12 Fadhilah Sholat Tahajud Menurut Al-Quran & Hadits

Fadhilah Sholat Tahajud – Inginkah kalian mendapatkan tempat di sisi tuhan yang paling bagus? jika iya maka kalian harus selalu melakukan kegiatan atau kewajiban kalian seabgai umat muslim. Selain sholat wajib, tentu saja ada beberapa sholat sunnah yang harus bisa kalian lakukan agar menambah pahala-pahala sebagai bekal kelak di akhirat. Lalu apa saja sholat sunnah yang boleh di kerjakan kita sebagai umat muslim? tentunya banyak sekali sholat sunnah yang bisa kalian kerjakan seperti sholat tasbih, sholat duha, dan sholat hajat, serta sholat tahajud.

Semua pembahasan tentang sholat sunnah sepertinya sudah pernah kami sampaikan pada kesempatan sebelumnya. Jadi bagi kalian yang masih belum memahampi apa itu sholat sunnah yang kami sampaikan barusan diatas, bisa langsung menyimak informasinya di niatpuasa.com. Nah bicara soal sholat, tentu saja ada banyak sekali manfaat dan fadhilah yang bisa kita rasakan. Salah satunya fadhilah sholat tahajud yang mana pada kesempatan kali ini menjadi akan menjadi topik pembahahasan kita bersama.

Sholat tahajud yang merupakan sholat sunnah dengan waktu pengerjaan di malam hari selepas kalian tertidur, memang menjadi salah satu sholat yang paling mulia karena di katakan bahwa sholat sunnah ini mampu menjadi perantara bagi manusia yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu setelah menjalankan sholat tahajut, kalian juga bisa memanjatkan doa setelah sholat tahajud karena merupakan waktu yang paling mustajab untuk kita bisa memohon kepada Allah.

Fadhilah Sholat Tahajud yang Harus di Ketahui

Fadhilah Sholat Tahajud

Fadhilah Sholat Tahajud

Dengan keistimewaan sholat tahajud tersebut, tidak heran saat ini banyak sekali orang berlomba-loma untuk bisa melaksanakan sholat tahajud dengan niatan yang begitu baik yaitu agar lebih bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta. Bahkan dari beberapa fadhilah sholat tahajud yang akan kita bahas kali ini juga disebutkan bahwa kita bisa mendapatkan kemuliaan yang tiada tara dari Allah SWT. Dan daripada panjang lebar, berikut daftar fadhilah sholat tahajud yang akan kalian peroleh ketika seringkali melaksanakan sholat sunnah ini.

1. Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Sudah sering sekali kami sampaikan bahwasannya melakukan apa yang sudah ditetapkan oleh Allah tentu saja akan menjadi perbuatan yang cukup baik. Bahkan diluar sholat wajib yang memang sudah menjadi tiang agama kita, melakukan sholat sunnah seperti halnya sholat tahajud juga akan membuat kita jauh lebih bisa mendekatkan diri kita kepada allah SWT, sebagaimana tertulis pada sebuah hadist riwayat Tirmidzi yang berbunyi.

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil)

2. Mendapatkan Kemuliaan

Lalu fadhilah sholat tahajud yang berikutnya adalah mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Siap sih yang tidak ingin mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Sudah pasti hal tersebut menjadi incaran bagi semua umat muslim di berbagai belahan dunia. Pasalnya dengan kita mendapatkan keutamaan dari Allah SWT, kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat akan benar-benar di jaga oleh Allah SWT. Dan sala satu cara untuk bisa mendapatkannya adalah dengan kita selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Baca :  Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Terlengkap

3. Dicatat Sebagai Hamba yang Rajin Beribadah

Hidup kita di dunia ini memang sangatlah singkat, oleh karena itu perbanyaklah melakukan kegiatan-kegiatan positif yang memang sudah di tetapkan oleh Islam. Karena dengan kita selalu menjalankan apa yang sudah menjadi ketetapan didalam Islam itu samahalnya dengan kita sudah melakukan sebuah ibadah. Terlebih lagi ketika tiang agama kita yaitu Sholat 5 waktu dijalankan dengan baik dan benar.

Maka kalian akan mendapakan banyak sekali pahala. Dilain sholat 5 waktu, dengan melakukan sholat tahajud di malam hari secara rutin, setidaknya kita akan dicatat sebagai hamba yang rajin beribadah. Dan itu merupakan salah satu fadhilah sholat tahajud dari sekian banyaknya fadhilah lainnya.

Sebagaimana telah di tuangkan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.” (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

Dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu ia menuturkan, Rasulullah SAW juga bersabda bersabda:

“Barangsiapa yang bangun di waktu malam dan ia pun membangunkan isterinya lalu mereka shalat bersama dua raka’at, maka keduanya akan dicatat termasuk kaum laki-laki dan wanita yang banyak berdzikir kepada Allah.” (HR. Abu Dawud no. 1451)

4. Dipermudah Dihari Kiamat

Ada banyak sekali fadhilah sholat tahajud yang akan kita peroleh ketika seringkali mengerjakannya. Selain yang sudah kami sebutkan diatas, ada juga fadhilah yang akan membuat kita dipermudah di hari kiamat nanti. Yah Kiamat merupakan hari dimana semua mahluk dan alam semesta akan hacur dan kembali ke pada Allah SWT.  Hal ini juga sudah tertuang pada sebuah hadist yang berbunyi:

“Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

5. Menjauhkan kita dari Perbuatan Dosa dan Jahat

Sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT tentu saja ini adalah hal yang paling berharda bagi semua umat manusia khsusunya bagi yang beragama islam. Pasalnya dengan lebih kita lebih dekat kepada Allah SWT, maka kita akan dijauhkan dari berbagai macam perbuata dosa yang mungkin sering kali dilakukan manusia. Selain itu fadhilah sholat tahajud juga akan memberikan kita ampunan dosa dari Allah SWT, hal tersbeu tentu saja menjadi langkah yang baik disaat kalian ingin berubah menjadi orang yang lebih baik.

