Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap & Mudah di Pahami

Tuntunan Sholat Tahajud – Sholat tahajud merupakan satu dari sekaian banyaknya amalan-amalan sunnah yang selalu rutin di kerjakan baginda Rasulullah SAW semasa hidupnya. Selain sholat tahajud, beliau juga selalu mengerjakan sholat dhuha untuk membuat hidupnya lebih bermakna dihadapan Allah SWT.

Lalu sudahkah kita sebagai umatnya ikut menjalankan dua macam sholat sunnah tersebut? Jika belum mulailah dari sekarang kita mengamalkannya, karena banyak sekali kesitimewaan sholat tahajud dan keistimewaan sholat dhuha yang akan kita peroleh apabila kita rajin mengamalkannya.

Namun tentunya untuk bisa mengamalkan sholat sunnah tahajud tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu tuntunan sholat tahajud agar dalam pelaksanannya kita tidak salah. Untuk itulah lewat artikel kali ini, akan kita bahas bersama mengehai hal tersebut. Jadi bagi kalian yang ingin memperlajari dan ingin mulai mengamalkan setidaknya artikel ini bisa bermanfaat.

Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap & Mudah di Pahami

Tuntunan Sholat Tahajud

Tuntunan Sholat Tahajud

Dalam hal ini, memang banyak sekali alasan mengapa kita sebagai umat Rasulullah SAW jarang mengerjakan amalan yang memang sudah di contohkan oleh beliau. Salah satunya yaitu malas karena memang pengerjaan sholat tahajud ini dilakuakan di malam hari ketika semua orang tertidur lelap.

Dan semoga dengan kalian menyimak artikel mengenai tuntunan sholat tahajud berikut ini, kalian tidak lagi merasakan hal tersebut, karena banyak sekali manfaat sholat tahajud dalam kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

1. Niat Sholat Tahajud

Sebelum kita mengerjakannya, sama halnya seperti sholat pada umumnya yaitu sholat wajib 5 waktu, kita juga diharuskan untuk membaca niat. Dimana niat yang paling baik dan tepat yaitu terletak di dalam hati dengan bersungguh-sungguh mengerjakan sholat tahajud ini hanya karena allah dan hanya untuk Allah.

Namun terkadang hal tersebut dirasa sulit oleh sebagian orang. Oleh karena itu lewat tuntunan sholat tahajud berikut ini, akan kami jelaskan pula bacaan niat sholat tahajud dalam bahasa arab yang mungkin akan lebih mudah di pahami.

Bacaan niat sholat tahajud

Baca :  Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Terlengkap

Niat Sholat Tahajud

USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya:
“Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Setelah mengetahui bacaan niat sholat tahajud, mari kita melangkah pada tuntunan sholat tahajud berikutnya yang mana itu adalah bagaimana tata cara sholat tahajud. Namun perlu kami ingatkan juga bahwa, sebenarnya langkah-langkah sholat tahajud bisa dibilang sama persis dengan gerakan sholat wajib 5 waktu.

Jadi mungkin tidaklah sulit dalam mengerjakannya bagi semua orang. Dan berikut kami perjelas mengenai tuntunan sholat tahajud pada pembahasan tata caranya.

2. Tata Cara Sholat Tahajud

Seperti diatas kami sampaikan, tata cara pelaksanaan sholat tahajud sama seperti pelaksanaan sholat pada umumnya. Yang dimana untuk kali pertama hal yang harus di lakukan adalah melakukan niat sholat tahajud yang sudah kami jabarkan diatas, dan kemudian setelah itu kalian harus melakukan takbiratul ihram lalu di akhiri dengan membaca salam.

Dalam tuntunan sholat tahajud hal yang perlu kalian pahami adalah jumlah rakaat yang harus di kerjakan setiap kali melaksanakannya. Yang mana dalam sekali melakukan sholat tahajud, kalian harus mengerjakannya minimal 2 rakaat dan berapa banyaknya rakaat yang harus di kerjakan itu tidak ada batasannya, asalkan kuat dalam mengerjakannya.

Lalu apa sih pembeda antara sholat tahajud dengan sholat pada umumnya baik itu sholat sunnah rawatib, atau sholat sunnah dhuha? Dalam hal tuntunan sholat tahajud, pembeda yang ada pada sholat sunanh ini dengan sholat lainnya adalah hanya terletak pada bagian niatnya saja. Hal ini juga terjadi pada beberpa sholat lainnya yang hanya terdapat perbedaaan hanya pada bagian atau bacaan niatnya saja.

