Tuntunan Sholat Dhuha, Doa dan Tata Caranya

Tuntunan Sholat Dhuha – Halo semuanya Assalamualaikum apa kabar kalian hari ini? semoga senantiasa tengah di beri kesehatan dan kebahagiaan, Amin. Sebenarnya masih cukup banyak sekali materi atau pembahasan yang ingin saya sampaikan di blog kesayangan ini. Tentunya semua materi itu berkaitan dengan agama Islam baik tentang puasa, sholat, doa, ataupun hal lainnya, jadi selain bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian semua, saya disini juga sekaligus belajar tentang agama Islam, oleh karenanya sangat senang sekali rasanya bisa rutin mengupdate artikel di sini.

Nah pada kesempatan kali ini, seperti tertulis pada judul artikel yang sudah kalian baca, saya akan memberikan informasi mengenai tata cara sholat dhuha, doa, dan tuntunan sholat dhuha yang mungkin saja ada di antara pembaca setia blog niatpuasa.com ini yang belum memahaminya. Namun sebelum membahas pada topik utama kita yakni tentang tuntunan sholat dhuha. Terlebih dahulu akan saya jelaskan sendikit mengenai apa itu sholat dhuha, jadi bagi kalian yang masih belum memahaminya silahkan simak informasi berikut dengan baik.

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang di kerjakan pada saat naiknya matahari setinggi tombah hingga waktu zawal atau wajtu menjelang sholat dzuhur. Tentunya dengan adanya perbedaan waktu disetiap daerah akan lebih mudah apabila kita menjadikan jam sebagai waktu penunjuknya. Dan setiap kali melakukan sholat dhuha kita harus mengerjakannya dengan dua rakaat sampai dengan 12 rakaat. Namun umumnya mungkin hanya dua rakaat yang sering di pakai oleh setiap orang.

Tuntunan Sholat Dhuha, Doa dan Tata Caranya

Tuntunan Sholat Dhuha Lengkap

Tuntunan Sholat Dhuha Lengkap

Karena memiliki sifat sunnah, tentunya kita sebagai umat muslim yang ingin mengerjakannya tentu saja sesuai dengan kemamapuan setiap individual sama halnya ketika kita melakukan sholat hajat. Namun begitu melakukan sholat dhuha secara rutin jauh lebih baik bagi kehidupan kita di dunia maupun di akhirat, karena diyakini akan mempermudah segala urusan yang ingin kita capai. Mengambil inti sari dari pengertian secara umum diatas, tentu saja kita bisa menyimpiplkan bahwa sholat dhuha bisa di kerjakan pada pukul 08.00-10.00 WIB, atau bisa di sesuikan dengan daerah tempat tinggal kalian.

Sebelum kita membahas mengenai topik utama yang akan kita bahas pada kesemaptan kali ini yaitu tentang apa saja tuntunan sholat dhuha yang harus kita penuhi agar sholat dhuha yang kita kerjakan di jabah oleh Allah SWT, terlebih dahulu akan kita jabarkan lebih dulu apa saja yang termasuk dalam tuntunan sholat dhuha itu. Nah dari informasi yang sudah ada setidaknya ada 4 tuntunan sholat dhuha itu sendiri, antara lain

  • Niat Sholat Dhuha
  • Tata Cara Sholat Dhuha
  • Doa Setelah Sholat Dhuha
  • Keutamaan Sholat Dhuha

Setelah mengetahui apa saja tuntunan sholat dhuha seperti kami sampaikan diatas, dari pada bicara panajang lebar, mungkin kita mulai saja yah pembahasannya satu persatsu. Jadi silahkan kalian simak informasi lengkapnya berikut ini.

