Tuntunan Shalat Istikharah Dalil dan Keutamaannya

Tuntunan Shalat Istikharah – Banyak sekali amalan yang penting dan bisa kita pelajari sebagai umat muslim. Satu diantaranya adalah shalat Istikharah atau istikhoroh. Karena shalat sunnah yang satu ini banyak memiliki keutamaan, yang bisa didapat ketika kita selalu mengerjakannya. Selain untuk memudahkan kita mendapatkan jodoh, melakukan shalat Istikharah juga akan dapat mempermudah kita ketika sedang mengahadapi sebuah masalah dan pilihan hidup.

Adapun tata cara mengerjakan shalat Istikharah bisa dibilang tdak jauh berbeda dengan shalat pada umumnya, sehingga pengerjaanya akan terasa mudah bila kalian sudah sering melaksanakan shalat wajib ataupun shalat sunnah lainnya. Yang jelas dalam tuntunan shalat Istikharah tentu ada beberapa hal yang mesti dan harus kalian ketahui, sehingga tidak akan sia-sia hasil atau pahala yang akan kita raih dari pelaksanaan shalat Istikharah tersebut.

Bilamana saat ini kalian masih belum jelas mengenai tuntunan shalat Istikharah, maka sebaiknya simak dengan jelas dan seksama informasi terbaru niat puasa yang satu ini. Karena pada pembahasan kita kali ini akan mengulas dan menjelaskan secara detail mengenai shalat Istikharah mulai dari bacaan niat shalat Istikharah, Waktu Pengerjaan, dan juga Doa-doa yang dianjutkan agar di baca setelah selesai mengejakannya.

Tuntunan Shalat Istikharah Terlengkap

Tuntunan Shalat Istikharah

Tuntunan Shalat Istikharah

Tidak bisa di pungkiri bahwa dalam kehidupan di dunia ini, kita selalu di hadapkan pada dua pilihan-pilihan sulit namun mau tidak mau kita tetap harus memilihnya karea memang itulah jalan yang terbaik yang di berikan oleh allah. Namun hal yang paling menyulitkan adalah menentukan satu dari pilihan-pilihan yang sulit tersebut, agar kedepannya tidak akan merasa menyesal. Maka dari itu mengerjakan shalat Istikharah bisa menjadi langkah yang tepat, adapun untuk tuntunan shalat Istikharah yang benar bisa kalian simak berikut ini.

Baca :  Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir dengan Bahasa Latin

1. Kapan Shalat Istikharah Dilaksanakan

Amalan yang bisa dikatkan identik dengan cara mencari jodoh dimasa modern ini sebenarnya bisa di lakukan kapanpun, bahkan ketika kalian sedang merasa bahagia ataupun sedang tidak dalam keadaan bingung dengan adanya pilihan hidup yang ada. Hal tersebut karena selama ada perkara yang memang harus membutuhkan pilihan, maka Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk mengerjakan shalat Istikharah. Sebagai mana sabda yang beliau katakan

“Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam ternyata mengajarkan para sahabat untuk shalat istikharah di berbagai perkara”

Lalu siap saja yang boleh mengerjakan shalat Istikharah?, tentunya lewat tuntunan shalat Istikharah yang Allah dan Rosullulah ajarkan, siapapun boleh mengerjakan shalat sunnah yang satu ini akan tetapi lebih dianjurkan kepada mereka orang-orang yang memiliki kegundahan hati dala hidupnya akan pilihan yang harus mereka pilih. Maka dari itu, untuk lebih memantapkan hati mereka dalam memutsukannya, shalat Istikharah adalah jawan terbaiknya.

Selain sabda Rasulullah diatas, teranyata ada pula firman Allah SWT terkait tuntunan shalat Istikharah yang mana firman tersebut berbunyi

QS-AL-Baqarah-216

Artinya:
“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 216)

2. Bukan Sekedar Hanya untuk Mencari Jodoh

Saat ini banyak sekali orang yang mengkaitkan shalat Istikharah merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan atau mencarai jodoh terbaik dalam hidup ini. Dan hal tersebut entah itu yang dimaksud dalam proses pencarian, memperlacar jalan ke jenjang pernikahan, atau akan dimudahkannya dalam mendapatkan jodoh yang sesuai dan terbaik.

