7 Fungsi Beriman Kepada Kitab Allah di Dalam Kehidupan

Fungsi Beriman Kepada Kitab Allah – Kita semua tahu di dalam ajaran agama Islam, kita di tuntut untuk selalu taat dan patuh terhadap apa yang sudah di ajarkan oleh para pendahulu kita. Salah satunya adalah taat terhadap kitab Allah. Disamping itu, hal tersebut juga merupakan salah satu rukun iman yang wajib untuk di imani oleh seorang muslim.

Apa sih itu iman kepadan kitab Allah. Secara rinci, iman kepada kitab Allah sendiri terdiri dari dua unsur yaitu iman dan juga kitab allah. Iman sendiri merupakan bentuk dari keyakinan yang muncul dari dalam hati dan di ucapkan secara lisan kemudian di buktikan dengan perbuatan seluruh anggota badan dalam di kehidupan sehari-hari.

Pembuktian tersebut di dasarkan pada azas ajaran agama islam yang di maksudkan untuk meningkatkan ketakwaan kepada sang Maha Pencipta Allah SWT. Sementara kitab Allah sendiri yaitu merurpakan kumpulan wahyu Allah SWT yang di turunkan atua di wahyukan kepadan nabi dan rasul dengan perantara malaikan jibril.

Wahyu tersebut di turunkan untuk di teruskan kepada manusia sebagai umat atau kaumnya sebagai bagian dari petunjuk dan juga pedoman hidup yang dimaksudkan untuk membuat para pengikut dan umatnya mendapatkan kebahagiaan baik dunia ataupun akhirat.

Fungsi Beriman Kepada Kitab Allah di Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Beriman Kepada Kitab Allah

Maka dari itu, Iman kepada kitab Allah sendiri bisa disimpulkan sebagai bentuk dari keyakinan hati bahwa Allah menurunkan Wahyu kepada para nabi dan rasul yang dimana wahyu-wahyu tersebut sudah di himpun atau di kumpulkan menjadi satu dalam bentuk kitab Aquran.

Dimana inti dari semua wahyu tersebut untuk membuat seluruh umat dan kaumnya agar melalukan kebaikan dan meninggalkan keburukan. Jadi bila di telaah lebih dalam, akan ada banyak sekali fungsi beriman kepadan kitab allah itu sendiri. Nah untuk memahami hal tersebut, berikut adalah fungsi beriman kepada kitab Allah yang harus anda ketahui.

1. Mendapatkan Hikmah dan Pelajaran di Masa Lalu

Bagi setiap umat muslim yang selalu taat dan taqwa kepada kitab Allah SWT, di yakini akan bisa mendapatkan hikmat dan pelajaran di masa lalu. Yang dimana di dalam kitab suci Al Quran banyak sekali terdapat kisah orang shaleh yang bisa kita ikuti. Salah satu contohnya adalah kisah dari seorang Lukman.

Yang dimana, di dalam Al Quran tersebut di kisahkan bahwa Luqman merupakan salah satu orang shaleh yang selalu mengajarkan keshalehan kepada para anak-anakanya. Dan namanya telah di abadikan kedalam Al Quran serta utnuk bisa di jadikan sebagai teladan bagi orang tua yang ingin mendidik anaknya secara benar sampai dengan akhir zaman.

2. Mendapatkan Petunjuk Hidup

Fungsi beriman kepada kitab Allah yang selanjutnya yaitu akan mendapatkan petunjuk dalam kehidupan. Nah sebagai bagian dari rukun iman, tentu saja ini akan menjadi bekal yang cukup berharga dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, kita di wajibkan untuk selalu mengamalkan apa yang di perintahkan di dalam Al Quran sebagai umat muslim.

Dan di pastikan pula bahwa setiap orang yang tidak meyakini kitab Allah, maka dalam kehidupannya dan di sepanjang sejarah akan selalu di laknat dan pastinya akan mendapatkan dampak yang negarif. Maka dari itu, kita sebagai umat muslim harus selalu taat terhadap kitab Alquran selain selalu menjalankan sholat wajib atau fardhu sebagai tiang agamanya.

Baca :  6 Hikmah dan Keutamaan Wakaf Menurut Agama Islam

3. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

Kemudian selain dua hal diatas, fungsi beriman kepada kitab Allah yang selanjutnya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan. Yah sebagaimana diatas kami tulis, bahwannya ada banyak sekali sejarah islam yang tertulis dan tertuang didalam Al Quran, sehingga salah ketika kita selalu beriman kepadan kitab Allah tersebut, maka akan banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan.

4. Mendapatkan Pengetahuan Tentang Hari Akhir

Kemudian, kita juga akan mendapatkan pengetahuian lebih detail dan lebih jelas tentang hari akhir atau hari kiamat. Oleh karena itu bagi kita sebagai umat muslim yang ingin mengetahui tentang hari akhir maka langsung saja anda pelajari semuanya di dalam kitab Al Quran.

Seluruh informasi mengenai hari akhir yang terdapat di dalam kitab Al Quran tersebut tentu akan berakibat pada keyakinan atau kepercayaan setiap umat muslim untuk mempertanggungjawabkan seluruh amalan manusia dan menyakini adanya hari pembalasan yaitu surga dan juga neraka.

5. Mendapatkan Hidayah dan Cahaya Kehidupan

Mempercayai dan menyakini kita Al Quran memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim. Dengan begitu, maka tidak ada hal lain yang akan bisa kita peroleh termasuk juga hidayah serta cahaya kehidupan yang akan menuntun kita sebagai umat muslim untuk semakin dekat dengan kebenaran.

6. Memperkuat Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Sebagaimana diketahui, kita sebagai umat muslim memang di tuntut untuk selalu taqwa dan juga beriman kepada Allah SWT dengan cara melakukan setiap hal yang di anjurkan dan selalu menjauhi hal atau larangan yang ada. Oleh karena itu, dengan meyakini kitab Allah yaitu Al Quran, maka besar kemungkinan kita akan semakin memperkuan keimanan dan juga ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Baca :  6 Tata Cara Shalat Idul Adha Beserta Bacaan Niatnya

7 Akan Mendapat Syafa’at (pertolongan) di Akhirat Kelak

Seperti diatas sudah kami sampaikan, ketika kita selalu mengamalkan apa yang di ajarkan dan di tulis di dalam Al Quran. Maka besar kemungkinan kita seabgai umat muslim akan mendapatkan pertolongan di hari akhir kelak. Dimana pertolongan tersebut hanya Allah yang akan memberikannya bukan dari orang-orang terdekat kita.

Nah itulah kiranya beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar fungsi beriman kepada kitab Allah di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga apa yang sudah kami tulis dan rangkum diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semuanya.