Baca :  Hukum Shalat Kafarat di Jumat Akhir Ramadhan

Niat Sholat Dhuha

Sama seperti sholat lainnya, dalam tuntunan sholat dhuha dan tentunya rukun sholat duha niat juga menjadi salah satu hal yang harus di kuatkan sebelum menjalankannya. Hal ini di karenakan agar hati dalam keadaan mantap dalam memohon kepada Allah SWT. Adapun didalam melakukan niat dilakukan secara bersamaan dengan takbiratul ihram. Perlu di ketahui pula bahwa sholat dhuha juga dilakukan secara munfarid (tidak berjmaan) atau sendiri. Adapun bacaan niat sholat dhuha adalah sebagai berikutNiat Sholat Dhuha

USHOLLI SUNNATATD-DHUHA RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA

Artinya:
“Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala”

Tata Cara Sholat Dhuha

Selain kita harus menaati tuntunan sholat dhuha agar apa yang kita inginkan cepat terkabul dan di dengar oleh Allah SWT, tentunya kita juga harus bisa melaksanakan sholat dhuha ini dengan cara yang benar sesuai dengan rukun sholat dhuha yang baik dan benar. Adapun bila mengacu pada inforamsi yang ada, tercatata setidaknya ada 14 rukun sholat dhuha yang harus di kerjakan oleh setiap individual yang akan melaksanakan sholat sunah dhuha ini. Adapun 14 rukun tersebut antara lain

  • Membaca niat sholat dhuha yang bisa kalian ucapkan secara lisan ataupun didalam hati, namun yang mungkin paling terasa adalah niat yang di lakukan di dalam hati
  • Membaca takbiratul ihram disertai dengan gerakan mengangkat kedua telapak tangan hingga ke sisi telinga
  • Sama seperti sholat lainnya baik sholat wajib ataupun sholat sunah, dalam tuntunan sholat dhuha kalian juga harus berdiri (bagi yang mampu)
  • Membaca surat Al-Fatihah setiap rokaat yang di kerjakan dan pada rokaat pertama di sunahkan untuk membaca surat Asy-Syams sedangkan pada rakaat kedua disunahkan membaca surat Ad-Dhuha. Dan pada rakaat berikutnya untuk tiap rakaat pertama disunahkan membaca surat Al-Kafirun dan rakaat kedua membaca Surat Al-Ikhlash.
  • Melakukan gerakan Ruku
  • Kemudian melakukan gerakan ‘Itidal
  • Lalu sama persis dengan sholat pada umumnya, setelah itu kalian juga harus melakukan sujud dua kali
  • Tuma’ninah atau tenang didalam gerakan ruku, sujud, dan duduk diantara dua sujud dan ‘Itidal
  • Melakukan gerakan Tasyahud Akhir dan membaca doanya
  • Membaca sholawat kepada Nabi agung Muhammad SAW
  • Dilanjutkan untuk duduk melakukan tasyahud akhir dan melafadzkan shalawat salam
  • Kemudian dilanjutkan dengan salam yang pertama
  • Semua itu di lakukan secara tertib dan tenang

Diharapkan ketika menjalankan rukun dalam tuntunan sholat dhuha seperti yang sudah kami sampaikan, kalian bisa menjalankannya dengan hati yang iklas dan lapang dada serta membawa sikap pasrah kepada sang khalik Allah SWT. Hal tersebut di lakukan agar semua doa yang kita panjatkan didalam sholat dhuha bisa di terima oleh Allah SWT dengan sempurna.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

Sama seperti sholat sunah taubat nasuha ataupun sholat hajat, dalam sholat sunah ini juga mempunyai keutamaan yang pastinya bisa membuat setiap muslim akan mendapatkan apa yang ia inginkan. Dan tentunya dengan mengetahui apa-apa saja keutamaan sholat dhuha tentunya kami berharap kalian yang saat ini sedang membaca informasi tetang tuntuan shohat dhuha akan lebih meningkatakan keimnanan dan kepasrahan hidup kita kepada Allah SWT. Dan berikut adalah beberapa kutamaan sholat dhuha yang bisa kita pelajari bersama.

  • Sholat Dhuha Kita Jadikan Sebagai Sedekah
Baca :  Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Terlengkap

Sedekah bukan hanya dalam bentuk materi saja akan tetapi dengan kita selalu taat kepada allah dan selalu menjalankan sunah Rasulullah SAW juga secara tidak langsung kita sudah bersedekah. Dengan melaksanakan sholat dhuha sebenarnya kita juga sudah memperoleh nilai sedekah sesuai dengan hadist dari Abu Dzar al-Ghifari RA, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan shadaqahnya. Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh kepada kebaikan adalah shadaqah dan melarang berbuat munkar adalah shadaqah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat. (HR. Muslim)

Dengan begitu tidak hanya akan mendapatkan sebuah ridho dari Allah SWT dan juga terkabulnya doa yang selalu kita panjatkan kepada Allah SWT, ketika kita secara rutin melakukan sholat dhuha kita pun secara tidak langsung tengah mengumpulkan pahalan dari sedekah yang bisa kita jadikan sebagai belak kelak di akherat.

