10 Hikmah Puasa Arafah di Bulan Dzulhijah

Hikmah Puasa Arafah – Bulan dzulhijah merupakan salah satu bulan yang cukup istimewa didalam ajaran agama Islam, banyak sekali keutamaan dan juga pahala yang bisa kita peroleh disaat bulan dzulhijah datang menghampiri setiap tahunnya. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, tapi karena memang bulan yang satu ini merupakan bulan Allah SWT. Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan banyak pahala di saat bulan dzulhijah datang.

Bicara soal pahala dan amalan yang paling baik di lakukan di bulan dzulhijah, tentu saja semua orang tahu bahwa 10 hari pertama di bulan dzulhijah merupakan hari yang sangat banyak di nantikan, dimana di kesepuluh hari tersebut anda dapat mengamalkan berbagai macam amalan seperti puasa tarwiyah yang di lakukan pada tanggal 8 dzulhijah dan puasa arafah yang di kerjakan pada tanggal 9 dzulhijah.

Dengan kita mengerjakan amalan-amalan tersebut tentu saja kita tidak hanya akan membuat kehidupan kita semakin tenang tetapi juga akan mendapatkan berkah dari Allah SWT karena memang amalan tersebut memiliki begitu besar pahala dan hikmah. Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini akan kita bagikan beberapa hikmah puasa arafah atau puasa 9 dzulhijah yang bisa anda dapatkan.

Makna dari setiap puasa yang di kerjakan pada bulan dzulhijah sendiri berbeda-beda namun jika di ambil garis besarnya semua amalan tersebut tetaplah sama yaitu menguatkan iman kita kepada Allah SWT. Dan berikut adalah beberpa hikmah puasa arafah yang akan bisa anda peroleh ketika mengerjakannya ketika bulan dzulhijah datang menghampiri.

Hikmah Puasa Arafah di Bulan Dzulhijah

Hikmah Puasa Arafah

Hikmah Puasa Arafah

1. Memperoleh Keberkahan Umur

Salah satu hikmah puasa arafah yang akan anda peroleh ketika mengejakannya di saat bulan dzulhijah datang adalah akan mendapatkan keberkahan umur dari Allah SWT. Naun untuk bisa mendaptakan hikmah tersebut tentu saja anda harus benar-benar berniat mengejakannya hanya karena Allah Ta’ala dan tidak ada niat lain selain hanya karena Allah.

Baca :  5 Hikmah Puasa Sunnah dan Jenis Puasa Sunnah

2. Bakal Bertambah Rezekinya

Kemudian puasa arafah 9 dzulhijah juga banyak di kerjakan oleh muslimin dan muslimah di berbagai dunia karena mereka meyakini bahwa nantinya Allah akan menggantinya dengan limahan rezei yang tiada tara. Tidak saja hanya samapi disitu, dengan berpuasa arafah pun ktubuhkita akan diberi sebuah kesehatan yang lebih oleh Allah SWT.

3. Lebih Bahagia Kehidupan Rumah Tangganya

Dengan kita semakin dekat dengan Allah SWT, tentu saja akan jauh lebih banyak kenikmatan yang akan bisa kita rasakan. Termasuk ketika kita mengerjakan puasa arafah yang menjadi perantara bagi kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT yang tentu saja akan membuat hati bisa merasa lebih tenang dan berimbas pada kehidupan rumah tangga kita yang semakin harmonis dan bahagia.

4. Diampuni Segala Dosa-Dosanya

Jika anda bertanya hikmah puasa arafah itu apa saja, maka diampuni dosa-dosanya merupakan salah satu hikmah yang akan kita peroleh ketika mengerjakannya hanya karena Allah SWT. Dalam hal ini juga di tuliskan pada sebuah hadist yang berbunyi

“Dari Abu Qatadah, ia berkata: Rasulullah saw telah bersabda, “Puasa pada hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu

5. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Seperti dijelaskan pada beberapa hadist puasa arafah yang ada, salah satu hikmah puasa arafah adalah akan mendapatkan bayak pahala yang berlipat ganda. Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang yang akan berloma-lomba mengerjakan puasa arafah ini disetiap bulan dzulhijah datang.

6. Dimudahkan Dalam Kematian Atau Sakaratul Maut

Kematian merupakan suatu hal yang tidak perlu kita takuti karena pasti akan datang menghampiri kita. Namua satu hal yagn perli kita takuti adalah apa yang akan terjadi ketika kita sudah berada di alam berbeda. Maka dari itu, bagi kita umat islam sudah di wajibkan untuk mengerjakan setiap amalan yang sudah di anjurkan oleh allah. Jika hal tersebut terus anda kerjakan termasuk mengerjakan puasa arafah maka anda akan bisa mendapatkan kematian yang cukup mudah.

Baca :  Niat Puasa 9 Dzulhijjah Serta Keutamaan Puasa Arafah

7. Diterangi Alam Kuburnya

Hikmah puasa arafah yang selanjutnya adalah akan membuat kita bisa mendapatkan hal yang mungkin tidak bisa kita bayangkan yaitu akan di terangkannya alam kubur saat kita meninggal nanti. Nah hikmah ini siapa sih yang tidak ingin mendapatkannya, maka mulai dari sekarang berlomba-lombalah dalam menjalankan ibadah puasa arafah atau ibadah lainnya yang sesuai dengan ajaran agama islam.

8. Berat Timbangan Amalnya Saat Hari Penghisaban

Seperti diatas kami sampaikan puasa arafah sangat memiliki limpahan pahala yang begitu besar, salah satuya adalah kelak ketika kita sudah berada di alam barza akan mendapatkan kemudahan di hari penghisaban saat kita di timbang amalannya.

9. Selamat Dari Jatuhnya Kedudukan di Dunia

Lanjut pada hikmah puasa arafah yang berikutnya yaitu akan diberikan keselamatan dari jatuhnya kedudukan di dunia yang mungkin tidak ingin didapat oleh setiap orang di dunia ini dan tentunya akan di gantikan dengan berkah karunia yang cukup besar dari Allah.

10. Naik Martabatnya Di Sisi Allah Swt

Kemudian hikmah puasa arafah ang akan bisa anda dapatkan adalah dinaikannya martabatnya di sisi allah swt. Maka dari itu sangat sayang sekali jika anda melewatkan puasa arafah yang datang setiap tahun ini.

Itulah kiranya beberapa hikmah puasa arafah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya, simak pula artikel terbaru yang sebelumnya kami bagikan seputar niat zakat fitrah untuk diri sendiri jangan lupa simak juga info menarik lainnya hanya di niatpuasa.com