Malam Lailatul Qadar 2020 : Tanda-tanda & Keutamaan

Malam Lailatul Qadar – Sebagai umat muslim, kalian tentu sudah pernah diajarkan mengenai malam Lailatul Qadar. Malam ini juga dikenal sebagai malam seribu bulan yang hanya terdapat di bulan Ramadhan saja. Malam ini juga merupakan malam yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan tersebut juga lebih baik dibandingkan dengan malam-malam lainnya. Banyak sekali keberkahan yang terdapat di dalamnya. Lailatul Qadar juga terdapat pada malam-malam ganjil di akhir Ramadhan, yakni malam 21, 23, 25, 27 dan 29.

Rasulullah SAW sendiri juga pernah memberikan bocoran mengenai datangnya malam seribu bulan, yang mana ada di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

“Carilah Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.” (Muttafaqun ‘alaihi dari Aisyah radhiyallahu ‘anha)

Kemudian lebih jelasnya lagi Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa malam ini datang pada malam ganjil bulan Ramadhan.

“Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan).

Selain itu juga ada tanda-tanda akan datangnya malam seribu bulan ini, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasan mengenai malam Lailatul Qadar, ciri-ciri dan keutamaanya berikut ini.

Malam Lailatul Qadar : Tanda-tanda & Keutamaan

Malam Lailatul Qadar

Tanda-tanda

Malam seribu bulan juga memiliki tanda-tanda ketika malam ini datang di malam ganjil sepuluh malam terakhir. Apa saja tanda-tandanya mari kita simak berikut ini:

Pertama

Tanda-tanda yang pertama adalah udara dan suasana pagi yang tenang. Ibnu Abbas ra berkata bahwa Rasululla SAW pernah bersabda sebagai berikut,

“Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah” (Hadist Hasan)

Kedua

Tanda-tanda yang kedua adalah cahaya mentari lemah , cerak tak bersinar kuat keesokannya. Dari Ubay bin Ka’ab ra bahwa Rasulullah SAW juga bersabda sebagai berikut,

Baca :  Doa Berbuka Puasa Ramadhan: Keutamaan, Bahasa Arab, Latin Terlengkap

“Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan” (HR Muslim)

Ketiga

Terkadang juga terbawa mimpi seperti yang dialami oleh sebagai sahabat nabi.

Keempat

Bulan nampak separuh bulatan. Abu Hurairah ra pernah bertutur, kami pernah berdiskusi mengenai Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, dan beliau bersabda,

“Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR. Muslim)

Kelima

Dan tanda kelima adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada lemparan meteor bagi setan atau tidak ada bintang yang bergeser. Sebagaiman hadits dari Watsilah bin Al-Aqsa dari Rasulullah SAW berikut ini,

“Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan)

Keenam

Dan terakhir adalah dimana orang yang beribadah pada malam tersebut merasakan lezatnya ibadah, ketenangan hati dan juga kenikmatan bermunajat kepada Allah SWT yang tidak seperti malam-malam lainnya.

Keutamaan Malam Seribu Bulan

Lalu untuk keutamaannya, malam ini memang memiliki kebaikan yang lebih dibandingkan malam-malam lainnya. Disini kalian dapat memohon ampun atas dosa-dosa yang telah kalian lakukan, niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan. Hal tersebut berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barangsiapa shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR. Imam Bukhari).

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai malam seribu bulan yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan penjelasan mengenai tanda-tanda dan juga keutamaan yang dimiliki malam yang satu ini. Jangan lupa baca juga keutamaan bulan Ramadhan dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Baca :  Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh dan Niat Puasa Hari ini