Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an yang Wajib Diketahui

Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an – Kalian mungkin sudah mengetahui malam Nuzulul Qur’an. Dimana Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan, yakni malam dimana diturunkannya kita suci umat Islam Al Qur’an kepada Rasulullah SAW.

Waktu turunnya Al Qur’an juga memiliki pendapat yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya pada tanggal 17 Ramadhan dan ada juga yang berpendapat bahwa turunnya Al Qur’an pada malam Lailatul Qadar. Selain itu juga ada beberapa pendapat ulama mengenai kapan waktu Nuzulul Qur’an ini terjadi.

Perbedaan pendapat tersebut juga didukung dengan dalil yang diyakini masing-masing, akan tetapi para ulama sepakat bahwa Nuzulul Qur’an ini terjadi pada bulan Ramadhan. Berbicara mengenai Nuzulul Qur’an, disini kami juga akan membahas mengenai sejarahnya serta keutamaannya.

Malam ini terjadi pada bulan Ramadhan yang mana kita kenal sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan. Jadi kita dapat selalu beribadah dengan melakukan puasa wajib serta ibadah-ibadah lain yang nantinya dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an yang Wajib Diketahui

Keutamaan Malam Nuzulul Quran 1

Melakukan hal-hal yang baik dan menjauhi semua laranganNya. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan dan juga pembahasan lengkap mengenai sejarah dan juga keutamaan malam Nuzulul Qur’an yang telah kami siapkan berikut ini.

Sejarah Turunnya Al Qur’an

Sejarah turunnya Al Qur’an terjadi pada saat Rasulullah SAW pertama kali menerima wahyu Al Qur’an di Gua Hira pada tahun 610 M. Ketika pertama kali turun, surah yang dibacakan kepada Rasulullah SAW adalah surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Peristiwa ini terjadi pada bulan Ramadhan sehingga sering diperingati di setiap malam-malam di bulan Ramadhan. Banyak juga yang memperingatinya pada malam ke 17 di bulan Ramadhan dengan berbagai hal seperti pengajian, makan-makan hingga membuat semacam perayaan adat yang ada hubungannya dengan Ramadhan.

Baca :  2 Doa Khatam Quran Sesuai Sunnah Beserta Artinya

Sebelum mendapat wahyu di Gua Hira, Nabi Muhammad SAW memikirkan mengenai hakikat tentang kebenaran yang jauh dari kehidupan masyarakat Jahiliyah pada saat itu. Kebiasaan ini juga sudah dilakukan oleh beliau sejak dari sebelum ia menikan dengan Siti Khadijah.

Setiap bulan Ramadhan beliau menyendiri di Gua tersebut dengan membawa perbekalan seperri makanan dan juga dengan beribadah. Karena lokasi gua yang sangat strategis dan nyaman dijadikan tempat beruzlah. Dan disinilah terjadi peristiwa besar di bulan Ramadhan, yakni turunya Al Qur’an yang sekaligus menjadi diangkatnya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul Allah SWT.

Persitiwa tersebut juga dikabarkan oleh Nabi Muhammad untuk pertama kalinya kepada istrinya Khadijah. Kemudian istrinya percaya dan membenarkan atas risalah besar yang akan diemban oleh Nabi Muhammad SAW sebagai seorang Nabi dan Rasul Allah SWT di masa mendatang.

Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an

Kemudian untuk keutamaannya, adalah Allah SWT akan melipatgandakan pahala dalam hal beribadah. Jadi disini kalian dapat melaksanakan semua ibadah seperti kewajiban dan juga sunnah. Ada banyak sekali amalan ibadah yang dapat dilakukan untuk meraih keutamaan malam penuh berkah di bulan Ramadhan ini.

Salah satunya adalah dengan mengisi tadarus Al Qur’an, memperbanyak zikir, memperbanyak sedekah, i’tikaf (berdiam diri di masjid), sholat sunnah Tarawih, witir hingga tahajud dan juga berbuat baik kepada sesama baik dalam sikap maupun perbuatan.

Selain itu juga kalian dpaat memberik makanan untuk berbuka puasa bagi mereka yang kurang mampu. Ini juga menjadi salah satu amalan yang cukup mudah di malam Nuzulul Qur’an.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai keutamaan malam Nuzulul Qur’an yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kalian juga dapat memahami mengenai sejarah turunnya Al Qur’an pada bulan Ramadhan. Jangan lupa baca artikel lain mengenai amalan bulan Muharram dipostingan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaa dan menambah wawasan kalian semua.

Baca :  11 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa Wajib & Sunnah