9 Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah Paling Utama

Manfaat Shalat Istikharah – Umumnya manusia di ciptakan tak terlepas dari masalah yang akan membelit mereka. Hanya saja takaran untuk setiap orang tidaklah sama karena Allah suda mentakdirkan itu semua sebelum kita dilahrikan ke dunia ini. Hal yang paling berat dalam menghadapi masalah adalah pilihan-pilihan yang begitu sulit serta cenderung membuat hati berat untuk memilihnya. Namun mau tidak mau pilihan tersebut harus tetap di ambil karena memang itu jalan satu-satunya.

Dan hal tersebut biasanya membuat kita harus benar-benar jernih dan juga tenang dalam menentukan pilihan yang sulit. Meski begitu jalan takdir yang sudah di tumpahkan kepada kita adalah jalan yang terbaik yang sudah allah berikan karena rencana Allah memang tidak bisa di tebak. Oleh karena itu dalam menentukan pilihan yagn sulit tersebut, sudah disediakan caranya yaitu dengan shalat Istikharah. Yapz manfaat shalat Istikharah tesebut memang benar-benar begitu besar dalam menentukan pilihan yang sulit dalam kedhidupan ini.

Melakukan shalat Istikharah setidaknya akan membuat kita bisa menentukan pilihan dengan cara yang bijak, tanpa emosi dan tanpa ego yang harus menghantuinya, bahkan rasa penyesalan mungkin tidak akan didapat ketika kita bisa merasakan manfaat shalat Istikharah tersebut. Namun perlu kami perjelas disini, bahwa dengan kita melakukan shalat Istikharah, bukan berarti kita akan langsung mendapatkan solusi terbaiknya.

Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah Menurut Islam

Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah

Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah

Karena pada dasarnya dengan melaukan shalat Istikharah setidaknya akan membantu kita sebagai umat manusia untuk bisa lebih menenangkan diri dan sejenak bisa keluar dari persoalan yang begitu membelit dalam hidup kita, sehingga dengan hati yang mantap kita bisa menentukan pilihan yang paling tepat dalam menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Selain membuat hati dan pikiran lebih tenang, tentu saja ada banyak sekalia keutamaan dan manfaat shalat Istikharah yang akan kita peroleh, sebagaimana akan kita bahas berikut ini.

1. Bisa Menenangkan Diri

Salah satu keutamaan dan manfaat shalat Istikharah yang paling utama dalam kehidupan kita adalah bisa membuat hati dan pikiran tenang sebagaimana telah kami sampaikan diatas. Dengan hati dan pikiran yang tenang maka setiap masalah sesulit apapun akan bisa kita hadapi dengan tenang, meskipun dalam masalah tersebut kita di hadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit dan mau tidak mau harus memilihnya hanya karena solusi terseutlah yang bisa menyelesaikan masalah.

Jika pikiran dan hati pun tidak tenang maka hal tersebut bisa-bisa akan memberikan dampak yang salah dan membuat kita menyesali apa yang sudah ktia pilih. Karena pada dasarnya pikiran dan hati yang tidak tenang cenderung selalu merasa panik dan mengambil keputusan secara secara cepat tanpa berfikir panjang kedepannya. Oleh karena bagi kalian yang saat ini sedang tersandung masalah baik itu berat ataupun ringan dalam hidup biasakanlan untuk melakukan sholat Istikharah karena memang manfaat shalat Istikharah ini sangatlah besar.

Baca :  Tata Cara Sholat Mayit, Niat, Doa, dan Bacaannya

2. Menyerahkan Hasil Apapun Pada Allah

Bukan hanya akan dapat menenangkan hati dan pikiran manfaat shalat Istikharah juga akan bisa kira rasakan karena kita benar-benar menyerahkan hasil apapun dari masalah yang sedang kita hadapi hanya kepada Allah SWT. Tentunya dengan diiringi keridhoan Allah SWT maka, hal ini tentu jauh lebih baik daripada kita menyesai apa yang sudah kita pilih kedepannya.

Dengan tanpa berpikir panjang dan bertawaqal kepada Allah SWT, biasanya manusia akan langsung menghakimi diri sendiri karena apa yang sudah mereka perbuat. Padahal apapun yang kita lakukan di bumi ini sidah di takdirkan dan di tuliskan oleh Allah, maka tidak salah apabila kita memohon pertolongan kepada Allah. Hal ini jgua sudah tercantum pada sebuah surat di dalam Al-Quran yang berbunyi

QS At-Taubah Ayat51

Artinya:
“Sekali kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yang beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

3. Membulatkan Kemantapan Hati

Manfaat shalat Istikharah selanjutnya juga bisa digunakan untuk membulatkan kemantapan hati dalam memilih sebuah solusi untuk bisa menyelesaikan masalah. Namun bukan berarti ketika kita selesai shalat Istikharah Allah akan langsung memberikan jawaban atau solusi terhadap masalah yang sedang kita hadapi. Justru dengan kita melaksanakan shalat Istikharah secara tidak langsung Allah akan memberikan kita kemantapan hati dalam memilih solusi yang ada dalam masalah yang sedang kita hadapi.

Tentunya hal tersebut juga akan bisa kita dapatkan ketika kita bisa mengerjakan sholat Istikharah ini secara baik dan benar sesuai dengan adab shalat yang ada dan juga di lakukan secara rutin atau berkali-kali. Maka kemantapan hati yang benar-benar akan di turunkan oleh Allah kepada kalian. Manfaat shalat Istikharah ketika kita mengerjakannya secara rutin akan bisa kita dapatkan kapan saja dan dimana saja, tidak saat setelah kita selesai mengerjakan shalat tersebut.

