6 Syarat Hewan Qurban & Kriteria Menurut Syariat Islam

Syarat Hewan Qurban – Menjelang hari raya idul adha yang sebentar lagi akan tiba, tentunya bagi semua umat muslim di dunia ingin bergegas mencari hewan kurban untuk bisa mereka kurbankan. Namun sebelum anda membeli hewan kurban, tentunya adan juga harus mengetahui kriteria dan juga syarat hewan Qurban yang bisa anda pilih karena dalam berkurban tidak semua hewan dan semua kondisi hewan bisa anda kurbankan.

Pada umumnya berkurban di hari raya idul adha bisa di lakukan dengan memilih hewan berupa sapi, unta ataupun kambing dan domba. Namun jika melihat pada syariat ajaran agama Islam, urutan dari hewan yang harus di qurbankan adalah unta kemudian sapi. Setelah itu barulah domba dan kambing. Selain itu jika anda ingin melaksakan kurban dalam bentuk sapi atau unta, maka anda di perbolehkan untuk patungan dengan 7 orang untuk satu sapi atau unta.

Tidak hanya itu saja, dengan semakin mahalnya harga sapi qurban dan juga harga kambing qurban setiap tahunnya. Maka memahami syarat hewan qurban yang baik dan juga ketentuan-ketentuannya merupakan bagian yang paling penting untuk kita semua ketahui. Terutama bagi para calon pengqurban.

Jika di gambar berdasarkan sifatnya, hewan qurban yang paling pas dan tepat untuk bisa di qurbakan adalah hewan yang memiliki sifat sempurna sebagai binatang ternak. Yang dimana tanda-tanda dari sempurnanya hewan Qurban tersebut adalah gemuk, memiliki daging yang banyak, memiliki bentuk yang sempurna, bagus dan juga mahal.

Syarat Hewan Qurban Menurut Syariat Islam

Syarat Hewan Qurban

Syarat Hewan Qurban

Untuk kalian yang mungkin di tahun ini akan melaksanakan ibadah kurban dan ingin membeli hewan qurban sendiri, seperti diatas kami katakan anda perlu mengetahui dengan pasti syarat hewan qurban yang baik dan cocok untuk bisa anda pilih. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda membaca beberapa point penting terkait syarat hewan Kurban yang bisa anda pilih dibawah ini agar nantinya tidak ada kesalahan dalam pemilihan hewan qurban yang akan anda beli.

Baca :  Ketentuan Aqiqah Menurut Islam yang Wajib Kita Ketahui 

1. Usia Hewan

Salah satu syarat hewan qurban yang perlu untuk anda perhatikan adalah usianya. Dimana usia yang di perbolehkan untuk seekor hewan kurban yang bisa di kurbankan adalah hewan yang sudah jaza’ah atau berusia setengah tahun untuk doma dan sudah tsaniyyah atau sudah berusia 1 tahun penuh untuk hewan lainnya seperti sapi ataupun unta.

Oleh karena itu sebelum anda membelinya, pastikan terlebih dahulu bahwa hewan tersebut sudah memiliki cukup usia ketika akan anda jadikan hewan qurban di idul adha tahun ini. Jika dilihat dari bentuknya yang sudah cukup ideal namun belum memiliki usia yang cukup sebaiknya gantilah hewan qurban yang memang sudah memiliki usia yang telah di anjurkan dalam ajaran agama islam.

2. Kondisi Hewan

Selain melihat dari usia, pemilihan hewan qurban yang baik dan benar juga dilihat dari kondisi hewan yang akan anda beli tersebut. Apakah dalam keadaan yang sehat atau terkena aib atau cacat. Yang dimana dari ajaran agama islam yang kita tahu, ada beberapa hal yang menandakan bahwa hewan tersebut cacat dan tidak di perbolehkan untuk dijadikan hewan kurban.

Hal ini juga di sebutkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits, yaitu terlihat buta sebelah, terlihat pincang secara jelas, memiliki sakit yang jelas, dan sangat kurus atau tidak memiliki sumsum tulang. Jadi sebelum anda membeli hewan qurban perlulah kalian tahu kondisi hewan tersebut.

3. Kepemilikan Hewan

Kemudian syarat hewan qurban yang juga tidak kalah pentingnya adalah kepemilikan hewan tersebut. Jika memang hewan tersebut adalah milik sendiri yang dirawat dari kecil, maka sudah barang pasti anda mengetahui kondisi dan juga umurnya. Namun apabila hewan yang akan anda kurbankan merupakan hewan yang di beli, maka carilah penjual yang memang sudah memiliki reputasi baik dalam penjualan hewan qurban. Apabila hewan tersebut berasal dari perampokan, pencurian, maka jelas hewan tersebut tidak akan bisa untuk anda jadikan sebagai hewan qurban.

Baca :  6 Tata Cara Shalat Idul Adha Beserta Bacaan Niatnya

4. Kriteria Utama Hewan Qurban

Meski sudah kami jelaskan diatas, kritaeria hewan qurban yang paling baik. Namun tidak ada salahnya apabila kami juga memasukan kriteria ini menjadi salah satu syarat hewan qurban yang harus anda ketahui. Dimana kriteria hewan qurban yang paling baik adalah hewan yang memang sudah di anjurkan oleh ajaran agama islam yang diantara adalah unta dan sapi yang merupakan hewan qurban paling utama. Barulah anda bisa menggantinya dengan domba ataupun kambing.

5. Hewan Qurban Yang Dimakruhkan

Makruh atau yang memiliki arti dianjurkan untuk di tinggalkan, tetapi bukan berdosa jika memang dikerjakan. Dengan melihat hal tersebut, tentu saja kriteria hewan qurban yang di makruhkan adalah hewan yang benar-benar tidak memiliki kondisi sempurna seperti memiliki telinga atau ekor yang putis, pantat dan ambing susunya putus, tidak memiliki gigi, gila, dan tidak bertanduk. Maka dari itu syarat hewan qurban yang baik dan benar perlu sejatinya untuk anda ketahui sejak dini.

6. Penyembelihan Hewan Kurban

Syarat hewan Qurban yang terakhir adalah penyembelihan hewan qurban yang harus terjadi pada waktu yang telah di tentukan syariat ajaran agama Islam. Yang dimana, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban selalu di lakukan setelah sholat idul adha. Sementara jika di lihat menurut madzhab syafii adalah 4 hari setelah idul adha.

Dengan mengetahui syarat hewan qurban dan kriteria hewan qurban yang baik tentu saja anda bisa memastikan hewan yang anda belu merupakan hewan yang sudah cocok untuka nda jadikan sebagai hewan qurban. Nah kiranya itu terlebih dahulu info yang bisa kami bagikan, semoga di tahun ini anda semua bisa melaksanakan ibadah qurban. Amiin

Baca :  5 Cara Untuk Istiqomah Setelah Bulan Ramadhan