Tata Cara Shalat Qashar Beserta Niat dan Syaratnya

Tata Cara Shalat Qashar – Kami yakin kalian semua sudah banyak yang tahu, seluruh umat muslim selalu melakukan shalat wajib 5 waktu. Akan tetapi banyak tuntuna kehidupan yang membuat beberapa umat muslim tidak melaksanakan shalat wajib secara tepat waktu. Hal tersebut terdapat beberapa alasan seperti pekerjaan dan hal lainnya, namun didalam agama Islam memperbolehkan setiap umatnya untuk menjalankan shalat sendiri jika ada suatu halangan.

Namun akan sulit bagi orang yang sedang bepergian jauh, entah itu bepergian lewat jalur dara atau lewat jalur laut. Pastinya cukup sulit untuk melakukan shalat wajib, tetapi wakru shalat sudah hampir habis dan kalian belum melakukan kewajiban sebagai umat muslim. Jika kita berada di posisi seperti tersebut, agama Islam memperbolehkan umatnya untuk melakukan shalat Qashar.

Untuk melakukan shalat qashar, kalian semua harus memenuhi beberapa syarat untuk melakukan shalat qashar. Karena terdapat tata cara shalat qashar yang harus kalian penuhi, sama halnya dengan tata cara shalat jamak yang sama-sama harus tahu tata cara untuk melakukannya. Biasanya untuk melakukan shalat qashar bagi orang musyafir atau sedang bepergian jauh, itu salah satu syarat untuk melakukan shalat qashar dan juga jamak.

Untuk melakukan shalat qashar atau shalat yang dipendekan dari shalat fardu dengan jumlah empat rakaat menjadi 2 rakaat seperti Dzuhur, Ashar dan Isya. Hukum dari shalat qashar adalah mubah atau diperbolehkan, namun hal tersebut diperbolehkan jika memneuhi tata cara shalat qashar dan syaratnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, dapat simak ulasan yang sudah kami persiapkan untuk kalian semua dibawah ini.

Tata Cara Shalat Qashar Beserta Niat dan Syaratnya

Tata Cara Shalat Qashar Beserta Niat dan Syaratnya

Tata Cara Shalat Qashar Beserta Niat dan Syaratnya

Tuntutan pekerjaan memang mau tidak mau harus kita lakukan setiap hari, bahkan sering kali menunda waktu shalat wajib. Terlebih bagi kalian semua yang sering kali melakukan perjalanan jauh, pastinya akan sulit sekali untuk mengatur waktu agar tepat waktu dalam menjalankan shatal wajib. Tentu sangat berbeda sekali dengan shalat sunah seperti shalat ghaib yang bisa dilakukan dan diperbolehkan tidak melakukannya.

Baca :  Cara Sholat Jamak Maghrib dan Isya Beserta Niatnya

Bagi kalian yang sering melakukan perjalanan jaug atau juga seorang musyafir, bisa melakukan shalat qashar. Untuk itu kalian semua harus mengetahui tata cara shalat qashar beserta syarat dan niatnya, karena tidak semua orang dibolehkan untuk melakukan shalat qashar. Baiklah untuk mempersingkat waktu, kalian semua dapat simak tata cara shalat qashar berikut ini.

Syarat dan Niat Shalat Qashar

  • Bagi orang bepergian jauh yang bertujuan guna menyambung tali silaturahmi dengan saudra, bepergian dengan tujuan mubah seperti bekerja atau berdagang dan juga untuk membayar hutang dan bukan bertujuan untuk maksiat.
  • Bepergian dengan jarak tempuh lebih dari dua marhalah(16 faraskh atau 48 mil) / empat barid atau 2 hari
  • Untuk melakukan shalat qashar ada’ atau shalat yang dikerjakanan pada waktunya bukan qadha
  • Shalat qashar tidak dilakukan dengan cara makmum atau mengikuti yang sedang melaksanakan shalat itmam, entah itu imam sedang melakukan perjalanan jauh atau musafir
  • Melakukannya jika kalian masih yakin bila kalian masih melakukan perjalanan, bila masih ragu dan meras sudah sampai tujuan diharuskan menyempurnakan shalatnya
  • Niat shalat qashar

Usholli farduzh dzuhri rok’ataini qasran adaa lilahi ta’ala

Artinya :

“saya niat shalat fardhu dhuhur secara qashar dua rakaat karena Allah”

Tata Cara Shalat Qashar

  • Untuk tata cara shalat qashar baca niat shalat qashar
  • Takbiratul ihrom
  • Lakukan shalat dua rakaat
  • Lalu salam

Untuk tata cara shalat qashar yang kami sampaikan diatas contoh melakukan shata qashat dzuhur, untuk melakukan shalat qashar ashar sma persis seperti contoh diatas. Namun sebelum melakukan shalat qashar, kalian semua harus memenuhi beberapa syarat seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Didalam agama Islam tidak hanya ada shat fardu saja, kita juga dianjurkan untuk melakukan shalat sunnah seperti shalat Istikharah dan lainnya. Nah itulah tata cara dan syarat untuk melakukan shalat qashar, semoga informasi yang kami sampaikan kepada kalian semua dapat menjadi ilmu tambahan bagi seluruh umat muslim.

Baca :  9 Keutamaan dan Manfaat Shalat Istikharah Paling Utama