Doa Menjaga Lisan Dalam kehidupan : Arab, Latin & Arti

Doa Menjaga Lisan – manusia merupakan mahluk yang sempurna cipataan Allah SWT, karena kita sebagai manusia bisa berfikir dan bisa berbicara. Namun namanya juga manusia memang tempatnya lupa dan bikin kesalahan, baik itu secara lisan maupun juga perbuatan sengaja atau tidak sengaja. Namun sering kita lakukan ialah pada lisan kita, karena untuk berucap memang sangat enteng sekali. Tanpa kita sadari juga bila perkataan sesorang bisa melukai hati seseorang.

Menjaga lisan memang suatu hal cukup berat bagi semua umat muslim, karea setiap perkataan kita yang dianggap betul namun belum tentu betul menurut orang lain. Oleh karena itu kenapa menjada lisan itu sangatlah susah sekali, terlebih lidah tak bertulanng pasti bisa berbicara apa saja. Untuk itulah, kita dianjurkan untuk membaca doa menjada lisan agar semua ucapan yang keluar tidak melukai hati seseorang.

Dengan selalu membada doa untuk menjada lisan kita, semoga tidak ada hati seorang terluka karena mendengar perkataan kita. Meskipun perkataam tersebut hanya candaan saja, tetapi namanya hati siapa yang tahu dan bisa menebak. Jika sebelumnya telah kami sampaikan doa agar cepat lupakan mantan, untuk kesempatan kali ini kami akan sampailkan doa menjaga lisan untuk anda semua.

Sebagaimana penjelasan dari imam al-muhasibi banyak orang masih jauh dari beberapa ketentuan, oleh sebab itu seraya memperbaiki diri sendiri, serta melatih untuk menjaga lisan. Untuk menjada lisan kita, tentu harus selalu berdoa, berusaha dan ikhtiar. Berikut ini merupakan bacaan doa menjaga lisan yang dapat kalian bacakan.

Doa Menjaga Lisan Dalam kehidupan

Doa Menjaga Lisan

Selain ada bacaan doa untuk menjaga lisan, sebagai umat muslim juga harus membaca doa dipermudahkan segala urusan. Didalam doa tersebut tentu akan mengajarkan kita semua dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini bacaan latin, arab dan artinya.

Baca :  Doa Minta Hujan Beserta Latin dan Artinya

Doa Menjaga Lisan

Seperti yang sudah dijelskan oleh Imam al Muhasibi menjelsakan tentang hal wajib akan liasan untuk dijalnkan.

muhasibi

“Dan kewajiban lisan yaitu jujur dalam keadaan senang maupun marah, menahan dari menyakiti dalam keadaan sendirian maupun ramai, dan meninggalkan berlebihan dalam perkataan baik maupun buruk.” (al-Hârits al-Muhasiby, Risalah al-Mustarsyidin, Dar el-Salam, halaman 116)

Lalu untuk bacaan doa untuk menjaga lisan kita, dapat simak bacaan doan dibawah ini.

doalisan

Allahumma-j’al shamti fikran wa nuthqi dzikran

Artinya : Wahai Allah, Jadikankah diamku berpikir, dan bicaraku berdzikir

Dalam berdoa untuk menjaga lisan harus disertai dengan usaha dan ikhtiar agar kita semua bisa menjada lisan kita secara benar dan tanpa meluaki hati seorang. Seperti itulah bacaan doa untuk menjaga lisan yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat menambah ilmu kita semuanya.