Bacaan Doa Sesudah Adzan dan Iqomah Beserta Artinya

Doa Sesudah Adzan – Untuk semua umat muslim tentu saja sudah kenal betul dengan istilah adzan dan iqomah. Karena Adzan sendiri merupakan sebuah pertana bahwa telah masuknya waktu shalat sekaligus juga merupakan sebuah panggilan untuk kita melaksanakan shalat berjamaah bagi seluruh umat muslim yang mendengarkannya.

Dengan mengerjakan shalat 5 waktu tepat sesuai dengan panggilan atau ketika anda mendengar adzan secara baik di kerjakan sendiri ataupun di kerjakan secara berjamaah tentu saja akan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan salah satunya adalah akan mendapatkan pahala yang berlimpah yang di berikan Allah SWT. Dan hebatnya lagi ada juga pahala yang telah di janjikan Allah ketika kita sebagai pendengar adzan ataupun muadzinnya.

Selain hal diatas yang wajib untuk kita sebagai umat muslim mengetahuinya, ada juga beberapa hal yang juga tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui, salah satunya adalah hukum adzan tersebut. Nah dari sumber yang ada, dijelaskan bahwa adzan sendiri memiliki hukum fardhu kifayah bagi laki-laki ketika sudah memasuki waktu shalat lima waktu termasuk juga didalamnya adalah shalat jum’at.

Artinyam apabila salah satu dari kaum laki-laki ataupun kaum muslimin lainnya telah mengumandangkan adzan ketika memasuki waktu sholat, maka gugurlah kewajiban atas semua laki-laki dari kaum muslimin yang lainnya. Sebaliknya apabila tidak ada satupun yang mengumandangkan adzan ketika sudah memasuki waktu shalat wajib, maka seluruh kaum muslim dianggap telah melakukan sebuah dosa besar.

Bacaan Doa Sesudah Adzan dan Iqomah

Doa Sesudah Adzan dan Iqomah

Doa Sesudah Adzan dan Iqomah

Hal tersebut juga sudah di tulis secara jelas pada sebuah hadits Malik bin Al-Huwairisi yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Baca :  Doa Buka Puasa Qadha dan Niat Puasa Qadha Ramadhan

hadist Malik bin al- Huwairisi

Jika waktu sholat telah tiba, hendaklah salah seorang diantara kalian mengumandangkan adzan untuk kalian dan hendaklah orang yang paling tua diantara kalian yang menjadi imam.(HR Bukhari dan Muslim)

Didalam ajaran agama islam, ada yang namanya doa sesudah adzan dan doa sesudah iqomah yang akan mendatangkan pahala pada kita ketika kita melafadzkannya setiap kali mendengar adzan dan iqomah itu sendiri. Namun dari beberapa pembaca mungkin ada yang belum tahu tentang bacaan doa sesudah adzan dan bacaan doa sesudah iqomah, maka dari itu untuk kesempatan kali ini akan kita bagikan dan rangkumkan bacaan doa sesudah adzan dan iqomah dalam bahasa arab, latin beserta artinya.

Bacaan Doa Sesudah Adzan

Nah bagi anda yang mungkin belum mengtahui secara benar bacaan doa sesudah Adzan berikut dapat anda jadikan bahan pembelajaran untuk di baca dan di hafalkan.

Doa Sesudah Adzan

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz. Ya arhamar roohimiin.

Artinya:
“Jika waktu sholat telah tiba, hendaklah salah seorang diantara kalian mengumandangkan adzan untuk kalian dan hendaklah orang yang paling tua diantara kalian yang menjadi imam.” (HR Bukhari dan Muslim)

Setelah mengetahui bacaan doa sesudah adzan seperti yang kami sampaikan diatas. Mungkin anda bisa menjadikannya sebagai pembelajaran untuk kedepannya semakin lebih baik lagi. Lalu apakah kita juga di sunnahkan untuk membaca doa juga sesudah iqomah? dan apakah iqomah itu sendiri?

Doa Sesudah Iqomah

Secara garis besar Iqomah adalah seruan atau pemberitahuan bahwa shalat akan segera di mulai atau di dirikan dengan menyebut lafal-lafal khusus. Dan iqomah sendiri juga bisa di katakan sebagai adzan kedua yang menyerukan kita untuk segera mengejakan sholat 5 waktu. Dan berikut adalah doa sesudah iqomah yang bisa kalian hafalkan adalah sebagai berikut.

Baca :  7 Doa Mustajab Untuk Anak Nakal dan Pintar

Doa Sesudah Iqomah

Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl

Artinya:
“Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada”

Dan itulah kiranya inforamsi mengenai bacaan doa sesudah adzan dan doa sesudah iqomah yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi yang kami dapatkan bisa memberi penjelasan dan pembelajaran bagi anda yang mungkin saja belum mengetahuinya. Jangan lupa simak pula informasi menarik lainnya dari niatpuasa.com yang membahas seputar Doa Agar Dagangan Laris dan juga Doa Ziarah Kubur semoga apa yang kami samapikan bisa bermanfaat. Terimakasih.