Doa Ziarah Kubur : Adab, Tata Cara, dan Hukum Ziarah

Doa Ziarah Kubur – Kita semua tahu bahwa yang namanya makhluk yang bernyawa tentu akan meninggal. Hanya saja kapan, dimana, dan kenapa itu tidak ada satupun yang bisa mengetahuinya kecuali Allah SWT. Karena semua di ciptakan oleh-Nya dan di tempatkan di bumi ini hanya sebatas untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka tidak heran bila kita mendengar ucapan dari para ulama yang mengetakanbahwa dunia ini hanyalah sementara sedangkan akhirat adalah tempat selama-lamanya, kekal dan juga abadi.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai umat manusia yang masih di beri kesempatan oleh Allah SWT untuk terus menebar kebaikan kepada sesama muslim dan juga tentu yang tidak kalah pentingnya adalah untuk selalu beribadah. Bahkan ada baiknya kita sebagai umat manusia untuk terus dan selalu mengingat akan kematian. Karena bagaimanapun kita semua yang di ciptakan dari tanah akan kembali ke tanah nantinya.

Bicara soal kematian, tentunya kita semua tahu bahwa ada sebuah adab dalam setiap ajaran agama untuk berziarah jika ada sanak saudara yang meninggal dunia. Ziarah sendiri merupakan sebuah praktik yang di lakukan hampir sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Bahkan aadang-kadang ziarah juga dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan.

Hal ini bertujuan untuk nantinya mengingatkan kembali kepada kita semua bahwa meneguhkan iman atau menyucikan diri itu merupakan sesuatu yang harus di kerjakan setiap umat beragama kepada sang pencipta. Dalam urusan ziarah tentu saja ada beberapa adab dan juga tata cara yang harus di lakukan termasuk juga membaca doa ziarah kubur. Dalam ajaran agama islam sendiri doa ziarah kubur menjadi sebuah hal yang sunnah di lakukan.

Adab, Tata Cara, Hukum, dan Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur

Lalu apakah anda sudah tahu tentang tata cara, adab, hukum, dan juga doa ziarah kubur? jika belum tahu mungkin artikel yang akan kami sampaikan dikesempatan kali ini akan menjadi artikel yang bisa bermanfaat untuk anda. Karena seperti tertulis pada judul diatas, kali ini akan kita bagikan informasi tentang ada, tata cara, hukum dan bacaan doa ziarah kubur yang umumnya harus di lakukan setiap umat muslim ketika sedang melakukan kegiatan ziarah. Untuk itu langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini.

Adab dan Tata Cara Ziarah Kubur

Sebelum melangkah pada inti pembahasan kali ini tentang bacaan doa ziarah kubur, mungkin perlu untuk kita semua ketahui dan pahami juga adalah adab saat sedang melakukan ziarah kubur. Nah apa saja adab-adab saat ziarah kubur yang harus kita ketahui? berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Baca :  Doa Sholat Witir Ramadhan Beserta Artinya

1. Memahami Tujuan Utama Berziarah Kubur

Salah satu adab ziarah kubur yang harus kita patuhi atau kita kerjakan adalah memahami tujuan utama kita berziara kubur. Dimana jika di ambil garis besarnya, tentu saja tujuan utama kita untuk berziarah ialah untuk mengingatkan kita pada kematian yang pasti akan terjadi pada kita dan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Selain itu dengan mengingat tujuan utama kita, kita juga di ingatkan untuk tidak terlena pada kehidupan dunia yang menyilaukan.

2. Ucapkanlah Salam Ketika Masuk

Sebagai sesama umat muslim, adab ketika melakukan ziarah kubur yang juga tidak kalah pentingnya adalah untuk mengucapkan salam ketika masuk ke area kuburan. Hal ini juga sudah di ajarkan oleh junungan besar kita yakni Nabi Muhammad SAW. Jadi sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk mengikuti hal tersebut. Bahkan hal ini juga sudah di kelaskan secara rinci dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut.

“Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan mereka (para shahabat) jika mereka keluar menuju pekuburan agar mengucapkan “Salam keselamatan atas penghuni rumah-rumah (kuburan) dan kaum mu’minin dan muslimin, mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kita dan orang-orang yang belakangan, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian, kami memohon kepada Allah keselamatan bagi kami dan bagi kalian”

3. Tidak Diperbolehkan Menangis Meratapi Mayit

Kesedihan ketika berada di area kuburan atau pemakaman memang sudah menjadi hal yang wajar untuk kita lihat dan kita rasakan. Akan tetapi dalam adab ziarah kubur yang baik memang kita tidak di perkenankan untuk menangis dan meratapi mayit. Akan tetapi mengingat kembali pada perasaan setiap manusia yang berbeda-beda maka kita masih tetap di perbolehkan menangis di area pemakanan asalkan masih dalam batas wajar.

4. Tidak Duduk dan Menginjak Atas Kuburan

Disaat memasuki area kuburan, Rasulullah SAW pernah memerintahan kepada sahabat untuk tidak duduk diatas area kuburan atau bahkan menginjak kuburan tersebut. Bahkan hal ini juga sudah tertulis jelas dalam sebuah hadits yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh jika salah seorang dari kalian duduk di atas bara api sehingga membakar bajunya dan menembus kulitnya, itu lebih bagus daripada duduk di atas kubur”

5. Tidak Berbicara Kasar Atau Hal yang Bathil

Selain kita membacakan doa ziarah kubur saat berada di area pemakaman, dalam adab ziarah kubur yang baik, kita juga tidak di perkenankan untuk mengobrol atau berkata kasar atau melakukan sesuati yang bathil. Kita hanya di perkenankan untuk berbicara yang baik sopan dan santun. Hal ini tentu saja bukan hanya untuk meningkatkan kekhusuan kita saat berdoa, tetapi juga untuk tidak mengganggu kepada pengunjung lain yang juga sedang melakukan ziarah kubur.

Baca :  Niat Mandi Wajib dan Tata Cara Yang Wajib Diketahui

6. Mendoakan Mayit

Nah adab ziarah kubur yang lainnya adalah mendoakan mayit. Yah, ini merupakan dari tujuan kita mendatangi kuburan dari sanak saudara kita. Dalam doa ziarah kubur ini tentu saja kita di anjurkan untuk mendoakan yang baik-baik agar si mayat akan di ampuni segala dosa-dosanya serta kesalahan yang pernah di lakukan di dunia ini.

Hukum Ziarah Kubur dalam Ajaran Agama Islam

Adab dan Hukum Ziarah Kubur

Selain kita harus mengetahui bacaan doa ziarah kubur, seperti diatas kami tuliskan kita juga harus mengetahui adab serta tata cara ziarah kubur yang baik dan benar. Namun tidak semata hanya sampai disitu saja, kita pun sebagai umat beragam terutama umat muslim juga harus mengetahi tentang hukum ziarah kubur sesuai dengan ajaran agama islam itu sendiri.

Jika di kutip dari sumber yang ada, hukum ziarah kubur dalam ajaran agama islam sendiri adalah mubah atau diperbolehkan. Jadi ketika dikerjakan akan mendapatkan manfaat yang baik dan jika tidak di kerjakan pun tidak akan mendatangkan dosa. Sementara itu untuk waktu pelaksanannya sendiri tidaklah ada batasannya melainkan sesuai dengan kemampuan orang yang akan melakukan ziarak hubur itu sendiri.

Bacaan Doa Ziarah Kubur

Setelah kita mengetahui adab dan juga tata cara ziarah kubur yang baik dan benar, serta juga sudah mengetahui tentang hukum serta waktu pelaksanaan ziarah kubur, kita juga di wajibkan untuk mengetahui bacaan doa ziarah kubur yang baik dan benar sesuai dengan ajaran agama islam yang mayoritas merupakan agama masyarakat di Indonesia. Dan berikut kiranya beberapa bacaan doa ziarah kubur yang harus di ketahui kita sebelum melakukan ziarah kubur.

