Manfaat Sholat Hajat Bagi Manusia Yang Paling Utama

Manfaat Sholat Hajat – Salah satu sholat sunah mu’akad yang mempunyai banyak keutamaan dan faedah bagi setiap umat mulsim adalah sholat hajat. Apakah kalian pernah mendengarnya? Jika belum mari kita bahas terlebih dahulu apa itu sholat hajat. Menurut beberpa hadist yang ada, sholat hajat merupakan sebuah ibadah yang di kerjakan setiap umat mulsim ketika mereka tengah memiliki sebuah hajat yang benar-benar ingin di kabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu apabila saat ini kalian tengah mempunyai sebuah hajat yang ingin segera di kabulkan, mungkin melakukan sholat hajat bisa menjadi salah satu cara yang paling benar.

Sama seperti sholat tahjud ataupun sholat sunah lainnya, umumnya sholat hajat juga di lakukan dengan minimal 2 rakaat hingga 12 rakaat. Yang dimana untuk setiap 2 rakaatnya memberi salam. Sesuai dengan pengertian yang kami sampaikan diatas, tentunya sholat hajat ini merupakan salah satu sholat sunah yang di khsusukan bagi mereka (para umat muslim) yang ingin menyegerakan hajat atau keinginan yang mereka miliki agar segera di kabulkan oleh sang pencipta alam semesta yaitu Allah SWT. Oleh karena itu jika kalian sudah mengerti apa manfaat sholat hajat tentunya kalian bisa mempelajarinya.

Namun sebelum kita membahas mengenai apa saja manfaat sholat hajat yang bisa kalian peroleh, akan lebih baik apabila kita bahas terlebih dahulu bacaan niat sholat hajat, lalu tata cara sholat hajat, dan beberpa keutamannya. Oleh karenanya apabila kalian ingin mempelajari lebih luas mengenai sholat hajat, kalian bisa langsung mendatangi orang yang lebih mengerti agar bis amenjelaskannya atau salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan menyimak informasi niatpuasa.com yang satu ini.

Manfaat Sholat Hajat Bagi Manusia Yang Paling Utama

Manfaat Sholat Hajat

Manfaat Sholat Hajat

Walau di katakan merupakan sebagai salah satu ibadah sunah untuk meminta Allah segera mengabulkan hajat atau keinginan, namun perlu kalian ingat bahwasanya niat atau hajat yang dimaksud tentu saja bukanlah sebuah niatan yang keluar dari syariat agama atau yang di larang oleh ajaran Islam, melainkan sebuah keinginan yang tetap berpegang teguh pada taqwa. Nah langsung saja kita mulai pembahasan mengenai niat sholat hajat, tata cara sholat hajat, dan dasar mengenai sholat hajat serta tentunya manfaat sholat hajat itu sendiri bagi setiap umat mulsim yang mengerjakannya.

Baca :  Tuntunan Sholat Dhuha, Doa dan Tata Caranya

Niat Sholat Hajat

Seperti kita ketahui bersama tempat niat yang sesungguhnya adalah didalam hati masing-masing umat manusia. Karena menurut jumhur ulama, hukum untuk melafalkan niat sholat adalah sunah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat yang lebih sempurna. Bahkan menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena memang Rasulullah SAW tidak pernah mencontohkannya. Jadi silahkan sesuaikan dengan kemantapan hati kalian agar semakin mengutkan untuk mengerjakan sebuah ibadah, termasuk untuk sholat hajat ini.

Pun begitu, apabila kalian ingin tetap mengetahui bagiaman bacaan niat sholat hajat,kalian bisa melihat dan memperlajarinya berikut ini.Niat-Sholat-Hajat

USHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA

Artinya:
“Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Sholat Hajat

Mengutip dari berbagai informasi yang ada, lewat ulasan mengenai manfaat sholat hajat yang kali ini kita bahas, kita juga akan membahas sedikit mengenai tata cara sholat hajat itu sendiri. Sebenarnya untuk tata caranya itu hampir tidak ada perbendaan dengan sholat pada umumnya karena umumnya, untuk melaksanakan sholat atau ibadah yang lainnya di akan lebih sempurna jika di awali dengan niat dan di akiri dengan salam setiap 2 rakaatnya. Yang jelas yang membendakan itu hanyalah niatnya saja.

Namun perlu kalian ingat, bahwasanya untuk melakukan sholat hajat disyaratkan agar tubuh tengah berada dalam keadaan suci, baik dari hadas kecil, hadas besar ataupun suci badan, pakaian dan tempat dari naji, hingga yang terpentin ialah menutup aurat serta menghadap kiblat disaat ingin mengerjakan sholat. Agar manfaat sholat hajat yang akan kita terima itu benar-benar sesuai dengan keinginian kita, tentunya kita pun benar-benar harus meminta kepada Allah dengan cara yang baik dan benar.

Tentunya agar kalian yang saat ini sedang menyimak informasi terbaru dari niatpuasa.com mengenai manfaat sholat hajat lebih mengerti urutan-urutan mengerjakan sholat hajat, berikut kami ringkaskan beberpa tata caranya agar lebih mudah di pahami.

