Cara Sholat Taubat Nasuha dan Bacaan Lengkap

Cara Sholat Taubat Nasuha – Sholat taubat adalah salah satu sholat sunah yang dilakukan dengan dua rakaat dan merupakan salah satu bentuk permohonan ampun dan pertaubatan kita kepada Allah SWT. Dalam pengerjaannya sendiri sholat taubat tidaklah jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Namun yang perlu di ketahui ialah sholat taubat hanyalah dilakukan dengan sekali salam.

Adapun sholat taubat termasuk pada sholat sunah yang dilakukan karena sebab sama halnya dengan sholat hajat yang di tujukan untuk meminta sesbuah hajat atau keinginan kepada Allah SWT agar segera di kabulkan. Semantara sholat taubat merupakan sholat yang di lakukan karena sebab untuk meminta ampun (taubat) atas semua kesalaman dan juga dosa yang pernah di lakukan.

Sebagai penjelasan, selain sholat sunah yang dilakukan dengan sebab ajaran agama Islam juga menyarankan agar semua umat muslim melakukan sholat sunah yang dilakukan karena untuk mengikuti sunah rasulullah secara bulat tanpa adanya sebab atau yang lainnya. Adapun sholat sunah yang termasuk ialah, sholat tahajud, sholat dhuha, dan sholat tahiyatul masjid dan lain-lain.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Jika kalian merasa memiliki dosa baik dosa besar ataupun dosa kecil yang dilakukan sencara sengaja ataupun tidak, mungkin melakukan sholat taubah dengan sungguh-sungguh bisa menjadikan kalian lebih merasa tenang karena seperti diatas kami sampaikan, selain cara sholat taubat nasuha sangat gampang, dengan melaukannya kalian pastinya memiliki kebesaran dan kesungguhan untuk meminta ampun kepada sang khalik.

Sementara itu, bagi kalian yang bertanya apa sih artinya taubat? sesuai dengan inforamsi yang kami peroleh taubat merupakan sebuah hal yang diamali setiap orang yang menyesali atas segala perbuatan dosa yang disengaja ataupun tidak baik dosa kecil ataupun dosa besar, dan benar-benar atau bersungguh-sungguh bertekad dan berniat untuk tidak mengulanginya kembali disertai permohonan atau permintaan ampun kepada Allah SWT.

Manusia dan Kesalahan

Jika kita pernah mendengar pepatah arab yang mengatakan bahwa manusia adalah tempatnya salah, khilaf, dan lupa mungkin pepatah tersebut benar adanya. Walau secara spesifik pepatah tersebut tidak bisa dianggap sebagai dalil yang kuat, namun nyatanya kita sebagai manusia pastinya pernah melakukan salah, khilaf, dan juga lupa yang merupakan karakterisitik sejati dari sifat manusia.

Bahkan dari beberapa sejarah yang ada di dunia Islam, ketika penciptaan manusia yang pertama juga sudah di warnai dengan kesalahan dan dosa. Yang dimana hal tersebut di lakukan oleh Nabi Adam as yang ketika pertama kali di ciptakan langsung di tempatkan di surga oleh Allah SWT. Akan tetapi Nabi Adam as melakukan sebuah kesalahan yang akhirnya di turunkannya ke bumi sebagai hukumannya. Hal ini tersirat pula pada Al-Quran surat Al-Baqarah Ayat 35-37 yang berbunyi.Al-Baqarah-Ayat-35-37

Artinya:
“Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim. Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”. Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”. (Q.S Al Baqoroh : 35-37)

Lewat ayat diatas, dijelaskan secara gamblang bahwa ketika Nabi Adam as di hukum dengan di turunkannya ke bumi, Allah juga memberikan wahtu kepadanya lewat sebuah kalimat taubat. Yang dimana sampai saat ini kalimat taubat tersebut diabadikan oleh Allah SWT lewat firman-Nya yang lain dan lebih lengkap. Yang mana hal tersebut juga tersirat pada Al-Quran lewat surat Al-A’raf ayat 23 yang berbunyiQS-Al-A’raf

Artinya:
“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi”. (Q.S Al-A’raf : 23)

Dengan jelas lewat surat diatas, Allah menerangkan tentang pertaubatan manusia. Karena Allah menciptakan manusia dengan kecenderungan tabiat dan juga perbuatan dosa yang sudah jelas-jelas tidak di sukai oleh Allah. Namun lewat kalimat tersebut, Allah juga menerangkan bagaimana cara menghindarinya dan cara agar kembali mendapatkan pengampunan dari-Nya.

Baca :  13 Keistimewaan Sholat Tahajud yang Mengagumkan

Pengertian Taubat Nasuha Secara Luas

Diatas memang sudah kami sampaikan sedikit mengenai pengertian taubat nasuha dan juga sedikit cara sholat taubat nasuha. Namun agar lebih sempurna dalam memberikan informasi. Kami pun akan mengulasnya lagi di sini agar kalian yang sedang menyimak informasi seputar pengertian dan tata cara sholat taubat nasuha bisa lebih mendapatkan penjelasan yang lebih mendetail.