#1. Pertama silahkan anda ucapkan salam terlebih dahulu ketika memasuki area pemakaman dengan lafadz

Bacaan Salam Ketika Memasuki Kuburan

Assalamu ‘ala ahlid diyar, minal mu’minina wal muslimin, antum lana farthun, wa nahnu insyaallahu bikum lahiqun

Artinya:
“Salam atas para penghuni kubur, mukminin dan muslimin, engkau telah mendahului kami, dan insya Allah kami akan menyusulmu.”

Atau juga bisa mengucapkan salam seperti yang telah di ajarkan oleh Imam Ali Bin Abi Thabib (SA) yaitu:

Salam Memasuki Kuburan

Assalamu ‘ala ahli la ilaha illallah min ahli la ilaha illallah , ya ahla la ilaha illallah bihaqqi la ilaha illallah kayfa wajadtum qawla la ilaha illallah min la ilaha illallah, ya la ilaha illallah bihaqqi la ilaha illallah ighfir liman qala la ilaha illallah, wahsyurna fi zumrati man qala la ilaha illallah Muhammadun Rasûlullah ‘Aliyyun waliyullah.

Artinya:
“Salam bagi yang mengucapkan la ilaha illallah dari yang mengucapkan la ilaha illallah, wahai yang mengucapkan kalimah la ilaha illallah dengan hak la ilaha illallah, bagaimana kamu memperoleh kalimah la ilaha illallah dari la ilaha illallah, wahai la ilaha illallah dengan hak la ilaha illallah ampuni orang yang membaca kalimah la ilaha illallah, dan himpunlah kami ke dalam golongan orang yang mengu¬cap¬kan la ilaha illallah Muhammadur rasululullah Aliyyun waliyyullah.”

Bahkan ketika mengucapkan salam sebelum membaca doa ziarah kubur, Imam Ali Bin Abi Thalib (SA) juga pernah berkata:

“Barangsiapa yang memasuki areal kuburan, lalu mengucapkan (salam tersebut), Allah memberinya pahala kebaikan 50 tahun, dan mengampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya 50 tahun.”

#2. Setelah membaca salam seperti diatas kami sampaikan, anda juga bisa membaca beberapa doa atau surat-surat yang tercantum di dalam Al-Quran, diantaranya adalah:

  1. Surat Al-Qadar / dibaca sebanyak 7 kali
  2. Surat Al-Fatihah / dibaca sebanyak 3 kali
  3. Surat Al-Falaq / dibaca sebanyak 3 kali
  4. Surat An-Nas / dibaca sebanyak 3 kali
  5. Surat Al-Ikhlash / dibaca sebanyak 3 kali
  6. Ayat Kursi / dibaca sebanyak 3 kali
Baca :  Kumpulan Dalil Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui

Bahkan didalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa :

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar (7 kali) di kuburan seorang mukmin, Allah mengutus malaikat padanya untuk beribadah di dekat kuburannya, dan mencatat bagi si mayit pahala dari ibadah yang dilakukan oleh malaikat itu sehingga Allah memasukkan ia ke surga. Dan dalam membaca surat Al-Qadar disertai surat Al-Falaq, An-Nas, Al-Ikhlash dan Ayat kursi, masing-masing (3 kali).”

#3. Kemudian silahkan anda membaca doa ziarah kubur berikut ini sebanyak 3 kali

Doa Ziarah Makam Ketiga

Allahumma inni as-aluka bihaqqi Muhammadin wa ali Muhammad an la tu’adzdziba hadzal may¬yit.

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.”

#4. Sambil meletakan tangan di atas kuburan silahkan anda baca doa ziarah kubur berikut ini.

Doa Sambil Meletakkan tangan

Allahumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw‘atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnî biha ‘an rahmatin min siwaka, wa alhiqhu biman kama yatawallahu.

Artinya :
“Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.”

Nah kiranya itu dulu informasi yang bisa kami sampaikan seputar tata cara, hukum dan juga bacaan doa ziarah kubur yang mungkin bisa menjadi informasi bermanfaat bagi anda semua. Jangan lewatkan pula untuk anda menyimak info menarik lainnya seputar Doa Minum Air Zam Zam dan juga Doa Masuk Kamar Mandi Agama Islam yang sebelumnya telah kami tilis. Sekian dan Terimakasih