Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha Serta Keistimewaannya

Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha – Ketika bulan Dzulhijjah datang, ada beberpa sunah yang harus di lakukan oleh setiap mulsim yang telah berusia dan telah baligh serta berakal. Salah satu sunnah yang harus di lakukan ialah menjalankan ibada puasa tarwiyah yang di lakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah serta puasa arafah yang di lakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Adapun sunnah melaksanakan ibadan puasa arafah atau tarwiyah hanya boleh di lakukan oleh umat muslim yang sedang tidak menjalnakan ibadah haji.

Menjalankan ibadah puasa tarwiyah memang hukumnya sunnah, akan tetapi islam menganjurkan untuk setiap umat muslim agar bisa melaksanakannya. Jika sebelumnya kita mengerti akan keistimewaan puasa arafah atau puasa 9 Dzulhijjah yaitu akan dapat menghapus dosa selama dua tahun yakni dosa satu tahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang. Sementara kesitimewaan puasa tarwiyah yaitu menghapus dosa yang di buat tahun lalu. Oleh karena itu akan lebih baik kita melaksakannnya sebagai umat muslim.

Meski merupakan sebuah ibadah sunnah, akan tetapi dalam menjalankannya tetap ada syarat dan ketentuan yang harus di ikuti agar ibadah puasa tarwiyah idul adha akan di terima. Salah satu syaratnya adalah niat puasa tarwiyah idul adha yang harus di lakukan dengan benar. Untuk itu, bagi kalian yang ingin menjalankan puasa sunnah tarwiyah, dan belum mengetahui ketentuan serta bacaan lafadz niat puasa tarwiyah idul adha, berikut akan kami sampaikan informasi mengenai hal tersebut.

Lafadz Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha

Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha

Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha

Sama halnya dengan bacaan niat puasa arafah 9 Dzulhijah yang sudah kami samapikan sebelumnya, lafadz niat puasa tarwiyah idul adha juga bisa di bilang sangatlah mudah untuk di ingat ataupun di hafal. Bahkan bagi umat muslim, puasa arafah ataupun puasa tarwiyah juga sangatlah di anjurkan untuk ikut serta merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jamaah haji. Dilain sisi, hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah merupakan sebua hari yang sangat istimewa sebagaimana sabda Abnu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w yang berbunyi:Abnu Abbas r.a

Baca :  Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram Beserta Artinya

Artinya:
“Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid),” (HR Bukhari)

Lafadz Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha

Dengan kita mengetahui keutamaan yang melimpah dari melaksanakan ibadan puasa tarwiyah, tentu saja kita akan bisa mendapatkan pahala yang berlipat. Namun untuk lebih memantapkan puasa tarwiyah, seperti diawal kami sampaikan niat puasa tarwiyah idul adha juga harus kita ucapkan dengan benar sesuai dengan syariat yang telah di tentukan oleh Allah. Untuk itu bagi kalian yang ingin belajar tentang lafadz niat puasa tarwiyah idul adha berikut kami sampiakan dalam bahasa arab, latin lengkap dengan artinya.Niat Puasa Tarwiyah

NAWAITU SHAUMA TAERWIYATA SUNNATAN LILLAHI TA’AALA

Artinya:
“Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala”

Keistimewaan Puasa Tarwiyah Idul Adha 8 Dzulhijjah

Keistimewaan Puasa Tarwiyah

Keistimewaan Puasa Tarwiyah

Sebenarnya di atas sudah kami sampaikan terkait keistimewaan puasa tarwiyah secara jelas. Namun bagi kalian yang masih bertanya mengenai hal tersebut kami akan ingatkan kembali. Tentunya selain dapat memberikan pahala yang berlimpah bagi setiap muslim yang menjalankannya, ternyata denga menajalankan puasa tarwiyah kita juga akan memperoleh keistimewaan yang cukup banyak salah satunya adalah akan di hapuskannya dosa selama satu tahun, yaitu dosa yang telah kita buat sebelum puasa tarwiyah kita lakukan sebagaimana keterangan pada sebuah hadits yang menyebutkanHadits Puasa Tarwiyah

Artinya:
“Puasa Hari Tarwiyah menghapus dosa setahun, dan puasa Hari Arafah menghapus dosa dua tahun””.

berbeda dengan niat puasa ramadhan yang diperbolehkan untuk di baca di awal bulan ramadhan setelah selesai sholat tarawih berjamaah, untuk puasa tarwiyah hanya bisa di lakukan sebelum fajar datang dimana hari tarwiyah itu datang atau tepatnya tanggal 8 Dzulhijjah.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai lafadz niat puasa tarwiyah idul adha yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan menyimak informasi diatas anda bisa mendapatkan sebuah hal yang positif untuk bisa di laksanakan ketika bulan dzulhijjah datang menghampiri. Dan tentunya semoga saja banyak hal baru yang bisa di dapat dari informasi diatas.