Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Terlengkap

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir – Banyak orang yang masih merasa bingung ketika mengerjakan sholat tarawaih dan witir di bualan suci ramadhan. Padahal pahala dari amalan tersebut bisa dibilang sangatlah besar apabila kita melakukannya dengan baik dan benar. Nah mumpung saat ini bulan ramadhan masih belum datang, mungkin akan lebih baik apabila kita belajar terlebih dahulu salah satu adab atau rukun sholat tarawih dan witir yaitu niat sholat tarawaih dan witir.

Besar harapan kami dalam menulis artikel ini agar kalian semua para pembaca setia niatpuasa.com bisa belajar dengan mudah dalam menghafalkan bacaan niat puasa tarawih dan witir. Sehingga ketika nanti saatnya datang yaitu bulan ramadhan menghampiri kita yang disunnahkan untuk setiap malam selama satu bulan penuh untuk mengerjakan sholat tarawih dan witir kita sudah bisa menghafalnya.

Dalam bacaan niat sholat tarawih dan witir pun bisa dikatakan sangatlah mudah dan umumnya kita hanay perlu menghafal satu kali saja karena memang bacaan tersebut tidak pernah berubah dan tidak akan pernah berubah. Dan tentunya didalam melafalkan niat sholat tarawih dan witir ini sebaiknya kita lakukan secara lirih atau bahkan bisa kita lakukan di dalam hati agar apa yang kita kehendaki benar-benar hanya untuk Allah SWT.

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir

Bacaan Niat Sholt Tarawih dan Witir

Bacaan Niat Sholt Tarawih dan Witir

Sholat tarawih sendiri bisa di lakukan berjamaah ataupun juga bisa di kerjakan sendiri dirumah, namun yang jelas keduanya mempunyai bacaan niat sholat tarawih dan witir yang berbeda. Kemudian berapa rakaatnya pun berbeda-beda karena dalam kenyataannya saat ini ada banyak yang mengerjakan sholat tarawih dengan 11 rakaat ada juga yang mengerjakannya dengan 23 rakaat. Dan berikut adalah bacaan niat sholat tarawih dan sholat witir berjamaah dan sendiri yang bisa kalian pekajari.

1. Bacaan Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

Bacaan Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

USHOLLII SUNNATAT’TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA’ALAA

Artinya:
“Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala”

Umumnya akan lebih baik lagi ketika memasuki bulan suci ramadhan kita untuk selalu melakukan sholat sunnah tarawih secara berjamaah, karena sama seperti sholat fardhu atau sholat wajib 5 waktu, apabila dikerjakaan secara berjamaah akan mendapatkan pahala yang lebih dari pada kita mengerjakannya secara sendirian. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan atau keutamaan sholat berjamaah yang akan membuat kita mendapatkan pahala yang lebih dari Allah SWT.

Baca :  Cara Sholat Jamak Maghrib dan Isya Beserta Niatnya

Meski begitu meskipun tidak mengerjakan sholat sunnah tarawih secara berjamaah pun bisa ko, akan tetapi bacaan niat sholat tarawih dan witir yang di bacakan berbeda apabila kalian melakukan sholat tarawih dan witir tersebut secara berjamaah. Yang dimana terdapat imam (pemimpin) yang akan kita ikuti selama sholat sunnah tarawih dan witir tersebut selesai. Dan bacaan niat sholat tarawih dan witir diatas merupakan bacaan untuk kalian yang akan menjadi imam (pemimpin) dalam sholat sunnah di bulan ramadhan ini.

2. Bacaan Niat Sholat Tarawih Sebagai Ma’mum

Bacaan Niat Sholat Tarawih Sebagai Mamum

USHOLLII SUNNATAT’TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA’MUUMAN LILLAAHI TA’ALAA

Artinya:
“Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala”

Sama halnya ketika kita mengerjakan sholat wajib berjamaah, tentunya kita yang menjadi makmum pun diwajibkan untuk membaca niat sholat yang merupakan rukun sholat paling utama. Begitu juga dengan sholat tarawih, yang dimana apabila kita menjadi makmum kita pun harus melafadzkan bacaan niat sholat tarawih dan witir yang mana tentunya sedikit berbeda dengan bacaan niat sholat tarawih untuk yang menjadi Imam.

