7 Hikmah dan Keutamaan Sholat Idul Adha

Keutamaan Sholat Idul Adha – Berqurban di hari raya idul adha memang menjadi sebuah kebaikan yang perlu untuk kita lakukan selagi kita mampu. Karena dengan berqurban itu berarti kita telah mengingat akan nikmat berupa rezeki yang telah Allah berikan dan kita sisihkan untuk berbagai kepada sesama umat muslim. Selain itu dengan menyelesaikan salah satu ibadah yang paling di sukai oleh Allah SWT ini nantinya anda pun akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah.

Ada banyak sekali hikmah dan juga keutaman sholat idul adha yang bisa kita peroleh ketika menjalankannya. Tentunya bannyak dari kita yang selalu ingin mengkitui sholat idul adha ini karena memang ini juga merupakan salah satu hari raya besar bagi umat islam di berabgai negara. Seperti yang sudah kami jelaskan pada manfaat berkurban di hari raya idul adha, tentu saja bukan hanya manfaat yang akan anda peroleh anda pun juga akan mendapatkan hikman ketika selesai mengerjakan sholat idul adha tersebut.

Oleh sebat itu, tidak heran apabila banyak sekali orang yang menginginkan untuk selalu berjumpa dengan hari raya idul adha ataupun hari raya idul fitri. Namun perlu juga untuk kita semua ketahui sebelum kita melaksanakan sholat idul adha, ada beberapa sunnah yang perlu kita kerjakan seperti sunah berpuasa arrafah dan juga puasa tarwiyah.

Dimana sunnah-sunnah tersebut juga akan mendatangkan hikmah dan juga manfaat yang begitu besar karena berada pada bulan dzulhijah yang mana bulan ini merupakan salah satu bulan paling baik untuk kita sebagai umat muslim berlomba-lomba dalam menegakan ibadah dan mengumpulkan pahala sebagai bekal kelak di akhirat.

Baca :  5 Harga Sapi Qurban Termurah : Update Idul Adha 2019

Hikmah dan Keutamaan Sholat Idul Adha

Keutamaan Sholat Idul Adha

Keutamaan Sholat Idul Adha

Namun bukan kita akan membahas hikmah puasa arafah ataupun tarwiyah, namun sesuai dengan judul diatas, pada kesempatan kali ini akan kita bagikan beberapa hikmah dan keutamaan sholat idul adha yang mungkin belum banyak orang ketahui. Untuk itu silahkan anda simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Saling Berbagi Rizki Sesama Umat Muslim

Salah satu keutamaan sholat idul adha yang utama adalah saling berbagi rizki kepada sesma umat muslim. Kenapa? karena seperti dijelaskan pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, setelah sholat idul adha selesai maka akan dilaksanakannya proses penyembelihan hewan qurban. Yang dimana nantinya daging dari hewan tersebut akan di bagikan kepada sesma umat muslim yang berada pada golongan fakir dan miskin.

2. Berkurban Menjadi Jalan Ketaqwaan

Beretaqwa kepada allah SWT memang sudah menjadi kewajiban kita ketika hidup di dunia ini. Namun ada kalanya sebagai umat manusia mungkin memiliki rasa yang kurang untuk mengingkatkan ketaqwaan kita kepada sang pencipta. Oleh karenanya, dengan menjalankan salah satu hari raya besar ini dengan serangkaian sunnah – sunnah yang sudah di anjurkan itu sama seperti kita sedang meningkatkan ketaqwaan kita kepada alah SWT.

Hal ini juga sudah di jelaskan secara pasti dalam Qur’an Surat Al Hajj ayat 37 yang berfirman :

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. ”

3. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Mendapatkan pahala untuk bekal kelak di akhirat memang menjadi impian bagi sebagian besar umat islam. Oleh karena itu, salah satu keutamaan sholat idul adha adalah untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bagaimana tidak. Selain pahala yang kira peroleh setelah mengerjakan serangkaian ibadah sunnah di bulan dzulhijah, kita juga akan mengerjakan sholat idul adha yang di teruskan dengan penyembelihan hewan qurban.

Baca :  Niat Puasa Tarwiyah Idul Adha Serta Keistimewaannya

Dan bukan saja hanya sampai disitu, dalam sebnuah riwayat Imam Abul Qasim Al Ashbahani, dari sahabat Ali bin Abi Thalib RA, bahwa Rasulullah SAW juga pernah bersabda kepada Fatimah R.HA yang berbunyi :

“Wahai Fatimah, bangkitlah dan saksikan penyembelihan binatang kurbanmu, Sesungguhnya bagimu pada awal tetesan darah binatang itu sebagai pengampunan untuk setiap dosa, ketahuilah kelak dia akan didatangkan (di hari akhirat) dengan daging dan darahnya dan diletakkan di atas timbangan kebaikanmu 70 kali lipat “.

4. Dijauhkan Dari Neraka

Keutamaan sholat idul adha yang selanjutnya ialah akan di jauhkannya kita dari pintu neraka bagi kita yang telah berkurban dengan penuh keikhlasan. Yang dimana pengorbanan itu semata-mata hanya dilakukan hanya karena ketaatan kita kepada Allah SWT. Bahkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Al Husein bin Ali, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Barang siapa berkurban dengan lapang dada (senang hati) dan ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah, maka dia akan diHijab dari neraka” ( H.R At Thabrani )

5. Pintu Penyelamatan Dunia Akhirat

Kemudian salah satu hikmah dan keutamaan sholat idul adha yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan pintu penyelamatan kehidupan kita di dunia dan di akhirat. Dengan kita mengerjakan sholat idul adha dan juga berkurban di hari raya tersebut, itu sama halnya dengan kita sudah benar-benar bisa menysukuri apa yang kita miliki yang di mana itu semua hanyalah sebuah titipan dari Allah SWT. Tentunya hal tersebut juga akan membuat kita semakin jauh dari semua rasa terlalu cinta terhadap semua perkara duniawi.

6. Mengenang Kepatuhan Nabi Ibrahim A.S

Apabila anda mengerti cerita tentang kisah Nabi Ibrahim A.S yang diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putra tercintanya yang kemudian digantikan dengan seekor hewan kurban. Maka dengan anda juga melaksanakan sholat idul adha dan berkurban di saat itu, anda pun bisa di katakan telah mengenang akan kepatuhan Nabi Ibrahim A.S terhadap perintah Allah SWT.

Baca :  Niat Puasa 9 Dzulhijjah Serta Keutamaan Puasa Arafah

7. Berkurban Menjadi Kendaraan Akhirat

Nah keutamaan sholat idul adha yang selanjutnya adalah yakni dengan berkurban itu berarti kita akan mampu mendatangkan hikmah bagi shahibul kurban yang berupa kendaraan di akhirat kelak. Yang dimana nantinya kendaraan itu akan mempermudah kelak kita ketika melewati sebuah jembatan menuju surga. Bahkan dalam salah satu hadits juga diriwayatkan oleh ibnu Rif’ah R.A, bahwa Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda :

“ Perbesarlah kurban – kurban kalian, karena qurban itu ( nantinya ) akan menjadi kendaraan-kendaraan dalam melewati jembatan As Shirat ( jembatan di atas neraka jahanam yang menghubungkan pintu surga ) menuju surga.”

Nah itulah kiranya beberapa manfaat, hikmah dan juga keutamaan sholat idul adha yang merupakan salah satu hari raya besar umat muslim. Semoga kita semua selalu di beri kesehatan dan kemudahan dalam segala macam urusan sehingga kita bisa di pertemukan kembali dengan bulan yang penuh keberkahan ini dan bisa mengikuti sholat idul adha. Amiiin