20 Amalan Bulan Muharram Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Amalan Bulan Muharram – Amalan bagi umat muslim termasuk dalam hal yang dapat menjadikan mendapat pahala yang berlimpah. Banyak sekali jenis amalan yang dapat kita lakukan sebagai muslim kepada sesama muslim di seluruh dunia.

Dan salah satu amalan yang dapat kita lakukan adalah ketika bulan Muharram tiba, dimana pada bulan ini umat islam merayakan tahun Islam. Menurut Rasulullah SAW sendiri, beliau menganjurkan untuk melakukan berbagai macam amalan yang akan kita bahas kali ini.

Jenis amalan bulan Muharram ini salah satunya adalah dengan berpuasa sunnah. Puasa sunnah disini adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, seperti dengan melaksanakan puasa sunnah 1 Muharram, Tasu’a 9 Muharram dan Asyura pada 10 Muharram.

Selain itu amalan bulan Muharram lainnya adalah dengan memperbanyak sholat sunnah, bertaubat dengan bersungguh-sungguh dan masih banyak lagi amalan lainya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai amalan dan larangan bulan Muharram berikut ini.

Amalan Bulan Muharram Sesuai Anjuran Nabi Muhammad

Amalan Bulan Muharram

Amalan Bulan Muharram yang Dianjurkan

Berpuasa (Puasa 1 Muharram, Tasu’a 9 Muharram dan Asyura 10 Muharram)

Dikatakan bahwa puasa yang utama selain puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Pendapat ini disampaikan juga dengan hadits Riwayat Muslim dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu sebagai berikut:

” Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Ta’ala (yaitu) Muharram. Sedangkan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”

Untuk pelaksanaannya dianjurkan untuk melaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Hal ini juga sesuai dengan hadits Riwayat Muslim bahwasannya puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.

Baca :  12 Amalan Saat Gerhana Matahari

Perbanyak Sholat Sunnah

Selain amalan diatas, kalian juga dapat melakukan amalan lain seperti perbanyak sholat Sunnah agar mendapat pahala yang sangat besar.

Bertaubat

Bertaubat juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Taubat Nasuha sendiri adalah proses kembali kepada Allah dari hal yang Dia benci secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang Dia sukai. Alangkah baiknya kalian melaksanakan sholat Taubat.

Sambung Silaturahmi

Kemudian dengan menyambung tali sliaturahmi juga menjadi salah satu amalan yang dapat menjadikan kita mendapatkan pahala yang besar. Perselisihan atau pertengkaran alangkah baiknya diselesaikan dengan baik agar menjadi lebih tenang dan berkah.

Perbanyak Shodaqoh

Memperbanyak shodaqoh memang tidak menjadikan kita miskin, malah sebaliknya dengan kita perbanyak shodaqoh makan rejeki kita akan lebih mengalir dan juga berkah.

Santuni Anak Yatim

Menyantuni anak yatim memang menjadi salah satu amalan yang baik, namun ketika datang bulan Muharram, amalan ini akan lebih besar pahalanya.

“Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat.”

Menjenguk Orang Sakit

Amalan bulan Muharram berikutnya adalah dengan datang menjenguk saudara atau tetangga yang sedang sakit. Ketika kita menjenguk orang sakit tentu kita akan mendoakan orang tersebut agar cepat sembuh seperti sediakala. Inilah yang menjadi ladang pahala di bulan Muharram salah satunya.

Ziarah ke Orang Alim

Berziarah ke makam orang alim bukan berarti kita meminta doa darinya, malah kita justru mendoakan mereka yang kita ziarahi maka doa tersebut akan diganjar dengan pahala yang besar. Kemudian meminta doa kepada orang alim yang masih hidup juga termasuk dalam ziarah.

Baca :  15 Amalan 10 Muharram yang Menghasilkan Pahala Berlipat

Menambah Nafkah Keluarga

Dengan menambah nafkah di keluarga kita maka hidup akan lebih tentram dan berkah karena semua kebutuhan rumah tangga telah tercukupi.

Rajin Membaca Surat Al Ikhlas

Membaca surat Al Ikhlas bisa menjadi perantara untuk memperlancar rizki, yakni dengan membaca 1000 kali. Ini juga menjadi salah satu amalan yang dapat kita lakukan sebagai muslim di bulan Muharram.

Larangan Bulan Muharram

Kemudian untuk larangan di bulan Muharram, ada beberapa larangan yang ada pada bulan ini yakni umat Islam dilarang untuk melakukan peperangan, mendzalimi diri sendiri dan berbuat dosa.

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu.”

Nah itulah beberapa pembasan lengkap mengenai amalan bulan Muharram dan larangan yang wajib kalian ketahui sebagai umat Islam. Jangan lupa juga simak artikel lain mengenai niat puasa Tasu’a 9 Muharram dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai Islam bagi kalian semua.