Meski berbeda dalam pelafalannya, akan tetapi fungsi dari niat sholat tarawih dan witir yang kita baca atau lafadzkan sebagai mamkum tetaplah bertujuan sama yaitu untuk membuat hati kita benar-benar ikhlas dan ridho melakukan sholat sunnah tersebut hanya untuk Allah SWT. Dan diatas bisa kalian pelajari dan hafalkan ketika kalian memang sering menjadi makmum dalam sholat berjamaah khususnya untuk sholat tarawih dibulan ramadhan.

3. Bacaan Niat Sholat Tarawih Sendirian

Bacaan Niat Sholat Tarawih Sendirian

USHOLLII SUNNATAT’TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA

Artinya:
“Saya niat sholat tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”

Kegiatan atau pekerjaan yang memang tidak bisa kita hindari mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu alasan kenapa kita tidak bisa ikur berjamaah dalam melaksanakan sholat tarawih dan witir. Oleh karena itu dalam ajaran agama Islam, sholat sunnah tarawih dan witir ini juga bisa kita kerjakan sendiri di rumah. Dan untuk hal ini maka, jelas bacaan niat sholat tarawih dan witir yang harus kita ucapkan atau lafalkan pun berbeda.

Baca :  12 Fadhilah Sholat Tahajud Menurut Al-Quran & Hadits

Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, kami juga memberikan setidaknya lafadz bacaan niat sholat tarawih dan witir untuk mengerjakan sendiri, sehingga bisa di bilang informasi ini cukup lengkap untuk bisa kalian jadikan sebagai referensi belajarnya. Untuk bacaannya niatnya sendiri sudah kami sampiakan secara jelas dalam bahasa arab, latin, beserta artinya sehingga kalian benar-benar bisa memahaminya dengan baik dan benar.

Apabila dalam menghafal bacaan niat sholat tarawih diatas kalian sudah mulai bisa menghafalnya, sebaiknya lanjutkan membaca artikel ini sampai habis. Sebab, dalam artikel terbaru dari niatpuasa.com ini kami juga akan memberikan informasi mengenai bacaan niat sholat witir yang biasanya di kerjakan sejumlah 3 rakaat, sekaligus menjadi sholat penutup tarawih setiap malamnya selama satu bulan penuh di bulan ramadhan.

4. Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat

USHOLLI SUNNATAL WITRI RAK’ATAN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’ALA

Artinya:
“Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala”

Sholat witir bisa di kerjakan 1 rakaat hingga 3 rakaat, namum yang paling umum di kerjakan dalam sholat sunnah tarawih di daerah saya adalah 3 rakaat. Sehingga jumlah total sholat tarawih dan witir ada yang 11 ada yang 23 rakaat. Meski terdapat perbedaan jumlah sholat tarawih di setiap daerhanya, namun bacaan niat tarawih dan witir tetaplah sama. Yang mana untuk lafadz diatas merupakan lafadz untuk niat sholat witir satu rakaat.

5. Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat

Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat

USHOLLI SUNNATAL WITRI RAK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’ALA

Artinya:
“Saya niat sholat witir dua rakaat menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala”

Seperti kami jelaskan diatas, sholat witir yang juga merupakan sholat penutup di akhir sholat sunnah tarawih, entah itu kita kerjakan secara berjamaah bisa di kerjakan dengan 1 hingga 3 rakaat. Apabila di atas merpakan bacaan niat sholat tarawih dan witir untuk satu rakaat, maka diatas merupakan bacaan niat sholat witir untuk 2 rakaat.

Baca :  13 Keistimewaan Sholat Tahajud yang Mengagumkan

6. Bacaan Niat Sholat Witir 3 Rakaat

Bacaan Niat Sholat Witir 3 Rakaat

USHOLLI SUNNATAL WITRI TSALAATSA RAKA’AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’ALA

Artinya:
“Saya niat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala

Dan bacaan niat sholat witir yang terakhir atau yang memiliki tiga rakaat adalah seperti diatas. Yang mana dari ketiga bacan niat sholat witir tersebut sama-sama mudah untuk di hafalkan dan dai amalkan.

Itulah bacaan niat sholat tarawih dan witir yang bisa kalian jadikan sebagai bahan belajar apabila kalianingin menghafalkannya. Dimana kami sajikan dengan cukup lengkap baik dalam bahasa arab, latin, dan juga artinya. Dengan begitu selain kalian bisa menghafalkannya dengan baik dan benar, kalian juga akan mengerti dari makna setiap bacaan niat sholat tarawih dan witir diatas. Dan akhir kata semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan juga bisa menjadi referensi bagi kalian.