8 Keutamaan Shalat Witir Sesuai Hadits yang Luar Biasa

Keutamaan Shalat Witir – Ada cukup banyak sekali pembahasan mengenai ajaran agama islam yang sudah sepantasnya untuk kita ketahui dari sekarang. Hal tersebut akan bisa berdampak pada kehidupan kalian kelak ketika, maka tidak salah apabila banyak sekolahan yang mengajarkan pendidikan agama islam dimulai dari dini. Selain dari bagku sekolah, tentu saja kita bisa mendapatkan ilmu dari mana saja termasuk dalam kita mempelajari kaidah islam yang begitu luas dan begitu banyak.

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai keutamaan sholat subuh yang begitu luar biasa, mari kita bersama saat ini lanjutkan pembelajaran kita bersama mengenai satu hal yang mungkin cukup penting untuk bisa kita ketahui. Adalah mengenai keutamaan shalat witir. Apa itu shalat witir? shalat witir merupakan satu dari begitu banyaknya macam shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup sholat malam seperti shalat tahajud ataupun sholat tarawih.

Meski merupakan shalat sunnah namun sholat ini mempunyai hukum sunnah muakkad yang apa bila di kerjakan tentu akan mendapatkan sebuah pahala berlimpah, namun apabila tidak dikerjakan maka kita pun tidak berdosa. Bahkan dari beberapa ulama yang ada mengatakan bahwa shalat witir wajib untuk di kerjakan guna menutup shalat malam yang di kerjakan sebagaimana shalat witir yang sama sekali hampir bahkan tidak pernah di tinggalkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau masih hidup.

Keutamaan Shalat Witir yang Begitu Luar Biasa

Keutamaan Shalat Witir

Keutamaan Shalat Witir

Bahkan ketika kalian bisa mengerti makna dan keutamaan shalat Witir, maka kalian bisa merasakan apa yang akan terjadi dalam kehidupan kalian bilamana kalian benar-benar mengerjakannya hanya karena Allah dan hanya untuk Allah. Selain itu dalam pembahasan kali ini, shalat juga disebut sebagai bentuk tambahan shalat yang akan memberikan kita keberkahan lebih. Dan menurut hadits yang sudah ada, berikut adalah beberapa keutamaan shalat Witir yang mungkin bisa kalian pelajari bersama.

1. Dikabulkan Doanya

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehdiupan di dunia ini memang begitu fana, hal-hal yang mungkin kita anggap mudah namun tidak bisa dikerjakan secara langsung dengan begitu mudahnya. Dan hal tersebut merupakan suatau kehendak Allah SWT yang tidak bisa di hindari, namun dengan kalian mengerti tentang keutamaan shalat Witir, maka bisa saja kalian melaksanakannya setiap hari agar bertujuan kalian lebih dekat dengan Allah SWT.

Dan ketika sudah dekat dengan sang maha Esa, maka setiap doa yang kalian panjatkan ingsaalah akan lebih mudah di kabulkan. Nah itulan satu dari sekian banyak keutamaan dan manfaat sholat witir yang merupakan sholat sunnah muakkad. Jadi tidak ada salahnya apabila mulai saat ini ketika kalian mengerjakan sholat tahajud tutuplah dengan mengerjakan shalat witir.

Baca :  10 Keajaiban Sholat Subuh yang Perlu Kamu Ketahui

2. Diberi Petunjuk & Kekuatan oleh Allah SWT

Kemuduian ketika seseorang senantiasa melaksanakan sholat witir, maka Allah akan memberikan kekuasaanya kepada orang tersebut dengan ketabahan dan kekuatan serta petunjuk ketika seseorang tersebut tengah berada dalam sebuah masalah atau problem dalam kehdiupannya di dunia. Bahkan seperti diatas sudah kami katakan, ketika kita terbiasa mengerjakan shalat witir maka doa yang kita panjatkan jauh akan lebih di dengar oleh Allah.