Dimana secara bahasa taubat artinya kembali, sementara secara istilah berarti kemabli kepada Allah, kembali pada syariat-Nya dengan mengakui segala bentuk kesalahan dan menyelesaikannya, serta berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Dan semua itu telah di firmankan oleh Allah lewat QS At Tahrim ayat 8 yang berbunyiQS-At-Tahrim

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. At Tahrim : 8)

Sepertimana telah di tuliskan pada ayat diatas, selain Allah akan menganjurkan untuk kita sebagai umat manusia bisa melakukan taubat nasuha apabila memiliki salah dan dosa besar, lewat kutipan ayat Al-Quran diatas dengan jelas Allah juga akan menjanjikan bagi siapapun manusia yang bertaubah dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan surga-Nya.

Syarat dan Niat Sholat Taubat Nasuha

Syarat dan Niat Sholat Taubat Nasuha

Syarat Melakukan Sholat Taubat Nasuha

Didalam melaksanakan tata cara sholat taubat nasuha selain kita mengerti akan niat dan tujuannya, tentunya kita juga harus tahu beberapa syarat yang bisa kita lakukan agar sholat taubat nasuha yang kita jalankan sesuai dengan syariat Islam dan tentunya di terima oleh Allah SWT. Adapun beberpa syarat tersebut antara lain sebagai berikut

  • Meminta Ampun Kepada Allah SWT
  • Berazzam Untuk Tidak Mengulanginya Lagi
  • Menyesali Segala Perbuata Dosanya
  • Berjuang Sepenuh Hati untuk Istiqomah
  • Meminta Maaf Kepada Semua Manusia
Baca :  Niat Sholat Sunnah Rawatib dan Cara Pelaksanannya

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat Nasuha

Sebelum melangkah pada cara sholat taubat nasuha, sebaiknya kita ketahui dulu beberapa peraturan yang harus di patuhi setiap manusia yang ingin melakukan sholat taubat nasuha. Salah satunya adalah mengetaui waktu pelaksanaan sholat taubat nasuha. Lalu kapan sebanarnya kita bisa menjalankan atau melakukan sholat taubat nasuha ini?

Sebenarnya cara sholat taubat nasuha tidak di tentukan kapan waktu pengerjaannya. Karena sholat taubat nasuha bisa di kerjakan kapan saja apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya dan tergolong sudah menyakiti Allah SWT. Yang dimana sholat taubat nasuha sebenarnya juga hampir memiliki ciri yang sama seperti sholat hajat dan sholat istiqomah.

Namun dari info yang ada terkait waktu dan cara cara sholat taubat nasuha menurut beberapa ulama berpendapat apabila sholat taubat nasuha sebaiknya di kerjakan sesegera mungkin setela kita mereima hidaya dari Allah SWT. Hal ini di yakini jika kita bisa sesegera mungkin melakukanya pengampunan dosa yang kita lakukan tidak Allah tangguhkan karena kita sendiri tidak pernah mengerti tentang batas usia hidup di dunia ini.

Akan tetapi dari beberapa ulama lain juga berpendapat bahwa waktu dan cara sholat taubat nasuha sebaiknya di kerjakan sesegera mungkin namun dikecualikan pada waktu-waktu tertentu. Yang dimana waktu-waktu tersebut antara lain saat subuh hingga terbitnya matahari (Syuruq) dan Ashar hingga matahari tenggelam.

Sama halnya dengan niat sholat wajib 5 waktu atau sama seperti niat puasa pengganti ramadhan, niat dalam menjalankan sholat taubat juga intinya dengan menghadirkan keinginan yang kuat di dalam hati untuk benar-benar kembali ke jalan Allah SWT yang kemudian di lakukan dengan melakukan wudhu serta sholat 2 rakaat.

Baca :  Tata Cara Shalat Jamak dan Qasar Beserta Syaratnya

Dan seperti kita sudah pernah sampaikan pada kesempatan-kesempatan yang lain, menjalankan sholat apapun itu niat merupakan salah satu rukunya yang bertempat di dalam hati sehingga kekuatan untuk benar-benar mengerjakannya sangatlah besar. Namun untuk kembali menegaskan cara sholat taubat nauha yang lebih afdol niat taubat nasuha juga dibisa di lafazkan seabgai berikutNiat-Sholat-Taubat-Nasuha

USHALLI SUNNATAT TAUBATA RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya:
“Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah”.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Sama seperti ibadah sholat yang lainnya, sebaiknya sebelum melakukan sholat taubat nasuha ini, kalian di wajibkan untuk bersuci dengan baik. Dimana disunahkan untuk mandi besar sebelum melakukan sholat taubat dan juga memakai pakaian yang rapi serta menggunakan wangi-wangian.

Adapun cara sholat taubat nasuha sendiri dilakukan dengan 2 rakaat dengan rukun sebagaimana sholat pada umumnya. Namun apabila kalian mau, silajkan kalian memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus melakukan munajat dan mengakui semua dosa yang kita lakukan serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri dihadapan Allah SWT. Sebagaimana telah di sebutkan dalam sebuah hadis yang memiliki makna sebagai berikut

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.”(HR. Muslim)

Nah itu dia kiranya informasi mengenai bacaan dan cara sholat taubat nasuha yang bisa kali ini kami sampaikan, semoga dengan menyimak informasi diatas, banyak hal positif yang kalian dapat dan semoga kedepanya apabila kalian ingin melakukan taubat nasuha karena kesalahan yang kalian perbuat atau dosa yang kalian perbuat bisa melaksanaknnya dengan baik dan benar sesuai dengan syariat islam dan tentunya agar cara sholat taubah nasuha kalian benar, sekian dan terimakasih.