6. Wajah tampak Bersinar Bercahaya dan Bersih

Dengan kita selalu menjalankan ibadah sholat sunnah tahajud, maka dikatakan bahwa setiap mereka yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan sholat tahajud berupa wajah yang tampak bersinar dan bercahaya bersih ketika di lihat oleh orang lain. Fadhilah sholat tahajud ini juga pernah dijelaskan oleh Hasan Al-Basri ra saat beliau ditanya oleh sahabat dengan pertanyaan

“Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?”, beliaupun langsung menjawabnya dengan jawaban “Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

7. Jaminan Masuk Surga

Fadhilah sholat tahajud yang selanjutnya adalah mampu menjadi penjamin kalian akan bisa masuk ke dalam surga Allah SWT. Akan tetapi ada beberapa hal yang diharuskan untuk bisa kalian kerjakan dengan benar. Salah satunya adalah melakukan shoalt tahajud ini karena ikhlas dari hati hanya karena Allah SWT tanpa adanya dorongan apapun. Jaminan masuk surga sendiri merupakan hal yang pantas di bayarkan kepada mereka yang senantiasa meninggalkan waktu tidur mereka hanya untuk momohon kepada Allah SWT disaat orang lain sedang tertidur dengan lelap.

8. Dilindungi dari Api Neraka

Selain fadhilah sholat tahajud yang akan kita dapatkan untuk jaminan masuk surga kelak seperti diatas kami sampaikan, ternayta dengan seringkali kita melakukan sholat tahajud kita juga akan di jauhkan dan dilindungi dari siksa api neraga yang begitu panas. Jadi sudah sepantasnya bukan kita sebagai umat muslim yang tidak ingin merasakan api neraka tersebut untuk bisa menjalanlan sholat tahajud sebagai salah satu amalan yang paling mulia disisi Allah SWT.

9. Waktu Doa kita mudah Terkabul

Banyak sekali hadis yang mengatakan bahwa dengan kita melakukan shoalt tahajud dimalam hari ketika orang lain sedang tertidur pulas, maka Allah akan senantiasa mendengarkan apa yang kalian katakan. Oleh karena itu memanjatkan doa setelah sholat tahajud juga menjadi waktu yang paling tepat dan baik agar doa yang sudah kita panjatkan segera terkabul dan dikabulkan oleh Allah. Dan berikut adalah beberapa hadis yang terkait dengan hal tersebut:

“Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no.758)

“Sesungguhnya di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

“Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam.” (HR. Muslim No. 757)

10. Melancarkan Aliran Darah di Dalam Tubuh

Sholat tahajud yang kita ketahui merupakan sholat yang waktu pengerjaannya di malam hari setidaknya juga membuat tubuh kita lebih sehat. Hal tersebut karena ketika kita bangun dimalam hari, udara segar masih begitu terasa, dan okisgen pun masih belum banyak tercampur dengan zat-zat lain. Dengan hal tersebut, maka aliran darah yang ada didalam tubuh pun jauh lebih baik. Dan hal ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu fadhilah sholat tahajud.

11.  Membuat Pikiran Jauh Lebih Segar dan Tenang

Aktivitas padat yang dilakukan orang di setiap harinya membuat tubuh mereka tentu jauh lebih rentang terkena lelah dan capek. Bahkan terkadang juga membuat pikiran menjadi ruwet dan juga tidak bisa dikendalikan. Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan cara kita melakukan sholat tahajud. Yang dimana ini juga merupakan salah satu fadhilah sholat tahajud yang paling besar manfaatnya bagi kehidupan kita di dunia.

Hal ini tak terlepas saat kita terbangun di pagi hari dan suasana masih begitu tenang asri dan segar, hal tersebut setidaknya akan jauh lebih membuat pikiran dan hidup kita lebih baik dan lebih tenang. Jadi bagi kalian yang saat ini sedang mengalami masalah, boleh dicoba untuk melakukan sholat tahajud secara rutin nih.

12. Mendapatkan Keringanan Ketika Dihisab di Akhirat

Seperti kita ketahui bersama, ketika kita berada di akhirat nanti kita disana akan hidup sendiri sehingga apapun yang terjadi tidak ada satu orang pun bisa menolong kita terkecuali amal dan ibadah yang sudah kita kumpulkan di dunia selama masih hidup. Dan amal serta ibadah tersebutlah yang akan menjadi penentu apakah kita akan masuk ke surga atau neraka ketika di hisab nanti.

Dan apabila kalian ingin mendapatkan keringanan saat di hisab kelak, maka salah satu caranya yaitu dengan melakukan sholat tahajud serta memohon kepada-Nya agar semua dosa yang telah di lakukan agar di ampuni. Yah hal ini tentu saja menjadi fadhilah sholat tahajud yang paling berharga pastinya.

Dan itulah, beberapa hal yang akan kita dapatkan ketika kita sebagai umat muslim selalu rutin dan tepat waktu saat melakukan ibadah sunnah terutama ibadah sholat tahajud. Semoag dengan menyimak inforamsi ini, kalian semua para pembaca niatpuasa akan mendapatkan banyak hal positif yang ada didalam artikel ini, terutama fadhilah sholat tahajud yang mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.