Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir Beserta Niatnya

Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir – Bulan ramadhan menjadi bulan penuh ampunan dan bulan yang sangat suci, dimana seluruh umat muslim diseluruh dunia melakukan puasa ramdhan selama satu bulan. Dibulan yang sangat suci tersebut, banyak sekali umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan ibadah. Bahkan dibulan ramadhan kita semua melakukan shalat sunnah tarawih dan juga shalat witir selama bulan ramadhan.

Untuk menjalankan shalat tarawih dibulan ramadhan, ada yang melakukannya sebanyak 23 rakaat beserta shalat witir dan ada juga 11 rakaat berikut dengan shalat witir. Kalian semua juga harus tahu jika terdapat keutamaan shalat witir yang sangat luar biasa, sehingga sangat disayangkan jika kita semua tidak melaksanakannya. Kembali ke jumlah rakaat pada shalat tarawih, dimana sesuai dengan golongan yang di anut.

Sekedar share pengetahuan saja, jika shalat tarawih merupakan shalat suannah muakkad yakni shalat sunah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad saw. Shalat tarawih dan shalat witir memiliki kesunnahan yang tidak akan putus, pasalnya pada shalat dibulan ramadhan tersebut akan lebih baik dilakukan secara berjamaah. Keistimewaan pada shalat dibulan ramadhan tersebut akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Adapun dalam melakukan tata cara shalat tarawih dan witir yang harus kita ketahui dan juga terdapat bacaan niat shalat tarawih dan witir jika kalian ingin melaksanakannya. Sedangkan untuk tata cara shalat tarawih dan witir sama seperti kita melakukan shalat fardu dan shalat sunnah lainnya. Untuk anda semua yang ingin mengetahui lebih lengkap akan tata cara shalat tarawih serta shalat witir, dapat simak langsung saja ulasan dibawah ini.

Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir Beserta Niatnya

Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir Beserta Niatnya

Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir Beserta Niatnya

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika shalat tarawih hukumnya sunaah muakkad, dimana baik dilakukan sendiri dirumah dan lebih baik lagi jika dilakukan berjamaah setelah shalat isya. Adapaun orangg melaksnakan shalat tarawih setiap dua rakaat dan setelah itu tiga rakaat shalat witir. Kemudian ada juga orang yang melaksanakan setiap empat rakaat dan tiga rakaat witir.

Baca :  Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Fardhu 5 Waktu

Bacaan Niat Shalat Tarawih dan Shalat witir

  • Bacaan niat shalat tarawih Imam

Ushollii sunnatat’taroowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lilahi ta’alaa

Artinya :
“Saya niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah ta’ala”

  • Bacaan niat shalat Tarawih Makmum

Ushollii sunnatat’taroowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati Ma’muuman lilahi ta’alaa

Artinya :
“Saya niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah ta’ala”

  • Bacaan niat shalat Tarawih Sendiri

Ushollii sunnatat’taroowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lilahi ta’alaa

Artinya :
“Saya niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala”

  • Bacaan niat shalat Witir 3 Rakaat

Ushollii sunnatal witri tsalaatsa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an ma’muman lilahi ta’alaa

Artinya :
“Saya niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat sebagai ma’maum karena Allah ta’ala”

Nah itulah beberapa bacaan niat shalat tarawih dan niat shalat witir, pada bacaan doa diatas sudah kami lengkapi dengan artinya. Pada bacaan niat shalat seperti diatas dapat kalian baca sesuai dengan posisi kalian, apakah menjadi imam shalat, makmum atau sendiri.

Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir

Kami yakin kalian semua sudah banyak yang tahu bagaiman tata cara shalat tarawih dan witir, karena pada dasarnya untuk shalat sunnah memiliki tata cara yang sama. Hanya saja untuk membedakannya pada bacaan doa niat shalat sunnah yang ingin kalian laksanakan, karena terdapat banyak shalat sunnah yang bisa kita semua lakukan. Berikut ini merupakan tata cara shalat tarawih dan witir yang benar, untuk lebih lanjutnya dapat simak ulasan dibawah ini.

Tata Cara Shalat Tarawih

  • Baca niat shalat tarawih
  • Takbiratul ihram
  • shalat dua rakaat
  • Untuk yang terakhir salam

Tata Cara Shalat Witir

  • Baca niat shalat witir
  • Takbiratul ihram
  • shalat dua rakaat
  • Untuk yang terakhir salam

Nah itulah tata cara shalat tarawih dan witir lengkap dengan doa niat shalat tarawih dan witir yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya. Dimana pada bacaan diatas sudah dilengkapi bacaan untuk shalat jamaah, sendiri dan sebagai imam. Mungkin cukup sampai disinia yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat menambah ilmu agama anda semuanya.