Baca :  8 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Bagi Umat Muslim
  • Membaca niat sholat hajat
  • Mengucapkan Takhbiraatul ikhram (berdiri bagi yang mampu)
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca salah satu surat dari Alquran, diutamakan untuk membaca surat Al-Karifuun 3x pada rakat pertama
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri untuk melaksanakan raka’at kedua dan membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca salah satu surat dari Alquran, diutamakan untuk membaca Surat Al-Ikhlas 3x pada rakaat kedua
  • Ulangi langkah ke 6 hingga 10
  • Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah
  • dan Terakhit ucapkanlah Salam
Tata Cara Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Waktu Sholat Hajat Yang Baik

Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat sunah yang satu ini agar manfaat sholat hajat benar-benar bisa kita rasakan? jawabannya simple, untuk bisa melkasankan sholat hajat sebenarnya bisa di lakukan kapan saja. Namun tentunya ada beberapa waktu yang memang tidak bisa digunakan untuk melakukannya atau dengan kata lain di haramkan, seperti salah satunya saat haid (bagi wanita) ataupun beberapa waktu berikut ini

  • Saat matahari terbut dan naik setinggi lembing
  • Ketika matahari tepat berada di puncaknya
  • Sesudah waktu ashar sampai dengan matahari terbenan
  • Saat matahari mulai terbenam sampai dengan terbenam sempurna
  • Saat sesudah waktu sholat subuh

Manfaat Sholat Hajat

Nah sekarang saat nya kita bahas mengenai manfaat sholat hajat yang paling besar untuk manusia. Sepertimana sudah kita bahas diatas, bahwasanya salah satu manfaat sholat hajat ialah untuk membuat kita sebagai umat muslim yang tengah atau sedang memiliki hajat untuk segera di kablulkan oleh Allah SWT. Sebgaimana telah disampaikan tentang manfaat sholat hajat lewat janji Allah didalam surat Al-Baqarah 153 yang berbunyiSurat-Al-Baqarah-153

YAA AYYUHAALLADZIINA AAMANUU ISTA’IINUU BIALSHSHABRI WAALSHSHALAATI INNA ALLAAHA MA’AALSHSHAABIRIINA

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

  • Mempermudah Terkabulnya Doa

Sudah sangat jelas sebagaimana sudah kami sampaikan diatas, bahwasannya salah satu manfaat sholat hajat yang paling utama yaitu untuk mengabulkan segala macam doa dan keinginan atau hajat kita sebagai umat manusia. Akan tetapi hajat atau keinginan yang ada ialah keinginan yang masih berada didalam alur atau ajaran Islam.

  • Mendekatkan Diri Pada Allah SWT
Baca :  12 Fadhilah Sholat Tahajud Menurut Al-Quran & Hadits

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita sebagai umat muslim agar selalu beribadah kepada sang khalik dengan begitu sempurna. Oleh karenanya sholat merupakan salah satu jalan yang paling baik untuk bisa mendenkatkan diri pada allah.

  • Terhindar Dari Kesulitan & Marabahaya

Menjalankan sholat 5 waktu yang merupakan hal wajib bagi umat muslim merupakan cara yang bisa di lakukan agar kita sebagai umat-Nya bisa selalu terhindar dari kesulitan dan marabahaya. Namun di sunahkan bagi setiap umat muslim agar mereka juga mengerjakan beberapa sunah lain seperti sholat tahajud ataupun puasa sunah senin kamis agar kita semakin di beri jalan yang lebih mudah untuk mencapai semua keinginan yang kita miliki.

  • Meningkatkan Ketaqwaan

Sama halnya dengan beberapa keutamaan yang di miliki oleh ibadah sunah lainnya, salah satu manfaat sholat hajat juga bisa membiasakan diri kita agar lebih taqwa pada Allah SWT. Jadi tidak ada salahnya selain dari kalian ingin mempercepat hajat yang kalian miliki di kabulkan, kalian juga bisa menjalnkan sholat hajat sebagai sholat sunah agar ketaqwaan kepada Allah SWT kalian lebih meningkat.

  • Mendapatkan Surga Allah SWT

Kemudian manfaat sholat hajat yang lain yang bisa kalian peroleh apabila mengerjakannya dengan baik dan benar ialah kalian akan lebih mendekati pintu surga. Kenapa demikian, karena dengan menjalankan sunah yang satu ini secara tidak langsung kalian juga jauh lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah atau dengan kata lain kita menjauhi larangnan Allah namun kita juga menjalankan apa yang di perintahkan oleh Allah SWT.

Bagaimana apakah kalian sudah cukup jelas dengan informasi diatas? apabila belum silahkan kalian bisa membacanya kembali dan dipahami dengan sebaik-baiknya. Namun yang pasti dengan kalian menjalankan sholat hajat dengan niat yang baik, makan manfaat sholat hajat yang kami sudah sampaikan diatas sekiranya akan segera di berikan Allah SWT dengan cepat. nah sekian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat.