Niat Sholat Istisqa Beserta Tata Caranya

Niat Sholat Istisqa – Untuk di Indonesia terdapat dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau, dimana kedua musim yang ada memang sangat bermanfaat bagi kita semua. Namun pada saat musim kemarau panjang, pastinya seluruh isi bumi akan merasa kekeringang, dimana kita semua akan lebih sulit untuk mendapatkan pasokan air. Tanaman juga banyak yang keringa, kebakaran akan semakin mudah terjadi.

Bagi mereka yang sedang mengalami musim kemarau panjang dan ingin sekali merasakan adanya huja, kita semua bisa memintanya. Untuk meminta turun hujan akan terdapat doa meminta hujan, dimana kita diharuskan untuk melaksanakan sholat istisqa. Untuk melaksanakannya memiliki tata cara yang sama seperti sholay wajib, dimana harus membaca niat sholat istisqa. Lalu selanjutnya kita tinggal berdoa meminta turun hujan.

Mungkin sebagian orang masih banyak yang belum tahu akan bacaan doa sholat meminta turun hujan dan sudah banyak juga yang tahu akan tata cara dan bacaan sholatnya. Sebagaimana dalam tata caranya, kita terlebih dahulu bacaa niat, setelah selesai kita tinggal dzikir seperti dzikir setelah sholat Dhuha dan dilanjutkan baca doa. Didalam melaksanakan sholat Istisqa seperti sholat sunnah lainnya yakni dua rakaat.

Bagi kalian semuanya yang belum tahu akan miat sholat istisqa dan dan tata caranya, pada kesempatan yang sangat baik ini. Kami akan memberikan sedikit ilmu kami kepada kalian semuanya yang belum tahu akan bacaan niat dan tata caranya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan  yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

 Beserta Tata Caranya

Niat Sholat Istisqa Beserta Tata Caranya

Niat Sholat Istisqa Beserta Tata Caranya

Dalam melakukan sholat meminta turun hujan atau sholat istisqa, dalam tata cara menjalankannya sama seperti sholat sunnah lainnya. Dimana kita harus bersuci, baca niatnya dan sholat dua rakaat, setelah itu tinggal baca doa minta agar diturunkan hujan. Agar lebih jelasnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan berikut ini.

Baca :  Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Sesuai Sunnah

Niat Sholat Istisqa

Ushalli sunnatal istisqa’i rak‘ataini ma’muman lillahi ta‘ala.

Artinya : “Aku menyengaja shalat sunnah minta hujan dua rakaat sebagai makmum karena Allah SWT.”

Tata Cara Sholat Istisqa

1. Bersuci dengan cara Berwudhu

2. Baca niat sholat istisqa

3. Pada rakat pertama takbir sebanyak 7 kali sebelum baca surat al-fatihah

4. Lalu di rakaat kedua takbir sebanyak 5 kali sebelum baca surat al-fatihah

4. Khutbah sebelum dan sesudah sholat istisqa, akan lebih baik setelah sholat istisqa

Doa Minta Turun Hujan

Allaahumma aghitsnaa, allaahumma aghitsnaa, allaahumma aghitsnaa

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan. Ya Allah, turunkan hujan pada kami. Ya Allah! Hujanilah kami.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Didalam melaksanakan sholat istisqa, sebelum khutnah. Khatib membaca istighfar sebanyak sembilan kali dan setelaj khutbah yang kedua di perkenankan untuk membaca doa sebanyak-banyaknya. Seperti itulah tata cara dan niat sholat istisqa yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya. Semoga ilmu yang telah kami sampaikan kepada kalian semuanya dapat diamalkan oleh anda semuanya.