7 Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha – Ladang pahala memang akan dapat kita temui dimanapun berada dan kapanpun itu meski hanya sebatas perbuatan kecil saja. Untuk mendapatkan pahala tersebut pun kita tidak pernah tahu karena semua sudah di atur oleh Allah SWT. Dengan itu, tidak ada salahnya untuk kita selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta dalam bentuk ibadah apapun yang masih berada dalam konteks ajaran agama islam.

Dari sekian banyaknya jenis perbuatan atau amalan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sebuah pahala dari Allah adalah berkurban yang senantiasa bisa anda lakukan di hari raya idul adha. Selain akan mendapatkan sebuah imbalan berupa pahala dari Allah SWT, ada banyak sekali manfaat berkurban di hari raya idul adha yang akan selalu kita rayakan di setiap tahunnya oleh berjuta-juta umat muslim di berbagai penjuru dunia.

Pada umumnya, berkurban dalam hari raya idul adha menjadi cita-cita untuk semua orang. Akan tetapi dengan merujuk pada sebuah khadidah ajaran agama islam, berkurban sendiri di anjurkan bagi mereka yang sudah mampu dan mapan dalam segala urusan. Yang pasti dengan memupuk rasa empati dengan memiliki cita-cita ingin berkurban, tentunya Allah SWT pun akan segera meridhoi niat baik tersebut dengan memberikan limpahan rezeki.

Oleh karena itu, sebelum anda melaksanakan ibadah kurban mungkin ada baiknya apabila anda juga mengetahui tentang manfaat berkurban di hari raya idul adha agar nantinya ibadah yang sudah anda kerjakan akan benar-benar bisa di terima oleh allah karena anda melaksakan kurban tersebut bukan karena ingin di lihat kaya ataupun sejenisnya oleh sesama umat muslim. Melainkan semua yang anda lakukan tersebut benar-benar ikhlas hanya karena Allah SWT.

Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Berkurban sendiri secara garis besarnya hampir sama seperti bersodakoh yang bisa di lakukan setiap saat ataupun zakat fitrah di setiap menjelang sholat idul fitri setiap tahunnya. Besaran kuban sendiri tidak di patok melainkan harus sesuai dengan syarat hewan kurban yang sudah ada dalam ajaran agama islam. Dan berikut adalah beberapa manfaat berkurban di hari raya idul adha yang perlu anda ketahui.

Baca :  16 Hadits Tentang Silaturahmi Menurut Islam

1. Merupakan Ibadah yang Paling Disukai Allah

Manfaat berkurban di hari raya idul adha yang pertama adalah mengamalkan sebuah perbuatan yang memang sangat di cintai oleh Allah SWT. Hal ini juga dengan jelas dan pasti sudah di tuliskan pada sebuah sabda nabi berikut ini:

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Dan Sesungguhnya darah-darah hewan kurban tersebut nantinya akan sampai kepada Allah sebagai kurban di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” [HR. Ibn Majah dan Tirmidzi. Tirmidzi menyatakan: Hadits ini adalah hasan gharib]

2. Menjadi Ciri-Ciri Keislaman Seseorang

Selain manfaat diatas, dengan anda melaksanakan ibadah kurban anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya. Dimana manfaat berkurban di hari raya idul adha yang akan kalian dapatkan selanjutnya adalah memberikan ciri bahwa anda merupakan seseorang yang memiliki keislaman baik. Hal ini juga sudah di jelaskan secara pasti pada sebuah hadits yang memiliki arti :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak melaksanakan kurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” [HR. Ahmad dan Ibnu Majah]

3. Kebaikan Dari Tiap Helai Bulu Hewan Kurban

Rasulullah pernah di tanya oleh salah seorang sahabat tentang Apa itu Kurban, dan beliau pun menjawabnya: Kurban merupakan sebuah sunnah dari bapak kalian (Nabi Ibrahim). Dan disitu sahabat nabi Muhammad SAW pun kembali bertanya, lalu apa sih keutaman yang akan di peroleh dengan berkurban? Jelas-Nya, Setiap satu helai rambut atau bulu dari hewan kurban yang telah di sembelih dengan baik akan menjadi satu kebaikan bagi sang pengkurban.

Baca :  5 Cara Untuk Istiqomah Setelah Bulan Ramadhan

4. Mengenang Ujian Allah Pada Nabi Ibrahim

Jika kita tahu bahwa ajaran berkurban merupakan ajaran yang di contohkan oleh Nabi Ibrahim ketika beliau mendapakan sebuah wahyu dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Karena anaknya yang sangatlah berbaki kepada orang tua dan kepada RabNya, maka anaknya pun bergegas memerintahkan ayahnya (Nabi Ibrahim) untuk menyembelihnya.

Disaat itulah, Allah kembali memberikan sebuah wahyu agar Nabi Ibrahim untuk menggantikan anaknya dengan satu hewan kurban. Dari situ, dapat kita jadikan pelajaran bahwa kita sebagai anak haruslah selalu taat terhadap perintah orang tua dan juga selalu taat terhadap perintah Allah SWT, dan ini juga menjadi manfaat berkurban di hari raya idul adha yang akan anda peroleh karena anda benar-benar bisa merasakan kepedihan serorang Nabi Ibrahim ketika mendapatkan wahyu tersebut.

5. Berkurban Merupakan Syiar Agama Islam

Manfaat berkurban di hari raya idul adha yang selanjutnya adalah anda telah melaksanakan syiar agama islam. Dimana ditulis pada sebuah surat didalam Al-Quran surat Al Hajj ayat 34 disebutkan bahwa :

Bagi tiap-tiap umat yang telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), untuk supaya mereka selalu menyebut naka Allah terhadap binatang ternak yang telah di rezekikan Allah kepada mereka. Maka tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa.

Karena itu ada baiknya untuk kita selalu berserah diri kepada Allah SWT yang mana merupakan sang pencipta segala-galanya yang ada di muka bumi ini. Dengan begitu ketika anda melaksanakan syiar agama Islam lewat sebuah penyembelihan hewan kurban, maka anda sudah melaksanakan sebagian kecil perintah Allah SWT yang diwajibkan bagi umat muslim yang telah mampu.

6. Berkurban Merupakan Ibadah Paling Utama

Merujuk pada Qur’an surat Al Kautsar ayat 2 dijelaskan secara pasti bahwa allah telah memerintahkan kita sebagai umat muslim untuk berkurban.

berkurban “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” [Qur’an Surat Al Kautsar : 2]

7. Menunjukkan Kecintaan Terhadap Sesama

Dengan kita melaksanakan ibadah kurban di setiap tahunnnya, tentu saja akan ada manfaat berkurban di hari raya idul adha yang akan kita peroleh. Salah satunya adalah mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan dalam kehidupan kita di dunia dan di akhirat kelak. Hal ini jelas karena ketika kita menjalankan ibadah kurban, itu sama halnya kita telah mengingat terhadap sesama.

Baca :  8 Larangan Orang Berqurban yang Wajib Diketahui

Yang dimana hal ini di karenakan, setiap potongan dari hewan kurban yang kita kurbankan akan dibagikan untuk bisa di nikmati oleh sesma umat muslim yang ada dan berada pada golongan fakir miskin.

Itulah kiranya beberapa manfaat berkurban di hari raya idul adha yang bisa kita dapatkan ketika kita dengan ikhlas dan ridho melaksanakan perintah Allah SWT yang satu ini. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi penjelasan yang mudah anda pahami. Jangan lupa simak pula artikel menarik tentang harga sapi qurban terbaru dan juga bacaan doa menyembelih hewan qurban yang sebelumnya sudah kami sampaikan.