8 Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah & Ujian

Doa Diberi Kemudahan – Kali ini kami akan memberikan informasi kumpulan doa diberi kemudahan dalam segala hal yang ada di Dunia ini. Baik itu diberi kemudahan dalam menghadapi masalah, ujian, usaha yang tidak laris, rejeki yang kurang dan masih banyak lagi. Karena kita sebagai umat muslim, wajib untuk berdoa kepada Allah SWT untuk diberi kemudahan ketika menghadapi ujian dariNya.

Pastinya banyak orang yang pernah menghadapi ujian dalam hidup baik itu bersifat materi, rohani ataupun ujian sekolah. Beruntungnya kita umat islam di Indonesia memiliki para ulama-ulama yang memberikan kita sebuah doa diberi kemudahan dalam setiap menghadapi masalah. Tinggal kita bisa tidak untuk setiap hari mengamalkan doa diberi kemudahan ini.

Doa diberi kemudahan ini bisa kalian hafal dengan mudah karena doanya cukup singkat. Saran kami amalkanlah setiap hari doa tersebut meskipun anda sedang dalam keadaan biasa saja atau tidak menghadapi masalah. Karena kita tidak tahu kapan kita akan diberi ujian oleh Allah SWT.

Harapannya jika berdoa setiap hari dengan menggunakan doa diberi kemudahan ini. Maka segala urusan kita bisa diberi kemudahan, mendapatkan keberkahan dan juga mendapatkan pahala. Untuk lebih jelasnya mengenai kumpulan doa diberi kemudahan, silahkan anda simak informasinya dibawah ini.

Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah dan Ujian

Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah & Ujian

Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah & Ujian

Selain doa diberi kemudahan alangkah baiknya juga anda hafal doa bayar zakat fitrah. Karena doa tersebut juga wajib untuk di hafal, apalagi jika anda adalah orang tua yang sudah memiliki anak perempuan ataupun anak laki-laki.

1. Doa Diberi Kemudahan Ketika Mengalami Kesulitan

Arab :

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Latin :

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya :

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

2. Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Kesulitan Yang Sangat Berat

Arab :

 رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Latin :

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin”.

Artinya :

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

3. Doa Diberi Kemudahan Dalam Segara Urusan

Arab :

Baca :  Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Beserta Etika Mau Tidur Menurut Islam

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Latin :

“Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

Artinya :

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

4. Doa Diberi Kemudahan Agar Bisa Berlapang Hati

Arab :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin :

“Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii“

Artinya :

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

5. Doa Diberi Kemudahan Agar Mendapat Pertolongan

Arab :

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

Latin :

“Yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagist”

Artinya :

“Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan”.

6. Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah Dunia

Arab :

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Latin :

“Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ishmatu amri, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii akhirotii al latii fii haa ma’aa dii, waj’ali al hayatu dziyaadatan lii fii kulli kahir, waj’ali al mauta raa hatan lii min kulli syarri“.

Artinya :

“Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan”.

7. Doa Diberi Kemudahan Dalam Beribadah

Arab :

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Latin :

“Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli sayaiin qadiir“.

Artinya :

“Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

8. Doa Diberi Kemudahan Dalam Membayar Hutang

Arab :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya :

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Demikian informasi mengenai doa diberi kemudahan yang bisa anda hafal dan amalkan setiap hari. Semoga informasi yang kami beritahukan ini bermanfaat dan menjadi amal pahala jariyah bagi kita semua.

Baca :  Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Adab & Anjurannya