Cara Mengqodho Sholat Maghrib Dikerjakan Waktu Isya

Cara Mengqodho Sholat Maghrib – Sebagai umat muslim, Sholat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan. Maka dari itu tidak ada alasan apapun bagi seorang muslim untuk meninggalkan sholat 5 waktu apalagi lalai dalam menjalankannya.

Akan tetapi banyak sebagian besar muslim yang terkadang ketiduran hingga akhirnya meninggalkan sholat. Lalu apa yang dilakukan seorang muslim jika ia meninggalkan sholat hingga keluar dari waktunya? Apakah ada dalil yang menjelaskan mengenai cara mengqodho sholat dan bagaimana caranya?

Qodho atau mengqodho shalat berarti mengganti sholat yang telah terlewat dari waktunya. Hukumnya sudah pasti wajib dikerjakan, sebab sholat yang terlewat waktunya tidak gugur kewajibannya. Nah disini kami akan memberikan informasi mengenai cara mengqodho sholat Maghrib dikerjakan waktu Isya.

Selain itu juga kami akan memberikan informasi mengenai beberapa hadits yang membahas mengenai qodho sholat fardhu. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara menghqodho sholat Maghrib yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Mengqodho Sholat Maghrib Dikerjakan Waktu Isya

Cara Mengqodho Sholat Maghrib

Hadits Mengenai Sholat Qodho

Pada saat perang Khandaq di tahun kelima Hijriah, Rasulullah sempat mengqodho 4 waktu sholat, yakni Dzuhur, Ashar, Maghrib dan juga Isya. Dari Nafi’ dari Abi Ubaidah bin Abdillah, telah berkata Abdullah,

”Sesungguhnya orang-orang musyrik telah menyibukkan Rasulullah SAW sehingga tidak bisa mengerjakan empat shalat ketika perang Khandaq hingga malam hari telah sangat gelap. Kemudian beliau SAW memerintahkan Bilal untuk melantunkan adzan diteruskan iqamah. Maka Rasulullah SAW mengerjakan shalat Dzuhur. Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Ashar. Kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Maghrib. Dan kemudian iqamah lagi dan beliau mengerjakan shalat Isya.” (HR. At-Tirmizy dan AnNasa’i)

Baca :  Tata Cara Sholat Istisqo yang Baik dan Benar

Lalu Rasullah SAW juga mempraktekan cara mengqodho sholat Subuh sepulang dari Perang Khaibar. Disamping itu juga apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika tertidur dan habis waktu Subuh ketika terjaga saat pulang dari perang Khaibar di tahun 7 Hijriyah.

Dari Abdullah bin Abi Qatadah dari ayahnya berkata “Kami pernah berjalan bersama Nabi Muhammad SAW pada suatu malam, sebagian kaum berkata,

“Wahai Rasulullah, sekiranya anda mau istirahat sebentar bersama kami?” Beliau menjawab: “Aku khawatir kalian tertidur sehingga terlewatkan shalat.” Bilal berkata, “Aku akan membangunkan kalian.” Maka mereka pun berbaring, sedangkan Bilal bersandar pada hewan tunggangannya.

Namun ternyata rasa kantuk mengalahkannya dan akhirnya Bilal pun tertidur. Ketika Nabi SAW terbangun ternyata matahari sudah terbit, maka beliau pun bersabda: “Wahai Bilal, mana bukti yang kau ucapkan!” Bilal menjawab: “Aku belum pernah sekalipun merasakan kantuk seperti ini sebelumnya.” Beliau lalu bersabda:

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla memegang ruh-ruh kalian sesuai kehendak-Nya dan mengembalikannya kepada kalian sekehendak-Nya pula.

Wahai Bilal, berdiri dan adzanlah (umumkan) kepada orang-orang untuk shalat!” kemudian beliau SAW berwudhu, ketika matahari meninggi dan tampak sinar putihnya, beliau pun berdiri melaksanakan shalat.” (HR. Al-Bukhari)

Ijma’ Ulama atas Wajibnya Mengqodho Sholat

Ijma’ ulama juga sepakat bahwa apapun latar belakang yang mendasari seorang meninggalkan sholat fardhu, baik yang disengaja atau karena udzur yang syar’i, namun kewajiban untuk menggantinya tetap berlaku. Maka dari itu tidak ada bedanya dalam urusan tata cara mengqodho’nya. Tidak ada juga satupun ulama yang berkata bahwa jika sholat yang terlewat itu terlalu banyak jumlahnya, lantas kewajiban qodho’nya menjadi gugur.

Cara Mengqodho Sholat Maghrib yang Dikerjakan Waktu Isya

Untuk cara mengqodho sholat Maghrib dikerjakan waktu Isya, yakni ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan.

Baca :  18 Sunnah dan Tata Cara Shalat Idul Fitri Terlengkap

1. Mengikuti Sholat Isya dengan Niat Sholat Maghrib

Disini ketika kalian sudah sampai rakaat ketiga lalu bertasyahud, berdoa dan kemudian langsung membaca salam.

2. Mengikuti Sholat Isya dengan Niat Sholat Maghrib

Ketika sampai pada rakaat ketiga, kalian cukup duduk terlebih dahulu. Ketika ima bertasyahud untuk sholat Isyanyam, barulah kalian ikut bertasyahud dan kemudian salam bersama imam.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara mengqodho shola Maghrib dikerjakan waktu Isya. Selain itu kami juga memberikan informasi lain mengenai hadits mengenai Qodho Solat fardhu dan Ijma ulama tentang mengqodho sholat. Jangan lupa baca artikel lain mengenai niat sholat Jamak Qoshor dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.