Doa Setelah Sholat Jumat & Dzikir Terlengkap

Doa Setelah Sholat Jumat – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, bagaimana kabar sahabat niatpuasa.com hari ini? semoga selalu dalam keadaan baik dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT Amin. Setelah cukup lama tidak memberikan update materi, pada kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan update artikel bagi pembaca setia niatpuasa. Dan pada kali ini tema yang akan kita bahas bersama adalah mengenai bacaan dzikir dan doa setelah sholat jumat.

Sholat jumat merupakan sholat yang di wajibkan bagi setiap kaum laki-laki yang dikerjakan sebagai pengganti sholat dzuhur di hari jumat dan dilakukan secara berjamaah. Sama halnya dengan sholat fardhu ada beberapa adab yang harus dilakukan seperti berwudhlu, membaca niat, dan juga membaca wirid, berdzikir serta membaca doa setelah sholat jumat selesai. Namun umumnya sebelum melaksanakan sholat jumat berjamaah, khatib jumat selalu membacakan sebuah ceramah.

Tentunya ada banyak sekali manfaat sholat jumat yang akan kita dapatkan ketika kita selalu menjalankannya secara rutin setiap hari jumat datang. Begitu juga dengan manfaat dzikir dan doa setelah sholat jumat pun snagatlah luar biasa. Terlebih lagi dalam kalender Islam, hari jumat merupakan salah satu hari yang paling istimewa dan juga mulia. Jadi tidak heran apababila kita sebagai umat muslim sudah sepantasnya membuat hari jumat tersebut tidak sia-sia.

Bacaan Dzikir & Doa Setelah Sholat Jumat

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Jumat

Salah satu cara menghargainya adalah kita membacakan doa dan dzikir setelah sholat jumat selesai khususnya bagi kaum laki-laki. Yang mana dengan kita membaca dzikir dan doa setelah sholat jumat, insyaallah apa yang tengah kita inginkan atau dalam islam menyebutnya hajat akan bisa didengar Allah SWT dan juga di kabulkan. Dan berikut adalah bacaan dzikir dan doa setelah sholat jumat yang bisa kalian pelajari apabila memang masih belum memahaminya. Dimana yang akan kami share cukup lengkap karena terdapat bahasa arab, latin serta artinya.

Baca :  Tuntunan Sholat Dhuha, Doa dan Tata Caranya

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Jumat

Sama halnya seperti doa dan dzikir sesudah sholat fardhu, kita sebagai umat muslim meamng sudah sepantasnya untuk bisa menghafalkan bacaan dzikir. Karena bancaan tersebut setidaknya akan selalu di gunakan setiap kali kita selesai melakukan ibadah sholat, termasuk juga setelah selesai sholat jumat. Dengan membaca dzikir tentunya kita akan lebih merasa tenang karena meamng dizkir adalah salah satu obat yang paling mujarab untuk bisa memenangkan hati dan pikiran kita sebagai umat manusia.

Lalu bagaimana jika kita masih belum bisa menghafal bacaan dzikir? maka kalian di perbolehkan untuk bisa menghafalkan bacaan dzikir dan wirid setelah sholat jumat yang pendek-pendek agar bisa kalian halaf dengan mudah. Dan berikut ada beberpa bacaan dzikir dan wirid pendek yang bisa kalian baca atau lafadzkan ketika selesai sholat jumat.

  1. Dzikir Takbir dengan lafadz = Allohu Akbar (Allah Maha Besar)
  2. Dzikir Tasbih dengan lafadz = Subhanalloh (Maha Suci Allah)
  3. Dzikir Tahmid dengan lafadz = Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah)
  4. Dzikir Tahlil dengan lafadz = Laa ilaaha illalloh (Tidak Ada Tuhan Selain Allah)
  5. Dzikir Istighfar dengan lafadz = Astaghfirullohal ‘Adzim (Aku Memohon Ampun Kepada Allah yang Maha Agung)
  6. Dzikir Sholawat Nabi dengan lafadz = Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad Wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad

Lalu berapa kalikah setiap dizikir pendek diatas kita baca setelah sholat jumat? tentunya kalian bisa membacanya sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemauan dan keikhlasan hati kalian ketika membacanya. Dengan membaca dzikir dan doa setelah sholat jumat tentu saja kita akan banyak mendapatkan pahala seabgai bekal kelak diakhirat.