Selain itu ketika kita mengejakan shalat witir pun kita di anjurkan untuk membaca doa qunit sebagai permohonan petunjuk serta keselamatan kepada Allah SWT. Yang mana jika kalian masih belum mengerti bacaan atau lafadz doa qunut, berikut kami tuliskan dalam bahasa arab yang bisa kalian pelajari dan hafalkan

Lafadz Doa Qunut

Artinya:
“Ya Allah, kepada-Mu kami beribadah, untuk-Mu kami melakukan shalat dan sujud, kepada-Mu kami berusaha dan bersegera (melakukan ibadah). Kami mengharapkan rahmat-Mu, kami takut kepada siksaan-Mu. Sesungguh-nya siksaan-Mu akan menimpa pada orang-orang kafir. Ya Allah, kami minta pertolongan dan memohon ampun kepada-Mu, kami memuji kebaikan-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami beriman kepada–Mu, kami tunduk kepada-Mu dan meninggalkan orang-orang yang kufur kepada-Mu.”

3. Sebagai Tambahan Shalat

Mengerjakan sholat witir juga bisa menjadi pahala tambahan kita sebagai bekal kelak di akhirat, selain itu sholat witir ini juga bisa menjadi tambahan sholat yang tentu saja akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT. Bahkan dari sebuah hadits yang akan kami sampaikan dibawah nanti, dijelaskan bahwa sholat witir merupakan shalat yang di anjurkan untuk di kerjkakan diantara waktu shalat fardhu terkhusus untuk shalat malam yaitu shalat isya dan sebelum waktu subuh datang.

Dengan kita menambah shalat kita tentu saja Allah pun akan jauh lebih senang dan tentu akan lebih baik lagi bagi kehidupan kita karena insaallah akan selalu di berkahi oleh Allah SWT. Dan berikut adalah hadits yang menjelaskan tentang keutamaan shalat witir sebagai shalat tamabahan

Sebagai Tambahan Shalat

Artinya:
“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan shalat, yaitu shalat Witir, maka shalat Witirlah kalian antara waktu shalat ‘Isya’ hingga shalat Shubuh.’” [HR. Ahmad]

Sebagai Tambahan Shalat 2

Artinya:
“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’alatelah memberi kalian tambahan shalat, maka peliharalah dia, yaitu shalat Witir.

4. Shalatnya Disaksikan Malaikat

Salah satu keutamaan shalat witir yang begitu besar adalah membuat shalat kita disaksikan oleh malaikat. Dan hal tersebut tentu saja akan membuat kita lebih baik lagi. Kenapa, tentu saja karena shalat yang kita kerjakan di penghujung malam disaksikan oleh malaikat. Selain itu, ketika malaikan menyaksikan tentunya hal tersebut akan membawa keberkahan untuk kita dan diyakini bahwa malaikat juga ikut mendoakan kita kepada Allah SWT.

Baca :  Tata Cara Shalat Jamak dan Qasar Beserta Syaratnya

Keutamaan shalat witir ini tentu saja menjadi hal yang paling menyenangkan bagi kehidupan kita di dunia ini, karena kita bisa mendapatkan perhatian lebih dari para malaika terutama dari Allah SWT. Dalam konteks ini, disebutkan juga secara jelas dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam muslim yang berbunyi sebagai berikut

Shalatnya Disaksikan Malaikat

Artinya:
“Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu’awiyah] dari [Al A’masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

5. Shalat Witir Dicintai Allah

Allah selalu mencintai umatnya dengan begitu besar bahkan tidak heran bila Allah juga sering memberikan perhatian lebih dalam berbagai bentuk selama kita bisa melihat hal tersebut sebagai bagian dari perhatian Allah SWT. Hal tersebut juga menjadi salah satu keutamaan shalat witir, kenapa karena Allah selalu menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu. Dan ini jelas terpancar dari jumlah rakaat dalam shalat witir yang berjumlah 3 rakaat.