4. Membuat Terhidar dari Bisikan Setan

Tentunya ada banyak sekali hal-hal yang tidak bisa kita duga dalam kita menyeleasikan masalah, salah satunya adalah bisikan setan yang benar-benar mengusik hati dan pikiran. Hal tersebut jelas bisa diraskan setiap orang karena memang pada saat kita sedang mengalami masalah yang berat, dengan hati yang gundah dan pikiran yang kosong membuat setan lebih mudah menghasut kita.

Dan tentunya dengan kita rutin mengerjakan shalat Istikharah dengan baik dan benar, maka bisa di pastikan bisikan dan hasutan setan itu pun tidak akan pernah terjadi. Hal ini tentu saja merupakan salah satu manfaat shalat Istikharah yang akan kita dapatkan, karena pada dasarnya hal ini juga sudah di siratkan pada Al-Quran yang dimana Allah menerangkan bahwa dengan mengerjakan shalat, baik shalat fardhu ataupun shalat sunnah akan dapat menjauhkan perbuatan keji, munkar, bisikan syetan yang menggoda.

Baca :  Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap & Mudah di Pahami

5. Dapat Memilih dengan Pertimbangan Agama

Segala hal atau urusan yang kita hadapi sepenuhnya ditangani Allah SWT, Oleh karena itu sudah sepantasnya kita sebagai hambanya selalu memohon pertolongan agar apa yang sedang kita hadapi bisa terselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan hal apapun. Sama halnya seperti manfaat sholat tahajud, dalam kita mengerjakan shalat Istikharah, kita juga akan banyak mendapatkan manfaat dan keutamaan salah satunya yaitu kita dapat memilih pilihan dengan pertimbangan agama.

Yapz, hal tersebut merupakan satu dari banyaknya manfaat shalat Istikharah yang bisa kita peroleh ketika kita kerjakan sesuai dengan apa yang telah di contohkan. Bahkan hal terkait urusan yang sepenuhnya di tangani oleh Allah juga sudah tersirat pada sebuah didalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 154 yang berbunyi

QS-Ali-Imran-Ayat-154

 

Artinya:
“Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: “Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?”. Katakanlah: “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah”. Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: “Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini”. Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati.

6. Ikhlas dan Lurus dalam Memilih Karena Allah

Kemudian manfaat shalat Istikharah yang selanjutnya tentu saja akan lebih membuat kita bisa ikhlas dan lurus dalam menghadapi pilihan yang sulit hanya kepada Allah dan hanya untuk Allah SWT. Dengan melakukan shalat Istikharah setidaknya kita sudah berusaha untuk menerima apapun itu dengan hati yang lapang dan ikhlas. Karerna dengan shalat Istikharah, kita benar-benar menundukan hati kita.

Hal ini juga telah disertakan pada surat Asy Syuara ayat 217-219 yang berbunyi

QS Asy-Syuara-ayat-217-219

Artinya:
“Dan bertawakkallah[6] kepada (Allah) Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang, 218. [7]yang melihat engkau ketika engkau berdiri (untuk shalat), 219. dan (melihat) perubahan gerakan badanmu[8] di antara orang-orang yang sujud.”

7. Mendapatkan Pahala

Telah disampaikan lewat sebuah hadits sohih dari seorang Amr bin Auf bin Zaid Al Muzaini yang menjelaskan tentang salah satu sabdar Rasulullah Muhammad SAW yang berbunyi “Barangsiapa yang telah menghidupkan satu Sunnah dari Sunnah-Sunnah ku dan diamalkan oleh manusia, maka dia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah).”

Baca :  30 Fadilah Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Oleh karena itu, bagi kalian yang secara bergegas bisa melaksanakan shalat Istikharah, maka kalian akan mendapatkan ganjaran atau pahala dari Allah yang begitu besar. Dan hal tersebut merupakan salah satu dari manfaat shalat Istikharah yang akan kita peroleh, yaitu akan mendapatkan pahala di luar pahala kita mengerjakan shalat wajib 5 waktu.

8. Menutupi Kekurangan Shalat Wajib

Keutamaan dan manfaat shalat Istikharan yang berikutnya juga bisa menjadi salah satu keberkahan dalam kita sebagai umat islam mengamalkan sebuah kewajban. Yang dimana dijelaskan bahwa shalat Istikharah juga bisa menjadi shalat penutup (pelengkap) shalat wajib yang telah ditinggalkan seorang muslim.

Ini jelas tersirat pada sebua hadits dari Abu Hurairah yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan dihisab atau dihitung pada manusia di hari Kiamat kelak adalah ialah Sholat. Allah Azza Wa Jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia lah yang lebih tau”.

9. Terhindar dari Dosa Musyrik

Sementara itu dengan masalah yang begitu membelit pada setiap manusia membuatnya kadang lalai bahwa mereka memiliki Allah SWT yang akan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan kadang apabila iman kita tidak kuat akan membuat kita melenceng jauh dari ajaran agama islam dengan melakukan hal-hal bodoh termasuk musyrik.

Oleh karena itu perlu kalian ketahui bahwa salah satu manfaat shalat Istikharah yang paling utama adalah membuat kita terhindar dari dosa Musyrik yang mempunyai nilai dosa begitu besar. Hal ini jelas tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi

QS AL-Baqarah-186

Artinya:
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

Itulah beberapa keutamaan dan manfaat shalat Istikharah yang akan kita dapatkan ketika rutin mengerjakannya secara baik dan benar sesuai dengan adab shalat yang ada. Dan untuk waktu pengerjaannya pun bisa kapan saja, namun jauh lebih baik apabila di kerjakan pada malam hari seperti tuntunan sholat tahajud yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Dan semoga saja apa yang kami jelaskan dan sampaikan diatas bisa bermanfaat.