Advertisements

√ Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki : Syarat, Takaran & Waktu

Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki – Sebagaimana diketahui, zakat fitrah merupakan ibadah maaliyah yang menyertai dan menyempurnakan ibadah puasa seorang umat Islam di bulan Ramadhan. Amalan tersebut dikerjakan ataupun dibayarkan saat bulan Ramadhan menjelang sholat Idul Fitri.

Zakat fitrah sifatnya melekat kepada pribadi-pribadi muslim laki laki maupun perempuan entah itu anak-anak ataupun orang dewasa. Selain itu, zakat fitrah juga berfungsi untuk menyucikan umat Islam yang berpuasa di bulan Ramadhan dari ucapan kotor beserta perbuatan tidak berguna.

Tentunya bacaan niat zakat fitrah antara anak laki laki dengan bacaan NIAT ZAKAT FITRAH UNTUK ANAK PEREMPUAN cukup berbeda. Oleh karena itu, penting bagi kalian sebagai orang tua untuk mengetahui bagaimana bacaan atau pelafalan niat zakat fitrah untuk anak laki lakinya.

Advertisements

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai doa zakat fitrah untuk anak laki laki mulai dari arab, latin, beserta artinya. Di bawah ini juga akan kami bahas secara rinci mengenai takaran hingga waktu pembayaran zakat fitrah untuk anak laki laki.

Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki
Advertisements

Hukum Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki

Seperti dijelaskan di atas, hukum zakat fitrah bagi setiap muslim adalah wajib, entah itu pria ataupun wanita, kecil ataupun dewasa serta budak ataupun merdeka. Karena sifat atau hukum zakat fitrah adalah wajib, maka umat Islam tidak boleh meninggalkannya.

Zakat fitrah merupakan salah satu dari rukun Islam sehingga harus dijalankan atau dilakukan oleh seluruh umat muslim. Selain itu, seorang ayah juga harus mengeluarkan zakat fitrah untuk anak-anaknya sebagai bentuk tanggung jawab kepala keluarga untuk orang yang ia nafkahi.

Baca :  7 Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga Terlengkap

Syarat Wajib Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki

Syarat Wajib Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki
Advertisements

Ketika hendak membayar zakat, terdapat SYARAT WAJIB ZAKAT FITRAH yang harus dipenuhi. Nah, sebelum membahas doa zakat fitrah untuk anak laki laki lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu syarat-syarat pembayaran zakatnya di bawah ini.

  • Beragama Islam serta merdeka.
  • Menjumpai dua waktu diantara bulan Ramadhan dan Syawal meskipun hanya sesaat.
  • Mempunyai harta melebihi daripada kebutuhannya sehari-hari baik itu untuk dirinya sendiri serta orang-orang atas kewajibannya di waktu atau saat hari raya Idul Fitri.

Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki

Zakat fitrah yang diwajibkan atas diri setiap individu harus sesuai dengan ketentuan agama Islam, salah satunya yaitu melafalkan doa atau niat zakat fitrah. Niat zakat fitrah sendiri terbagi menjadi enam niat berbeda dari masing-masing orang yang diniatkan melaksanakan ibadah tersebut, salah satunya yaitu untuk anak laki laki.

Niat zakat fitrah untuk anak laki laki ini dapat diucapkan dalam hati, bisa dilafalkan dalam bahasa Indonesia ataupun dilafalkan dalam bahasa Arab. Berikut merupakan bacaan doa zakat fitrah untuk anak laki laki.

Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki Laki
Advertisements

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

Artinya :

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku . . . (sebutkan nama anak laki laki), fardhu karena Allah Ta’ala”

Perhitungan Takaran Zakat Fitrah

Perhitungan Takaran Zakat Fitrah
Advertisements

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai bacaan doa zakat fitrah untuk anak laki laki mulai dari arab, latin hingga artinya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana CARA MEMBAYAR ZAKAT FITRAH serta berapa besar takaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan bagi anak laki laki.

Menurut beberapa ulama, besarnya zakat fitrah untuk anak laki-laki adalah satu sha’ gandum, satu sha’ kurma ataupun satu sha’ makanan pokok lainnya. Di dalam Fiqih Sunnah dijelaskan bahwa satu sha’ sama dengan empat mud yaitu sekitar 3,33 liter.

Baca :  Cara Menghitung Zakat Mal yang Benar dan Contohnya

Jadi jika ditimbang, satu sha’ sama dengan sekitar 2,7 kg. Namun, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganjurkan masyarakat Indonesia sebagai umat muslim untuk menggenapkan zakat fitrahnya menjadi 2,5 kg atau 3 kg sehingga lebih aman.

Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah

Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah
Advertisements

Para ulama sepakat bahwa zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam pada akhir bulan Ramadhan. Namun, terdapat perbedaan pendapat mengenai PERHITUNGAN ZAKAT FITRAH, salah satunya yaitu batasan waktu pembayaran zakat fitrah.

Menurut Imam Ahmad, Imam Syafi’i dalam qaul jadid serta satu riwayat Imam Malik, waktu wajib pembayaran zakat fitrah yaitu ketika terbenamnya matahari pada malam Idul Fitri. Sebab, saat itulah waktu untuk berbuka puasa Ramadhan.

Sementara menurut Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i dalam qaul qadim dan satu riwayat Imam Malik, waktu wajib pembayaran zakat fitrah yaitu ketika terbut fajar pada hari raya Idul Fitri. Jadi, pada intinya batas akhir pembayaran zakat fitrah untuk anak laki laki adalah sebelum Sholat Idul Fitri.

Demikian penjelasan dari Niatpuasa.com seputar bacaan doa zakat fitrah untuk anak laki laki disertai besaran dan waktu pembayarannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan acuan ketika hendak membayarkan zakat fitrah untuk anak laki lakinya.

Advertisements