Dengan jumlah rakaat yang ganjil, maka Allah pun begitu mencintai setiap orang yang bisa mengejakan sholat ini sepanjang waktu. Ibadah sunnah yang sast ini bahkan selalu rutin di kerjakan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya. Dialam pemanahasan kali ini, juga sudah di jelaskan pada sebah hadits Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut

Shalat Witir Dicintai Allah

Artinya:
“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

Tentunya dengan kita selalu mengejakan sesuatu yang Allah pun sangat menyikainya, tidaklah mungkin apabila Allah tidak melihat perbuatan tersebut, oleh sebab itu apabila kita sudah mengejakan shalat witir dipenhujung malam, Allah pun selalu memperhatikan kita dan tentunya akan memberikan limpahan berkah serta ridho yang begitu luar biasa. Jadi ketika kalian sudah mengetahui keutamaan shalat witir, mala lakukanlan shalat witir selama kalian masih bisa mengejakannya.

6. Shalat Yang Lebih Baik dari Unta Merah

Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa keutamaan shalat witir merupakan ibadah yang lebih baik dari unta merah. Maksudnya adalah, bahwa shalat witir yang di kerjakan mempunyai nilai lebih besar dari nilai seekor unta merah, bahkan nilainya akan bis abertambah apabila kita bisa mengejakan shalat witir tersebut sebelum waktu subuh datang. Dan berikut adalah hadits yang menerangkan keutamaan tersebut.

Baca :  30 Fadilah Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Shalat Yang Lebih Baik dari Unta Merah

Artinya:
“Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah shalat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu shalat witir, dan telah menjadikannya berada diantara shalat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

7. Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah

Sebagaimana telah kami sampaikan diatas, bahwasannya shalat witir merupakan satu dari sekian ibadah yang tidak pernah sama sekali di tinggalkan oleh baginda Rasulullah SAW. Dalam beberapa artikel sebelumnya, pernah kami sampaikan pula setidaknya ada tiga perkara yang tidak pernah di tinggalkan oleh Rasulullah semasa hidupnya, diantaranya adalah berpuasa tiga hari setiap bulan, mendirikan shalat dhuha, dan melaksanakan shalat witir.

Bahkan apabila beliau meninggalkan shalat witir tersebut, beliau akan langsung mengqadha shalat witir tersebut sejumlah yang beliau tinggalkan. Dalam konteks ini disebutkan pula dalam sebuah hadits rasulullah SAW yang berbunyi

Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah

Artinya:
“Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan shalat Dhuha 2 raka’at dan shalat witir sebelum aku tidur” (HR. Bukhori)

8. Sebagai Penyempurna Shalat Malam

Dan keutamaan shalat witir yang terakhir adalah sebagai penyempurna shalat malam. Yang dimana seperti kita ketahui bersama, shalat witir adalah shalat penutup dari shalat malam yang dikerjakan pada malam hari seperti kita mengerjakan shalat tahajud ataupun kita kerjakan sebelum waktu subuh datang.

Selain itu ketika kita mengejakan shalat witir tersebut sebagai penutuh sholat maka ibadah shalat sunnah malam yang kita kerjakan akan begitu di terima oleh Allah SWT, namun disebutkan pula pada sebah hadits yang mengatakan bahwa shalat malam tidak akan sempurna apabila shalat witir tidak di kerjakan. Dan berikut ialah hadits yang berkaitan tentang hal tersebut

Sebagai Penyempurna Shalat Malam

Artinya:
“Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir”

Dan itulah kiranya 8 keutamaan shalat witir yang akan bisa kalian peroleh ketika mengejakannya sebagaimana kalian mengerjakannya shalat wajib atau shalat fardhu. Semoga dengan adanya pembahasan diatas kalian bisa memperoleh sebuah pembelajaran yang bermanfaat dalam kehidupan kalian. Dan semoga kalian selalu senang dengan setiap materi-materi yang kami sajikan di niatpuasa.com.