Baca :  Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Sesuai Sunnah

Yang jelas dalam tuntunan shalat Istikharah jelas di katakan, bahwa ketika kita selalu bisa mengerjakan sebuah amalan termasuk amalan shalat Istikharah, kita tidak hanya akan di permudah dalam proses pencarian jodoh saja. Namun dalam hal ini kita juga akan di permudah dalam pengambilan sebuah keputusan atau pilihan yang ada didalam hidup kita. Dan hal tersebut memang sudah dijelaskan secara gambalang oleh beberpa firman Allah dan Hadits terkait shalat Istikharah.

3. Penjelasan Doa & Dalil Shalat Istikharah

Seperti diatas sudah kami sampaikan bahwasannya dalam tuntunan shalat Istikharah, kita tidak hanya akan mendapatkan kemudahan dalam proses pencarian jodoh, namun pada kenyataannya dengan melaksanakan shalat Istikharah kita juga akan senantiasa di karuniai oleh Allah SWT berupa kemantapan hati pada setiap pilihan hidup yang ada baik itu bersifat ringan ataupun bersifat berat sekalipun.

Dan tentunya, dalam ajaran agama islam juga sudah tertera beberpa dalil tentang shalat Istikharah. Yang dimana dalil tersebut jelas menjadi acuan bagi setiap umat muslim dan mislimmah untuk bisa mengerjakan shalat Istikharah dengan baik dan benar. Adapun berikut adalah Dalil shalat Istikharah yang patut untuk kalian ketahui.

Dalil-Sholat-Istikharah

Dalam hal ini, Rasulullah SAW dikatakan pernah mengajari para sahabatnya agar mereka senantiasa untuk bisa mengerjakan shalat Istikharah di dalam setiap urusan yang mereka miliki dalam hidup mereka. Sebagaimana beliau juga mengajarkan surat yang terkandung didalam Al-Quran.

Yang dimana dalam tuntunan shalat Istikharah ini, beliaujuga pernah bersabda: Apabila kalian hendak melaksanakan sebuah perbuatan, maka kerjakanlah shalat 2 rakaat dari selain shalat fadhu atau shalat wajib yang kemudian setelah selesai bacalah doa sebagai berikut

Doa Setelah Sholat Istikhoroh

“ALLAHUMMA INNI ASTAKHIRUKA BI ‘ILMIKA, WA ASTAQDIRUKA BI QUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKA, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU, WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUB. ALLAHUMMA FA-IN KUNTA TA’LAMU HADZAL AMRO (SEBUT NAMA URUSAN TERSEBUT) KHOIRON LII FII ‘AAJILI AMRII WA AAJILIH (AW FII DIINII WA MA’AASYI WA ‘AQIBATI AMRII) FAQDUR LII, WA YASSIRHU LII, TSUMMA BAARIK LII FIIHI. ALLAHUMMA IN KUNTA TA’LAMU ANNAHU SYARRUN LII FII DIINI WA MA’AASYI WA ‘AQIBATI AMRII (FII ‘AAJILI AMRI WA AAJILIH) FASH-RIFNII ‘ANHU, WAQDUR LIIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIH.”

Baca :  12 Fadhilah Sholat Tahajud Menurut Al-Quran & Hadits

4. Keutamaan Shalat Istikharah

Setiap shalat atau amalan yang di sunnahkan atau diwajibkan dalam islam tentu saja mempunyai manfaat dan keutamaan. Dalam tuntunan shalat Istikharah kali ini juga akan kami jelaskan beberapa keutamaan dan manfaat shalat Istikharah yang bisa kalian peroleh salah satunya adalah bisa menumbuhkan sifat tawakal yang mana sifat tersebut sudah senantiasa untuk kita lakukan kepada Allah atas segala apa yang telah diberikan kepada kita.

Selain itu keutamaan shalat Istikharah juga akan bisa membuat atau menambah keberkahan di dalam setiap amalan yang kita kerjakan. Bahkan tuntunan shalat Istikharah yang ada juga mengajarkan kita untuk bisa menghilangkan keraguan terhadap apa yang akan kita pilih nantinya. Dan untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan keutamaan shalat Istikharah bisa kalian simak pada informasi niatpuasa.com sebelumnya.

Nah itulah kiranya rincian terkait tuntunan shalat Istikharah yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menjadi sebuah inforamsi bermanfaat dan tentunya bisa menjadi materi pembelajaran kita bersama. Sekian dan terimakasih.