Doa Masuk Rumah, Keluar Rumah : Arab, Latin & Terjemahannya

Doa Masuk Rumah – Dalam ajaran agama Islam setiap aktivitas yang akan kita lakukan akan lebih sempurna apabila di awali dengan niat dan doa agar aktivitas yang akan kita kerjakan baik itu aktivitas harian, bekerja, ataupun kuliah dan sekolah serta aktivitas lainnya bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya halangan. Dari cukup banyaknya doa yang di turunkan oleh Allah untuk para umatnya salah satunya adalah doa masuk rumah dan keluar rumah.

Memanjatkan doa ketika keluar dan masuk rumah tentunya akan banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Karena pada dasarnya membaca doa sebelum kita melakukan sebuah aktivitas merupakan sunnah yang pasti akan membuat kehidupan kita semakin terasa tentram. Hal tersebut juga perlu kita lakukan ketika kita akan masuk dan keluar rumah karena rumah sendiri merupakan sebuah tempat tinggal untuk beragam keperluan seperti beristirahat dan juga kumpul keluarga.

Dari beberapa sumber yang ada, doa masuk rumah dan doa keluar rumah sendiri sebenarnya terbagi atas dua kategori yakni ketika hendak masuk atau keluar rumah yang memiliki penghuni dan juga doa keluar dan masuk rumah kosong atau tanpa penghuni. Untuk itulah perlu untuk kita pahami dua bacaan tersebut baik untuk rumah berpenghuni ataupun rumah kosong.

Tentunya dengan kita membaca doa setiap kali kita akan masuk dan keluar rumah kita akan selalu di lindungi oleh Allah SWT dari berbagai macam hal-hal yang tidak kita inginkan dan juga akan diberikan perlindungan pada rumah atau tempat tinggal yang kita tinggalkan. Selain doa masuk rumah dan keluar rumah ini, anda juga bisa membaca doa ketika turun hujan yang pada kesempatan sebelumnya sudah pernah kita bahas.

Baca :  4 Syarat Sah Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah

Bacaan doa masuk rumah dan keluar rumah ini sebenarnya sudah pernah kita pelajari sejak dini, akan tetapi mungkin masih ada bebeapa pembaca yang masih belum hafal. Untuk itu anda dapat mempelajarinya pada artikel terbaru niatpuasa.com ini, Jadi bagi anda yang ingin menghafal dan juga mengerti terjemahan dari doa masuk rumah ataupun keluar rumah silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah Arab

ALLAHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROL MAULIJI WA KHOIROL MAKHROJI BISMILLAAHI WA LAJNAA WA BISMILLAAHI KHOROJNAA WA’ALALLOHI ROBBINA TAWAKKALNAA

Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong

ASSALAAMU’ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADILLAAHISH SHOOLIHIINA

Artinya :
“Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh”

Itu dia bacaan doa masuk rumah yang hendaknya untuk kita semua khususnya umat muslim untuk selalu kita panjatkan agar segala aktivitas di luar rumah yang akan kita kerjakan bisa terlaksana dengan baik. Begitupun juga kondisi rumah yang akan selalu di jaga oleh Allah SWT. Dan setelah mengetahui lafadz bacaan doa ketika masuk rumah diatas, mari kita pelajari pula bacaan doa keluar rumah agar semakin lengkap.

Lafadz Doa Keluar Rumah

Lafadz Doa Keluar Rumah Arab

BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLOOH LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLAA BILAAHI

Artinya : 
“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”

Setelah membaca doa keluar rumah diatas, tentunya sebelum anda membuka pintuk dan menginjakan kaki keluar rumah. Anda juga di sunnahkan untuk membaca doa lai dengan melihat kearah langit sambil membaca doa berikut ini.

Doa Ketika Keluar Rumah

ALLAHUMAA INII AUDZUBBIKAA AN ADHILLA UU UDHOLLA AUW ADZII AUW UDZALLA AUW ADHLIMA AUW ADHLAMA AUW AJHALA AUW YUJHALAA ALAYAA.

Artinya :
“Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari jangan sampai aku sesat dan disesatkan, berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya, bodoh atau dibodohi.”

Untuk informasi tambahan, mengutip dari perkataan Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq Bin Abdul Muhsin, diketahui bahwasannya melafadzkan doa keluar rumah tersebut secara bersamaan tidaklah menjadi masalah. Jadi bagi anda yang ingin membaca doa keluar rumah tersebut secara bersamaa boleh-boleh saja.

Selain doa masuk rumah dan keluar rumah yang sudah kami sampaikan diatas, anda juga bisa mempelajari tentang bacaan doa menggunakan dan melepas pakaian yang juga sudah kami bahas pada artikel sebelumnya. Kiranya itu terlebih dahulu informasi yang bisa kami sampaikan, silahkan untuk anda hafalkan agar lebih mudah ketika anda ingin keluar dan masuk rumah dan tentunya agar keselamatan dan keamanan rumah akan selalu di lindungi oleh Allah SWT.