ini, bukan lagi kita akan membahas mengenai niat puasa sunah seperti sebelumnya, namun kita akan mencoba untuk memberikan informasi seputar bacaan doa setelah sholat Tahajud.

Bagi kalian yang belum memahami apa itu sholat tahajud, jangan khawatir karena kita di sini juga akan menjelaskannya secara gamblang agar mudah di pahami oleh kalian. Nah sebagai permulaan, sholat tahajud merupakan sholat yang kita kerjakan pada malam hari yang dimana waktunya yaitu setelah sholat isya hingga terbitnya sang fajar. Namun salah satu syarat untuk bisa melakukan sholat tahajud ialah kita telah tertidur dari waktu yang telah di tentukan walaupun kita hanya tidur beberapa saat saja.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Meski merupakan sholat sunnah akan tetapi manfaat yang didapat apabila setiap hari kita melaksanakan sholat yang satu ini akan benar-benar terasa dalam kehidupan kita. Namun tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus di lakukan agar sholat tahajud ini bisa diamalkan dengan baik dan benar. Selain niatnya yang harus benar, beberapa bacaan doa setelah sholat tahajud juga menjadi hal sudah sepantasnya untuk kita pahami.

Seperti diatas kami sampaikan, menjalankan sholat fardu diharuskan untuk kita tertidur telebih dahulu setelah sholat isya hingga terbitnya sang fajar. Nah mengenai hal tersebut, sudah tertulis pada firman Allah SWT mengenai anjuran untuk melaksanakan sholat tahajud lewat sutar Al-Isra ayat 79 yang berbunyi

Artinya:
“Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Q.S Al-Isra 79)

Walau merupakan ibadah sholat sunnah, akan tetapi keistimewaan yang di miliki dari sholat tahajud sangatlah besar. Jadi menjalankan sholat tahajud pun sama saja dengan sholat fardu atau shoat 5 waktu yang merupakan ibadah wajib bagi umat islam hanya saja niat sholat fardu dan juga niat sholat tahajud berbeda. Dan setelah melaksanakan sholat tahajud, akan lebih baik kalian membaca doa dan meminta apa yang kalian inginkan. Niscaya jika Allah SWT akan selalu mendengarkan doa dan keinginanmu.

Baca :  9 Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah Paling Utama

Lalu apa saja sih bacaan doa setelah sholat tahajud yang perlu di kita amalkan? jawabannya tentu saja banyak sekali, karena dengan berdoa setelah sholat, baik sholat tahajud ataaupun sholat fardu banyak sekalin hakikat dan manfaat yang akan kita peroleh. Salah satunya adalan kita bisa berdoa supaya kita selalu di beri keberkahan dalam bentuk apapun dan juga berdoa untuk meningkatkan amalan-amalan yang dianjurkan dalam agama islam.

Sebenarnya tidak ada batasan untuk kita sebagai umat muslim yang ingin memanjatkan doa kepada Allah SWT. Namun bacaan doa setelah sholat tahajud di yakini mampu memberikan dampak yang lebih terasa apabila kita selalu mmemahaminya dalam kehidpuan ini. Walau tidak ada batasan ataupun hukumnya untuk membaca doa ini atau doa itu setelah sholat tahajud, namun dari berbagai sumber yang ada berikut ini adalah beberapa bacaan doa setelah sholat tahajud yang sering di panjatkan.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Mulailah dengan membaca surat Al-Fatihah karena segala sesuatu ada baiknya dimulai dengan membaca basmallah karena dalam bacaan tersbeut terdapat unsur tawakkal, yang artinya ketika berdoa dengan bacaan basmallah seseorang tidak memaksa Allah. Namun sebaliknya Ia lebih percaya keputusan Allah lebih baik. Kemudian lanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah karena surat pertama ini mampu membuka segala macam tabir.

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (1) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (2) Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (3) Yang menguasai hari pembalasan (4) Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5) Tunjukilah kami jalan yang lurus (6) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat (7)” (surat Al Faatihah : 1-7)

Setelah selesai memanjatkan surat Al-Fatihah, bacaan doa setelah sholat tahajud selanjutnya yang bisa di panjatkan ualan istighfar sebanyak-banyaknya karena hendak memohon dan meminta suatu hajat, maka baiknya berusaha merendah dengan beristighfar. Memohon ampunan dan maaf atas segala macam dosa, kesalahan dan kelalaian yang telah dilakuakan. Ada baiknya yang dibaca adalah sayyidul istighfar, karena istighfar jenis ini dianggap paling ampuh.

ALLAHUMMA ANTA ROBBI LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANAA ‘ABDUKA WA ANAA ‘ALAA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHI’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUU LA YAGHFIRUDZ DZUNNUUBA ILLA ANTA

Artinya:
“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, ku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah kuperbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”

Setelah itu, kalian bisa kembali melanjutkan bacaan doa setelah solat tahajud dengan membaca sholawat. Dimana sholawat merupakan pembuka langit ketujuh, dengan mambacanya sebelum berdoa diharapkan doa tersebut sampai ke Allah SWT, dan berikut adalah bacaannya

WASHALLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMA-DIN WA’ALAA AALIHIWA SHAHBIHIIWA SALLAM, WAL HAMDU LILLAAHIRABBIL ‘AALAMIIN

Artinya:
“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nami Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Dan berikut adalah bacaan doa setelah sholat tahajud yang sering di baca umat muslim

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYUMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA, WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA, WA LAKAL ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQU, WA QAULUKAL HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUW WANNAARU HAQQUW WAN-NABIYYUUNA HAQQUW WA MUHAMMADUN SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAMA HAQQUW WASSAA’ATU HAQQ.

Artinya:
“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Mahabenar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU WA BIKA AAMANTU WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU WA ILAIKA HAAKAMTU FAGHFIRLII MAA QODDAMTU WA MAA AKHKHARTU WA MAA ASRARTU WA MAA A’LANTU WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQODDIMU WA ANTAL MU’AKHKHIRU LAA ILAAHA ANTA. WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.

Artinya:
“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Dan setelah membaca bacaan doa setelah sholat tahajud diatas, kini saatnya kalian bisa memanjatkan segala doa yang kalian inginkan baik dengan menggunakan bahasa arab (apabila kalian mengerti) ataupun bisa menggunakan bahasa yang kalian mengerti (bahasa Indonesia) karena Allah SWT selalu mendengar dan mengerti apa maksud dari doa yang kalian panjatkan.

Setelah semua doa yang ingin kalian panjatkan selesai, usaikanlan bacaan doa setelah sholat tahajud dengan membaca bacaan hamdalah sebagai wujud syukur dan terima kasih telah diberi kesempatan untuk melaksanakan sholat tahajud dan kesempaan berdoa.

Artinya:
“Segala Puji bagi Allah sebanyak ciptaanNya di langit. Segala Puji bagi Allah sebanyak Ciptaan-Nya di Bumi. Segala Puji bagi Allah sebanyak apa-apa yang ada diantara langit dan bumi. Segala Puji bagi Allah sebanyak apa-apa yang diciptakan-Nya.”(Hadits)

Dan demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bacaan doa setelah sholat tahajud, semoga ulasan dan informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian yang tengah mempelrajari bacaan-bacaan doa setelah sholat, baik sholat tahajud ataupun sholat fardu dan sholat sunnah lainnya.