Tidak hanya sampai disitu, ada juga firman ALlah SWT yang masih terkait pada dzikir yang terdapat pada Surat Al-Ahzab ayat 41 & 42 yang berbunyi:

Al-Ahzab Ayat 41-42

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (41), Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang (42)” (QS. Al-Ahzab Ayat 41-42)

Selain itu ada juga firman Allah Lainnya yang terkandung didalam surat Al Jumu’ah Ayat 10 yang berbunyi:

Baca :  Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

Al Jumu’ah Ayat 10

Artinya:
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS. Al-Jumu’ah Ayat : 10)

Bacaan Doa Setelah Sholat Jumat

Tidak ada batasannya kita membaca doa setelah sholat jumat. Karena memang doa merupakan salah satu hal yang tidak bisa dibatasi. Namun begitu ada beberpa doa yang memang di khsusukan untuk dibaca setelah sholat jumat. Dan berikut kami sudah kumpulkan beberapa doa setelah sholat jumat secara lengkap baik dalam bahasa arab, latin, dan juga artinya.

1. Membaca Surat Al Fatihah 7x

Surat Al Fatihah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHI, ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN, ARRAHMAANIRRAHIIM MAALIKI YAUMIDDIIN, IYYAKA NABUDU WAIYYAAKA NASTAIIN, IHDINASHIRRATAL MUSTAQIM, SHIRATALLADZINA AN’AMTA ALAIHIM GHAIRIL MAGHDUUBI ALAIHIM WALADHAALIN

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai di Hari Pembalasan, Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

2. Membaca Surat Al Ikhlas 7x

Surat Al Ikhlas

QUL HUWALLAHU AHAD ALLAHUS-SAMAD LAM YALID WA LAM YULAD WA LAM YAKUL LAHU KUFUWAN AHAD

Artinya:
“Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa Allah tempat meminta segala sesuatu (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia”

3. Membaca Surat Al Falaq 7x

Surat Al Falaq

QUL A’UZU BIRABBIL-FALAQ MIN SYARRI MA KHALAQ WA MIN SYARRI GASIQIN IZA WAQAB WA MIN SYARRIN-NAFFASATI FIL-‘UQAD WA MIN SYARRI HASIDIN IZA HASAD

Artinya:
“Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

4. Memanca Surat An Nas 7x

Baca :  Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Fardhu 5 Waktu

Surat An Nas

QUL A’UZU BIRABBIN-NAS MALIKIN-NAS ILAHIN-NAS MIN SYARRIL-WASWASIL-KHANNAS ALLAZI YUWASWISU FI SUDURIN-NAS MINAL-JINNATI WAN-NAS

Artinya:
“Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

5. Membaca Doa untuk diberi kesehatan dan rejeki lancar

Doa untuk diberi kesehatan dan rejeki lancar

ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA, WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY-SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Artinya:
“Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

6. Membaca Doa setelah Sholat Jumat untuk memohon Ampun

Doa Memohon Ampunan

ALLOOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAA NII SHAGHIIRAA

Artinya:
“Ya Allah, Ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Bapak dan Ibuku) serta kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihani dan mendidikku semenjak kecil”

7. Membaca Doa untuk di mudahkan segala urusan

Doa untuk di mudahkan segala urusan

ALLAHUMMA LAA SAHLA ILLA MAA JA’ALTAHU SAHLAA, WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZA SYI’TA SAHLAA

Artinya:
“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

Diatas merupakan bacaan doa setelah melakukan sholat jumat yang bisa kalian pelajari untuk bisa di hafalkan. Agar nantinya ketika kalian selesai melakukan sholat jumat bisa langsung membaca dzikir dan doa setelah sholat jumat tersebut. Semoga dengan membaca dan menyimak informasi diatas kalian bisa lebih memahami lagi apa makna yang akan kalian peroleh. Dan jangan lupa untuk terus kunjungi niatpuasa.com agar mendapatkan informarsi yang lebih lengkap seputar dunia islami.