Doa Masuk dan Keluar Masjid Arab, Latin, dan Artinya

Doa Masuk dan Keluar Masjid – Seperti kita ketahui bersama, masjid merupakan tempat yang paling mulia untuk selalu kita jaga baik dari sektor kebersihan dan juga keaktifannya untuk beribadah khususnya bagi seluruh umat muslim di berabgai belahan dunia. Bahkan dikatakannya sebagai tempat yang sangat mulia ini juga bisa kita temui di dalam Alquran dan Hadis.

Maka dari itu sudah sewajarkan kita seabgai umat muslim untuk selalu menjaga amanah yang tertulis di dalam Alquran dan Hadis tersebut dengan sebagaik-baiknya. Selain itu masjid yang merupakan sebuah tempat ibadah atau sering di katakan merupakan rumah Allah, tentunya kita tidak boleh sembarangan masuk dan keluar.

Akan tetapi kita diharuskan untuk mengucap salam dan juga membaca doa masuk dan keluar masjid sama seperti ketika kita akan masuk dan keluar rumah tentunya harus membaca doa agar ketika kita meninggalkan rumah selalu dalam perlindungan Allah SWT. Hal serupa juga tentunya harus selalu kita terapkan ketika masuk dan keluar masjid.

Yang jadi pertanyaannya, apakah kita semua sudah melakukan hal tersebut? yaitu selalu membaca doa masuk dan keluar masjid ketika kita akan beribadah seperti sholat berjmaah 5 waktu ataupun sholat jumat? Jika belum tentunya harus segera kita perbaiki dengan cara melafadzkan doa masuk dan keluar masjid tersebut setiap kali kita mendatanginya.

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid Terlengkap

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Lalu seperti apa sih bacaan doa masuk dan doa keluar masjid yang baik dan benar yang tentu saja sesuai dengan anjuran yang sudah ada sejak dahulu? Bicara mengenai hal tersebut, untuk anda yang mungkin masih belum mengetahui lafadz doa masuk dan keluar masjid, maka anda tepat sekali berada pada artikel ini. Karena kali ini akan kita bagikan secara lengkap bacaan doa tersebut dalam bahasa arab, latin beserta artinya berikut ini.

Baca :  Doa Melahirkan Lancar dan Selamat : Arab, Latin & Arti

Adab Sebelum Masuk dan Keluar Masjid

Sebelum kita membahas tentang bacaan doa masuk dan keluar masjid seperti yang kita tulis diatas. Mungkin perlu di ketahui terlebih dahulu bahwasannya ketika kita masuk ke masjid yang merupakan tempat ibadah dan juga rumah allah, kita juga di haruskan mengetahui beberapa adab yang harus selalu kita jaga agar seakan-akan kita tidak menyepelekan hal tersebut. Adapun beberapa adab sebelum memasuki masjid itu sendiri antara lain.

  1. Membaca Doa Masuk Masjid
  2. Selalu Mendahulukan Kaki Kanan Ketika Masuk
  3. Membaca Doa Keluar Masjid
  4. Selalu Mendahulukan Kaki Kiri Ketika Keluar
  5. Shalat Sunnah Dua Rakaat Setelah Anda Memasuki Masjid

Bacaan Doa Masuk Masjid

Bacaan Doa Masuk Masjid

A‌LLAHUMMAF-TAHLII ABWAABA RAHMATIKA

Artinya :
“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Bacaan Doa Keluar Masjid

Doa Keluar Masjid

ALLAHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADHLIKA

Artinya :
“Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”

Itu dia lafadz atau bacaan doa masuk dan juga keluar masjid yang mungkin perlu untuka nda hafalkan agar nantinya ketika anda masuk atau keluar masjid untuk melakukan kegiatan ibadah bisa dengan lancar membacanya. Adapun sama seperti bacaan niat sholat ataupun niat hal lainnya, untuk membaca lafadz diatas juga tidak di haruskan untuk melantankan suara, melainkan akan lebih baik ketika anda membacakan doa tersebut di dalam hati dengan penuh kehayatan. Nah itulah kiranya info yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat.