Cara Sholat Jamak Maghrib dan Isya Beserta Niatnya

Sholat Jamak Maghrib dan Isya – Tahukah kalian jika Islam selalu memberikan kemudahan kepada setiap umatnya dalam urusan beribadah? Hal tersebut di dasarkan pada beberpa hal yang memang mengharuskan kita untuk bisa mengerjakan ibadah tersebut kapanpun dan dimanapun. Dalam konteks ini, ibadah yang di maksud adalah sholat wajib. Yapz, sholat wajib merupakan satu diantara bentuk ibadah yang memang mau tidak mau harus kita kerjakan sebagai umat muslim sebagai bagian dari kewajiban kita di dunia ini.

Akan tetapi terkadang waktu memang tidak bisa di rubah dan tidak bisa di atur sesuai keinginan kita, sehingga adakalanya ketika kita sedang bepergian ataupun sedang melaksanakan kegiatan bertepatan dengan waktu sholat dan memang kegiatan ataupun perjalanan yang sedang kita lakukan tidak bisa di hentikan. Oleh karena itu dalam Islam ada keringanan dalam hal beribadah khsusunya sholat yaitu dengan melakukan sholat secara jamak.

Salah satu contoh sholat jamak yang bisa dikerjakan adalah sholat jamak Maghrib dan Isya. Adapun dalam pelaksanaannya memang tidak sulit untuk bisa kita laksanakan, hanya saja terdapat beberpa faktor penting yang memang harus di perhatikan agar pelaksanannnya dapat di terima oleh Allah SWT. Sholat jamak sendiri merupakan kegiatan yang menggabungkan dua sholat fardhu atau sholat wajib dalam satu waktu.

Tata Cara Sholat Jamak Maghrib dan Isya

Niat Sholat Jamak Maghrib dan Isya

Niat Sholat Jamak Maghrib dan Isya

Terlepas dari faktor-faktor utama yang memperbolehkan kita mengejakan sholat jamak Maghrib dan Isya tersebut, tentu saja anda juga harus tahu beberapa hal penting termasuk syarat sah sholat jamak yang dikerjakan. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, mari kita bersama-sama memperlajari tentang bagaimana tata cara pelaksanaan sholat jamak Maghrib dan Isya agar apa yang sudah kita laksanakan tidak berbuah sia-sia.

Baca :  Tuntunan Shalat Istikharah Dalil dan Keutamaannya

1. Syarat di Perbolehkannya Sholat Jamak Maghrib & Isya

Seperti mana diatas telah kami sampaikan, sebelum kalian mempelajari bagaimana tata cara mengerjakan sholat jamak Maghrib dan Isya, sebaiknya kenali dan ketahuilah terlebih dahulu beberpa syarat sah dan syarat di perbolehkannya mengerjakan sholat jamak ini. Unutk itu silahkan simak beberapa hal penting dibawah ini.

  1. Pelaksanaan sholat jamak tidak diperbolehkan makmum kepadan orang yang tentu saja bukan musyafir (orang yang sedang melakukan perjalanan jauh)
  2. Salah satu syarat di perbolehkannya melakukan sholat jamak Maghrib dan Isya adalah ketika kalian sedang melakukan perjalanan jauh yang sekiranya menempuh jarak sekurang-kurangnya hingga 2 hari atau sejauh 138 km.
  3. dan yang ketiga tentunya perjalanan yang di lakukan tersebut bukan bertujuan untuk melaksanakan maksiat

Setelah mengetahui beberapa syarat sah dan doperbolehkannya mengejakan sholat jamak seperti diatas kami sampaikan, tentunya kalian juga harus memahami jenis-jenis sholat jamak yang terdiri dari dua jenis yaitu ada sholat jamak taqdim dan sholat jamak takhir. Pentingnya mengetahui dua jenis tersebut tentu saja akan bisa memberikan arahan kepada kalian ketika ingin mengejakan sholat jamak maghrib dan Isya yang merupakan sholat wajib 5 waktu. Adapun penjelasan terkait dua jenis sholat jamak diatas dapat kalian simak berikut ini.

2. Sholat Jamak Taqdim & Tata Caranya

Dari beberapa sumber yang ada, disebutkan bahwa sholat jamak taqdim merupakan sebuah kegiatan untuk menggabungkan dua sholat wajib atau sholat fardu dengan cara memajukan waktu sholat wajib tersebut sebelum masuk waktunya disaat kalian sedang mengejakan sholat wajib yang sudah memasuki waktunya. Sebagai contoh pada pembahasan kali ini, kalian yang sedang bepergian jauh akan mengerjakan sholat jamak maghrib dan Isya dengan memajukan waktu sholat isya yang di kerjakan pada saat sholat maghrib, sehingga disebut sebagai sholat jamak taqdim.

Baca :  Manfaat dan Keutamaan Shalat Tasbih Bagi Umat Muslim

Adapun tata cara pelaksanaan sholat jamak taqdim Maghrib dan Isya yang bisa kalian pelajari adalah seabgai berikut:

  1. Pertama kerjakan atau selesaikan terlebih dahulu sholat maghrib seperti biasa ketika telah memasuki waktu sholat maghrib dengan membaca niat
  2. USHALLII FARDLOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA’AATIM MAJMUU’AM MA’AL ‘ISYAA-I JAM’AT TAQDIIMAN ADAA-AL LILLAAHI TA’AALAA
  3. yang mana artinya adalah “Aku sengaja shalat fardu maghrib tiga rakaat yang dijama’ dengan isya, dengan jama taqdim, fardu karena Allah Ta’aala”
  4. Kemudian setelah selesai melaksanakan sholat maghrib dengan membaca niat seperti diatas, kalian langsung bisa mengerjakan sholat Isya sebanyak 4 rakaat
  5. Pelaksanannnya pun tidak boleh disela dengan sholat sunnah lainnya seperti mengerjakan sholat sunnah Istikharah ataupun sholat sunnah yang lainnya.

3. Sholat Jamak Takhir & Tata Caranya

Nah seperti itulah bagaimana cara mengerjakan sholat jamak Taqdim Maghib dan Isya. Setelah kalian mengetahuinya secara jelas, mari kita lanjutkan pembahasan yang berikutnya mengenai jenis-jenis sholat jamak Maghrib dan Isya yang harus kalian ketahui. Adapun untuk jenis yang kedua adalah sholat jamak Takhrir. Yang dimana bisa disebut juga sebagai suatau kegiatan yang mengumpulkan dua sholat wajib dengan cara mengundurkan waktu sholat wajib yang sudah masuk waktunya di waktu berikutnya.

Jika kalian memahami maksud dari penjelasan sholat jamak Taqdim yang kami jelaskan diatas, maka dengan kata lain sholat jamak Takhir merupakan kebalikan dari sholat jamak Taqdim. Yang mana sebagai contoh kalian mengerjakan sholat Maghrib yang di jamak dengan Isya pada saat masuk waktu sholat Isya bukan waktu sholat Maghrib. Adapun cara pelaksanannya pun sangatlah mudah dn tentunya tidak berbeda jauh dengan sholat pada umumnya.

  1. Pertama jelas kalian harus selesaikan terlebih dahulu sholat maghrib dengan jumlah tiga rakaat pada waktu masuk sholat isya datang dengan melafadzkan niat
  2. USHALII FARDLOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA’AATIN MAJMUU’AN MA’AL ‘ISYAA-I JAM’A TA-KHIIRININ ADAA-AN LILLAAHI TA’AALAA
  3. yang mana artinya adalah “Aku Sengaja Shalat Fardu Maghrib Tiga Rakaat Yang Dijama’ Dengan Isya, Dengan Jama Takhir, Fardu Karena Allah Ta’aala”
  4. Setelah selesai melaksanakan sholat maghrib kalian langsung kerjakan sholat Isya sebanyak 4 rakaat dengan tanpa dijeda dengan sholat sunah seperti sholat sunnah witir ataupun yang lainnya.
Baca :  Arti Bacaan Dalam Sholat 5 Waktu Berdasarkan Al-Qur’an

Nah itulah dia kiranya informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar tata cara sholat jamak Maghrib dan Isya serta macam-macam jenis sholat Jamak serta bacaan niat sholat jamak Takdim dan Takhir Maghirb dan Isya. Semoga dengan adanya informasi diatas kalian yang masih belum memahami secara jelas bisa menjadikan materi diatas sebagai media pembelajaran kalian dalam memahami dan menerapkannya, sehingga ketika kalian dalam masa perjalanan jauh tidak lagi harus kehilangan sholat wajib yang memang sudah semestinya harus kalian kerjakan di manapun dan kapanpun.