Lalu langkah selanjtunya yang harus kalian kerjakan setelah membaca niat sholat tahajud dan melakukan takbiratul ikhram dalah membaca surat Al-Fatihah yang menjadi tanda sebagai pembukaan sholat dimulai oleh kalian. Dan berikut adalah bacaan surat Al-Fathihah bahasa arab, latin serta artinya.

Baca :  Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

Surat Al Fatihah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHI, ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN, ARRAHMAANIRRAHIIM MAALIKI YAUMIDDIIN, IYYAKA NABUDU WAIYYAAKA NASTAIIN, IHDINASHIRRATAL MUSTAQIM, SHIRATALLADZINA AN’AMTA ALAIHIM GHAIRIL MAGHDUUBI ALAIHIM WALADHAALIN

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai di Hari Pembalasan, Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Apabila kalian telah selesai memabaca surat Al-Fatihah tersebut, dalam tuntunan sholat tahajud yang selanjutnya adalah kalian diharuskan untuk membaca beberepa suratan yang ada dalam Al-Quran bisa berupa suratan panjang ataupun suratan pendek seperti Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq. Namun ada baiknya di anjurkan dalam sholat tahajud kalian membaca surat An-Nas yang berbunyi sebagai berikut

Surat An Nas

QUL A’UZU BIRABBIN-NAS MALIKIN-NAS ILAHIN-NAS MIN SYARRIL-WASWASIL-KHANNAS ALLAZI YUWASWISU FI SUDURIN-NAS MINAL-JINNATI WAN-NAS

Artinya:
“Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Didalam tuntunan sholat tahajud yang kali ini sedang kita bahas, ada baiknya setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat An-Nas pada rakaat pertama, kalian dianjurkan untuk membaca surat Al-Falaq setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat kedua. Yang dimana bacaan surat Al-Falaq dalam bahasa arab, latin, beserta terjemahannya adalah sebagai berikut

Surat Al Falaq

QUL A’UZU BIRABBIL-FALAQ MIN SYARRI MA KHALAQ WA MIN SYARRI GASIQIN IZA WAQAB WA MIN SYARRIN-NAFFASATI FIL-‘UQAD WA MIN SYARRI HASIDIN IZA HASAD

Artinya:
“Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Alasan kenapa kalian dianjurkan untuk membaca surat Al-Falaq dan juga surat An-Nas ketika kalian mengerjakan sholat tahajud adalah karena dua surat yang terkandung dalam Al-Quran tersebut merupakan surat yang digunakan dan di pakai untuk memohon perlindungan dari godaan setan serta merupakan surat yang memohon untuk kita di karuniai ketetapan iman oleh Allah SWT.

Baca :  Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Fardhu 5 Waktu

Itulah alasan kenapa dalam tuntunan sholat tahajud yang kali ini ktia bahas menganjurkan untuk kalian membaca dua suratan tersebut saat mengerjakan sholat tahajud di malam hari. Dan jangan lupa untuk kalian juga membaca doa atau bacaan tahiyat sebelum kalian mengucapkan salam sebagai penutup sholatnya.

3. Waktu Sholat Tahajud

Kapan sholat tahajud di kerjakan? tentunya sesuai dengan tuntunan sholat tahajud yang ada dijelaskan bahwa pengerjaan sholat tahajud dilakukan dimalam hari ketika semua orang tertidur pulas hingga waktu sholat subuh datang. Kenapa dikerjakannya di malam hari? karena disaat banyak orang tertidur pulas dan kamu bangun di malam hari kemudian mengambirl air wudhu serta mengerjakan sholat tahajud, maka doa dan harapan yang kalian ucapkan akan cepat di kabulkan oleh Allah SWT.

Hal itu tak terlepas dari keutamaan sholat tahajud yang memang sangat besar. Dimana pada malam hari itulah Allah lebih mendengarkan doa dan harapan kalian yang mengerjakan sholat tahajud karena memang disaat itulah tidak banyak orang yang melakukannya dikarenakan mereka tertidur. Dan ada baiknya setelah kalian selesai melakukan sholat tahajud kalian dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud yang sudah pernah kami sampaikan sebelumnya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesematan kali ini terkait tuntunan sholat tahajud beserta bacaan doa setelah sholat tahajud dan keutamaan sholat tahajud itu sendiri. Semoga dengan menyimak informasi ini kalian bisa lebih giat lagi dalam mengerjakannya.