Kumpulan Dalil Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui

Dalil Zakat Fitrah – Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dibayarkan oleh semua umat muslim dunia. Zakat fitrah juga dapat dibayar dengan menggunakan beras, gandum, kurma dan hasil bumi lainnya sesuai dengan daerah yang ditinggali. Bisanya mereka membayar zakat dengan takaran 3,5 liter atau 2,5 kg. Berbicara mengenai zakat fitrah, banyak sekali dalil-dalil yang cukup penting untuk kita ketahui, hal ini dimaksudkan agar kita menjadi lebih yakin dengan apa yang kita kerjakan itu benar-benar perintah dari Allah SWT.

Zakat sendiri termasuk dalam rukun Islam yang keempat dimana sangat wajib untuk dilaksanakan. Untuk zakat fitrah sendiri dapat dibayarkan pada saat bulan ramadhan untuk melengkapi sempurnanya puasa ramadhan yang kita laksanakan selama sebulan penuh. Selain itu kita juga harus paham betul berapa besarnya zakat fitrah yang harus dibayar, orang yang berhak menerima zakat fitrah serta mengetahui cara menghitung zakat mal yang baik dan syarat wajib zakat fitrah.

Kumpulan Dalil Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui

Kumpulan Dalil Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui

Kumpulan Dalil Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui

Dan kembali ke pembahasan awal yakni mengenai dalil zakat fitrah yang wajib diketahui, ada beberapa dalil zakat fitrah yang ada di dalam Al Qur’an da Hadist, seperti dalam Q.S Al-Baqarah: 110 dibawah ini.

Artinya; “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apapun yang kalian kerjakan bagi diri kalian, tentu kalian akan mendapat pahalanya di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kalian kerjakan”.

Dan selain itu dalil mengenai zakat juga disampaikan dalam hadist yang cukup banyak sekali, seperti diantaranya:

Artinya; ““Islam didirikan di atas lima pondasi: 1- Bersaksi tiada tuhan selain Allah dan (Nabi) Muhammad utusan Allah. 2- Mendirikan sholat. 3-Mengeluarkan zakat. 4-Haji ke Baitullah. 5-Puasa di bulan Ramadhan.”

Nah untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai dalil zakat fitrah yang wajib diketahui lebih baik langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Baca :  7 Doa Mustajab Untuk Anak Nakal dan Pintar

1. Dalil Zakat Fitrah Hadist Riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah

Artinya; “Zakat Fitrah merupakan penyucian bagi orang yang berpuasa dari kekurangannya dan makanan bagi orang faqir dan miskin”.

2. Dalil Zakat Fitrah Hadits Riwayat Ibnu Majah, Al Baihaqi dan Ath Thabrani

Artinya; “Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim”. 

3. Dalil Wajib Zakat Fitrah Q.S At-Tauvah ayat 103

Artinya; Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui”.

4. Dalil Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Artinya; Artinya: “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu´allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

5. Dalil Zakat Fitrah Q.S Al-Baqarah ayat 43

Artinya; “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku”.

6. Dalil Zakat Fitrah Q.S Al-Hajj ayat 78

Artinya; “Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”.

7. Dalil Zakat Fitrah Q.S An-Nur ayat 56

Artinya; “Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat”.

Nah itulah beberapa dalil-dalil yang membahas mengenai perintah untuk berzakat fitrah, dalil untuk orang yang wajib berzakat serta dalil untuk golongan orang yang wajib menerima zakat fitrah. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Kumpulan Dalil Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca :  Doa Setelah Sholat Jumat & Dzikir Terlengkap