Larangan Puasa Sebelum Ramadhan & Haditsnya

Larangan Puasa Sebelum Ramadhan – Puasa terbagi menjadi dua, yakni puasa wajib dan juga puasa sunnah. Puasa wajib sendiri memiliki hukum yang wajib dan harus dilaksanakan, seperti puasa ramadhan contohnya. Dimana kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk berpuasa.

Sedangkan puasa sunnah adalah puasa yang jika dilaksanakan akan mendapat pahala, dan jikapun tidak dilaksanakan kita tidak akan mendapat dosa. Namun puasa sunnah sendiri juga memiliki kelebihan tersendiri jika dilaksanakan oleh kita semua umat muslim khususnya di Indonesia.

Berbicara mengenai puasa ramadhan, disini kami akan membahas mengenai larang puasa sebelum ramadhan. Ada beberapa informasi yang dapat kalian dapatkan pada pertemuan kali ini mengenai larangan puasa sebelum puasa ramadhan yang wajib kalian ketahui.

Kami juga akan memberikan hadits mengenai larangan puasa sebelum puasa ramadhan yang juga wajib kalian ketahui sebagai muslim. Kemudian faedah dari hadits tersebut juga akan kami bahas dengan lengkap pada pertemuan kali ini. Baiklah daripada penasaran langsung saja kita simak berikut ini.

Larangan Puasa Sebelum Ramadhan & Haditsnya

Larangan Puasa Sebelum Ramadhan

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada ilmu yang dapat diperhatikan sebelum melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Ada larangan yang berisi perintah untuk tidak berpuasa sehari atau dua hari sebelum puasa ramadhan. Hal ini mungkin karena ada yang memiliki tujuan melaksanakan puasa sebelum itu untuk hati-hati atau hanya sekedar melaksanakan ibadah puasa sunnah biasa.

Hadits Mengenai Larangan Puasa Sunnah Ramadhan

Ada salah satu hadits yang membahas mengenai larangan ini, dimana disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Marom Hadits No. 650 sebagai berikut:

Baca :  Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh dan Niat Puasa Hari ini

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu wa sallam bersabda,

لاَ تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ إِلاَّ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا فَلْيَصُمْهُ

Artinya : “Janganlah kalian berpuasa satu atau dua hari sebelum Ramadhan kecuali seseorang yang punya kebiasaan puasa, maka bolehlah ia berpuasa.” (HR. Bukhari no. 1914 dan Muslim no. 1082).

Faedah dari Hadits Diatas

1. Dalil diatas merupakan larangan berpuasa satu atau dua haru sebelum Ramadhan karena ingin hati-hati dalam penentuan awal puasa Ramadhan atau hanya sebatas ingin melaksanakan puasa sunnah biasa.

2. Larangan disini adalah larangan haram. Dimana menurut pendapat lebih kuat karena hukum asal larangan tersebut sampai ada dalil yang menyatakan berbeda.

3. Ada pengecualian untuk mereka yang memilikki kebiasaan puasa tertentu seperti puasa senin-kamis atau juga puasa daud. Jika dilakukan satu atau dua hari sebelum Ramadhan maka tidak apa-apa.

4. Kemudian jika kalian yang hendak melakukan puasa seperti puasa nadzar, kafaroh atau qodho puasa Ramadhan yang lalu, hal ini masih dibolehkan dan tidak termasuk dalam larangan hadits yang kita kaji.

Hikmah Larangan Puasa Sebelum Ramadhan

Dan berbicara mengenai hikmah larangan diatas adalah agar kita dapat membedakan antara amalan wajib (puasa Ramadhan) dan juga amalan sunnag. Selain itu juga agar kita semakin semangat dalam menjalani ibada puasa Ramadhan di awal Ramadhan.

Selain itu, hukum puasa berkaitan dengan melihat hilal, maka orang yang mendahului Ramadhan dengan sehari atau dua hari puasa sebelumnya berarti menyelisihi ketentuan ini. Ada hadits lain yang berbunyi sebagai berikut:

إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ فَلاَ تَصُومُوا

Artinya : “Jika sudah mencapai separuh dari bulan Sya’ban, janganlah kalian berpuasa.“ (HR. Abu Daud no. 2337).

Hadits tersebut bisa dikatakan cukup bertentangan dengan hadits yang sedang kaji, yang mana menyatakan larangan berpuasa satu atau dua hari sebelum Ramadhan masih diperbolehkan meskipun setelah pertengahan Sya’ban. Dan sebenarnya hadits ini pun terdapat perselisihan pendapat mengenai keshahihannya.

Apabila hadits tersebut shahih, maka yang dimaksud adalah larangan puasa sunnah mutlak yang dimulai dari pertengahan bulan Sya’ban. Disamping itu Islam juga memberikan batasan dalam melakukan persiapan sebelum melakukan amalan sholih seperti yang dimaksud dalam hadits ini untuk puasa Ramadhan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai larangan puasa sunnah sebelum Ramadhan yang dapat kami sampaikan. Jangan lupa baca artikel lain mengenai doa puasa Ramadhan hari ke 8 dipostingan sebelumnya. Baiklah semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.