16 Doa Dimudahkan Segala Urusan : Arab, Latin & Arti

Doa Dimudahkan Segala Urusan – Di dalam kehidupan memang terkadang banyak urusan yang menyulitkan. Sehingga pada saat itu manusia membutuhkan sebuah cara untuk supaya urusan mereka dilancarkan atau di mudahkan. Salah satu cara untuk dimudahkan segala urusan di agama Islam adalah dengan berdoa.

Dimana Nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan doa dimudahkan segala urusan. Doa ini memiliki arti dan manfaat yang sangat banyak. Sehingga kalian wajib untuk menghafal atau setidaknya menyimpan doa untuk dimudahkan segala urusannya.

Sebagai umat islam wajib hukumnya untuk percaya terhadap doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena doa yang diajarkan oleh nabi kita ini sudah pasti bersumber dari Allah SWT. Jika kalian membaca kumpulan doa dimudahkan untuk segala urusan ini. Maka kalian wajib juga untuk mengetahui arti dan makna doa tersebut.

Tujuannya supaya kalian bisa meresapi doa segala urusan baik untuk dunia dan akhirat tersebut. Perlu diketahui juga bahwa doa yang kami terangkan disini. Juga ditujukan untuk kalian yang ingin diberi kemudahan dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi. Lebih jelasnya mengenai doa dimudahkan segala urusan, silahkan kalian lihat dibawah.

Kumpulan Doa Dimudahkan Segala Urusan

Kumpulan Doa Dimudahkan Segala Urusan

Doa supaya dimudahkan segala urusan dan disempurnakan hajat ini memang cukup banyak. Jika kalian bisa hafal semua doa tersebut, maka hafal saja. Namun jika belum mampu maka silahkan catat semua doa dimudahkan ujian ini.

1. Doa Dimudahkan Segala Urusan

Arab :

Doa Dimudahkan Segala Urusan

Latin :

Allahuma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya :

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

2. Doa Dimudahkan Segala Urusan Ketika Bertemu Bos

Arab :

Doa Dimudahkan Segala Urusan Ketika Bertemu Bos

Latin :

Robbis rohli shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uq’datam mil lisaani yafqahu qouli

Artinya :

“Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku”

3. Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Dalam Segala Hal

Arab :

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Dalam Segala Hal

Latin :

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmata, wahayyik lanaa min amrinaa rosyad

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah kepada kami rahmat dari sisimu, dan sempurnakanlah bagi kam petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini”

4. Doa Dimudahkan Rezeki dan Pekerjaan

Latin :

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

5. Doa Dicukupkan Rejeki Yang Halal dan Dijauhir Dari Hal Haram

Latin :

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya :

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

6. Doa Dimudahkan Rezeki

Latin :

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

7. Doa Dimudahkan Urusan Rezeki

Latin :

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii

Artinya :

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

8. Doa Dimudahkan Soal Pekerjaan

Latin :

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

9. Doa Diberi Kemudahan Ilmu Pengetahuan

Latin :

RABBI ZIDNII ‘ILMAA

Artinya :

“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114)

10. Doa Diberi Kemudahan Perkara Lisan dan Ucapan

Latin :

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII

Artinya :

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

11. Doa Dimudahkan Ketika Ujian

Latin :

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

Artinya :

“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

12. Doa Dimudahkan Urusan Operasi

Latin :

Allahumma Rabbanas Adzhibil Ba’syaa Isyfi. Innaka Anta Syaafi. Laa Syifaa’a Illaa Syifa’uka. Syifaa’an Laa Yughadhliru Saqooman.

Artinya :

Ya Allah Tuhan semua manusia. Engkaulah Penyembuh. Tiada obat kecuali dari Engkau. Jauhkanlah penyakit ini dan jangan kambuh lagi.

13. Doa Dimudahkan Dalam Menggapai Cita Cita

Latin :

Hasbiyallaahu laa ilaaha illaa huwa ‘alaihi tawakkaltu wa huwa robbul ‘arsyil ‘adziim.

Artinya :

Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘arasy yang agung.

14. Doa Dimudahkan Hati Agar Tidak Galau

Latin :

Allohumma yassir wa laa tu’assir

Artinya :

“Ya Allah mudahkanlah, jangan disukarkan”

15. Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan dan Disempurnakan Hajat

Latin :

“Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

Artinya :

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”

16. Doa Dimudahkan Segala Urusan Dunia

Latin :

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmata, wahayya lanaa min amrinaa rosyad

Artinya :

Ya Alloh, berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.

Demikian informasi mengenai doa dimudahkan segala urusan lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang menghadapi masalah dunia dan hati tidak tenang.

Baca :  Doa Puasa Ramadhan Hari Ke 8 Serta Keutamaannya