Doa Saat Gempa Bumi & Setelah : Arab, Latin & Artinya

Doa Saat Gempa Bumi – Indonesia merupakan negara yang cukup sering di landa gempa bumi. Hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia sendiri. Sebagai umat muslim maka kita harus tabah dan selalu berdoa ketika bencana gempa bumi datang.

Nabi Muhammad SAW sendiri sudah mengajarkan doa saat gempa bumi dan setelah gempa bumi. Doa tersebut bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar kita diberi kebaikan atas terjadinya gempa bumi. Dan juga memohon perlindungan Allah SWT dari bahaya gempa bumi.

Untuk lebih dimudahkan dari segala urusan, Nabi Muhammad SAW juga memberikan kepada kita sebuah doa diberi kemudahan oleh Allah SWT. Yang bisa dibacakan juga setelah kita membaca doa saat terjadi gempa bumi. Dengan membaca doa ini, Insaallah kita akan diberi kemudahan serta perlindungan dari bahaya gempa bumi.

Doa saat gempa bumi yang akan kami beritahukan disini, sudah kami lengkapi dengan bacaan latin, arab dan juga artinya. Doa gempa bumi ini sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Untuk lebih jelasnya, mari simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Doa Saat Gempa Bumi dan Setelah Gempa Sesuai Sunnah

Doa Saat Gempa Bumi dan Setelah Gempa Sesuai Sunnah

Selain doa saat gempa bumi dan setelah gempa bumi, kami juga memberitahukan doa ketika orang lain terkena gempa ataupun saudara kita terkena musibah gempa. Tujuan dari doa ini agar saudara kita terlindungi dari marabahaya gempa bumi tersebut.

Doa Ketika Gempa Bumi dan Setelah Gempa Bumi Sesuai Sunnah

Doa Ketika Gempa Bumi Sesuai Sunnah

Latin : Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya.

Doa Ketika Orang Lain Terkena Gempa Bumi Sesuai Sunnah

Doa Ketika Orang Lain Terkena Gempa Bumi Sesuai Sunnah

Latin : Alhamdulillaahil ladzii ‘aafaanii mimmab talaaka bihi. Wafadldlolanii ‘ala katsiirin mimman kholaqo tafdliilan.

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Amalan-Amalan Ketika Terjadi Gempa Bumi

1. Bertaubat Kepada Allah SWT

Baca :  Kumpulan Doa Sesudah Sholat Bahasa Arab dan Artinya

2. Membaca doa ketika terjadi gempa bumi

3. Berdzikir dan Istighfar Memohon Ampun Kepada Allah SWT

4. Membantu dan Menolong Korban Bencana Gempa Bumi

5. Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Pastinya kita sudah mengetahui bahwa tidak ada musibah yang datang secara tiba-tiba begitu saja. Pasti ada sebab kenapa terjadi bencana. Di dalam Al Quran Surat Al-Maidah ayat 5: 78-79, Allah SWT berfirman :

Di dalam Al Quran Surat Al-Maidah ayat 5

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Dawud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan mungkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu” (QS. al-Ma’idah [5]: 78–79).

Jelas disini bahwa jika manusia sudah durhaka dan melampaui batas. Maka Allah SWT akan mengingatkan mereka melalui sebuah bencana. Agar mereka mau kembali ke jalan Allah SWT dan bertaubat.

Demikian informasi mengenai doa saat gempa bumi dan setelah gempa bumi yang sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Dan silahkan amalkan serta ingat doa saat terjadi gempa bumi ini.