11 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Wajib & Sunnah

Hal yang Mengurangi Pahala Puasa – Dalam Islam puasa adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Terlebih ketika bulan Ramadhan tiba, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama 30 hari penuh.

Bulan Ramadhan sendiri merupakan salah satu bulan yang paling istimewa dan sangat diistimewakan oleh Allah SWT. Dimana kita yang melakukan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan itu niscaya akan mendapatkan pahala yang sangat berlimpah.

Puasa juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga dari sisi mental. Maka dari itu kita sebagai umat muslim alangkah baiknya untuk selalu menjalankan ibadah puasa wajib dan juga puasa sunnah seperti puasa senin-kamis dan puasa sunnah lainnya.

Namun perlu kalian ketahui juga bahwa agar puasa kita diterima oleh Allah SWT, kita harus menghindari beberapa hal yang mengurangi pahala puasa, baik puasa wajib atau puasa sunnah. Nah lebih jelasnya langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Wajib & Sunnah

Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Hal Penting yang Harus Dihindari Selama Berpuasa

Menatap Lawan Jenis

Dalam beribadah puasa, kita sebagai muslim sebaiknya hindari menatap lawan jenis. Karena hal ini dapat mengurangi pahala ibadah puasa yang sedang kita jalani.

Emosi

Hal yang mengurangi pahala puasa yang kedua adalah emosi. Hendaklah kita sebisa mungkin untuk mengontrol emosi yang ada pada diri kita. Karena hal ini sudah pasti akan mengurangi pahala ibadah puasa kita, malah bisa menjadikan puasa kita batal nantinya.

Baca :  Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Berpakaian Kurang Sopan

Bukan hanya perempuan saja yang harus berpakaian sopan dan tertutup, namun laki-laki juga sebaiknya begitu. Karena dalam berpuasa kita jangan sampai menggunakan pakaian yang kurang sopan, baik di dalam ataupun di luar rumah. Hendaklah memakai pakaian yang sopan, rapih dan menutup aurat kita.

Berbuka/Makan Terlalu Banyak

Terkadang ketika kita menahan lapar dan dahaga seharian, kita kurang kontrol ketika waktu berbuka tiba sehingga kita dapat memakan apa saja yang tersaji di meja. Sebenarnya hal ini kurang baik dan dapat mengurangi pahala puasa kita. Usahakan untuk berbuka dengan yang manis-manis dan secukupnya, kemudian sholat maghrib baru setelah itu kita dapat memakan makanan yang berat.

Tertawa Keras

Menebar senyum merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun perlu kalian ketahui bahwa tertawa berlebihan itu kurang baik karena bisa di cap sebagai tindakan yang kurang disukai atau menyinggung.

Memikirkan Makanan Sebelum Waktu Berbuka

Memikirkan makanan sepanjang hari ketika puasa sebaiknya dihindari. Karena ini dapat merusak puasa kalian dan tentu membuat kalian tidak dapat berkonsentrasi pada ibadah puasa.

Memiliki Pemikiran untuk Menurunkan Berat Badan

Berpuasa hendaknya di dasari dengan niat yang ikhlas agar mendapat pahala dan berkah dari Allah SWT. Jangan sampai kita berpuasa dengan niat untuk menurunkan berat badan.

Berbohong

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa tindakan fitnah, berbohong dan mengeluarkan kata-kata yang kotor dapat merusak pahal puasa. Beliau juga mengatakan bahwa Allah SWT tidak perlu meninggalkan makanan atau minuman kalian jika kalian berbohong.

Melakukan Tindakan Kejahatan

Melakukan tindak kejahatan sudah pasti dapat mengurangi pahala puasa dan malah akan mendapatkan dosa yang besar.

Baca :  20 Tata Cara Sholat Jamak Qashar Yang Benar

Menjauhkan Diri dari Tindakan Seksual

Selain itu kita juga dianjurkan untuk menghindari atau menjauhkan diri dari tindakan seksual yang dapat membatalkan puasa kita. Puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, melainkan harus dapat mengontrol emosi serta hawa nafsu kita. Maka dari itu sebisa mungkin hindari hal-hal yang satu ini agar puasa berjalan lancar dan berkah.

Hindari Pembiacaraan Orang Dewasa

Khusus bagi kalian yang mungkin masih dibawah umur, hendaknya menghindari obrolan dewasa ketika berdekatan dengan orang-orang yang sudah dewasa. Hal ini juga dapat mengurangi pahala puasa kita, karena secara tidak langsung kita akan berfikir ke arah yang tidak seharusnya.

Nah itulah beberapa hal yang dapat mengurangi pahala puasa ramadhan dan sunnah yang kita jalani. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lainnya mengenai macam-macam puasa wajib yang telah niatpuasa.com sampaikan di postingan sebelumnya.