  • Sholat Dhuha Mempunyai Kesetaraan dengan Pahala Umrah

Tuntunan sholat dhuha menjadi salah satu pegangan yang kuat bagi kita sebagai umat muslim untuk bisa selalu mengerjakan sholat dhuha ini. Dimana dalam hal ini terdapat banyak sekali keutamaan yang akan kita peroleh, selain akan menjadi bekal sedekah, ternyata keutamaan sholat dhuha juga bisa menjadikan kita memperoleh pahala umrah apabila kita melakasankannya secara rutin dan tentunya sesuai dengan rukun sholat dhuha yang ada.

Hal ini jelas tertuang pada hadist nabi dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW yang bersabda:

Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah. (Shahih al-Targhib: 673)

  • Akan di Bangunkan Rumah di Surga

Tidak hanya sampai disitu, ketika kita secara konsisten mengerjakan sholat dhuha dengan baik dan benar setiap harinya, maka Allah SWT sudah menjamin akan di bangunkannya sebuah rumah di surga ketika kelak kita sudah meninggal. Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mendapatkan tempat terindah di sisi tuhan perbanyaklan beribadah kepada Allah dan selalu menjalnkan setiap perintah dan larangan yang sudah di tetapkan oleh Allah. Adapun perihal ini juga sudah tercantum pada sebuah hadis nabi Muhammad SAW yang bersabda:

Barang siapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga. (Shahih al-Jami’: 634)

  • Pastinya Akan Menyehatkan Tubuh
Baca :  13 Keistimewaan Sholat Tahajud yang Mengagumkan

Banyak sekali efek positif yang bisa kita dapat dari anjuran-anjuran ibadah umat Islam yang telah di berikan dan di tetapkan oleh Allah SWT, tidak terkecuali sholat dhuha ini. Dimana dalam info seputar tuntunan sholat dhuha terkait dengan keutamaanya, menyebutkan bahwa sholat dhuha akan membuat kita memiliki kesehatan tubuh yang sangat baik karena setiap kali kita melaksanakannya di waktu pagi, kita bisa di katakan sudah melakukan sebuah olahraga ringan dimana semua otot dan persendian bergerak.

Tidak hanya sampai disitu, bahkan dengan kita melakukan secara konsisten sholat dhuha di pagi hari kita juga akan membuat peredaran darah yang ada pada tubuh kita bisa mengalir secara lancar. Oleh karena itu kesehatan tubuh pun akan semakin terjaga.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Dan tuntunan sholat dhuha yang terakhir adalah membaca doa setelah kita selesai melakukan sholat dhuha. Hal ini disunahkan oleh Rasulullah SAW. Lalu apa doa yang harus kita panjatkan setelah selesai melakukan sholat dhuha? sebenarnya tidak ada batasan doa yang harus kita bacakan, karena kita di perbolehkan membaca doa sesuai dengan kemampuan kita. Namun umumnya doa yang selalu di panjatkan adalah doa tetang semau keselamatan, kebaikan, dan tetang hajat yang tengah kita inginkan.

Sementara itu dalam membaca doa setelah sholat dhuha, ada juga adab-adab yang harus kita jaga agar jangan sampai terlewatkan. Salah satu ada yang di haruskan ialah menyebut nama Allah SWT, mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT dan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dan bagi kalian yang masih bingun mau membaca doa apa setelah sholat dhuha, berikut ada bacaan doa yang bisa kalian panjatkan.Doa Setelah Sholat Dhuha

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya:
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Nah itu dia beberapa informasi terkait tat acara sholat dhuha, waktu sholat dhuha, pengertian sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha serta tuntunan sholat dhuha yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga dengan menyimak informasi yang sudah kami sampaikan diatas kalian yang sedang mencari pemahaman tentang keutamaan serta tuntunan sholat dhuha bisa mendapatkan semua hal yang sedang kalian cari. Dan pastinya semoga informasi diatas bisa menjadi media untuk kita belajar bersama.