7 Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga Terlengkap

Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga – Nilai kepuasan yang akan kita dapatkan setelah melewati bulan suci ramadhan adalah ketika kita telah mampu menunauikan puasa wajib ramadhan dan juga telah mampu membayar zakat fitrah. Karena dengan kita selesai menunaikan itu semua di tambah dengan kita telah melaksanakan shalat idul fitri sama saja kita telah mensucikan diri kita kembali seperti disaat kita baru lahir ke dunia ini.

Dari ketiga hal tersebut zakat fitrah merupakan satu kewajiban yang memiliki nilai sangat penting terhadap ibadah puasa ramadhan yang telah kita jalankan selama 1 bulan penuh. Hal tersebut karena bisa di bilang Zakat Fitrah sendiri merupakan penyempurna puasa di bulan suci ramadhan. Dan apabila itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim maka mau tidak mau kita sebagai umat muslim pun harus mengerjakannya.

Meski bersifat individu bagi setiap umat muslim, akan tetapi ketika kita ingin membayarkan zakat fitrah pun akan lebih baik untuk membaca niat atau doa zakat fitrah baik untuk diri sendiri atapun untuk keluarga. Bacaan doa zakat fitrah untuk keluarga sendiri bisa di bacakan secara lisan ataupun juga di dalam hati. Akan tetapi untuk lebih memantapkan niat, doa tersebut sebagiknya kalian baca di dalam hati karena memang disitulah tempat keikhlasan yang paling besar.

Bacaan Doa Zakat Fitrah Untuk Keluarga

Bacaan Doa Zakat Fitrah Untuk Keluarga

Bacaan Doa Zakat Fitrah Untuk Keluarga

Dalam kaidah islam pembacaan doa zakat fitrah untuk keluarga juga bisa di lakukan setiap orang yang memang akan membayarkan zakat tersebut di waktu yang telah di tentukan dalam ajaran agama Islam. Akan tetapi kami yakin bahwa saat ini masih ada banyak orang yang mungkin masih belum mengerti dengan bacaan niat atau bacaan doa zakat fitrah baik untuk diri sendiri ataupun untuk keluarga. Untuk itu bagi kalian yang sedang memperlajari dan ingin mengetahui bacaan doanya, silahkan simak informasinya di bawah ini.

Baca :  Doa Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Tata Caranya

Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

Nawaitu An Ukhriza Zakaatalfithri ‘An nafsi Haadza Zakaatul Maalilmafruudhoh

Artinya : “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘ala.”

Doa Zakat Fitrah Untuk Istri

Doa Zakat Fitrah Untuk Istri

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘ala.”

Doa Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan

Doa Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘ala.”

Doa Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-Laki

Doa Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-Laki

Artinya : “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘ala.”

Doa Zakat Fitrah Atas Nama Ayahnya

Doa Zakat Fitrah Atas Nama Ayahnya

Nawaitu An Ukhriza Zakaatalfithri ‘An Abii”

Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat atas nama ayahku…”

Doa Zakat Fitrah Atas Nama Ibunya

Doa Zakat Fitrah Atas Nama Ibunya

“Nawaitu An Ukhriza Zakaatalfithri ‘An Ummi

Artinya: “Saya niat mengeluarkan zakat atas nama ibuku…”

Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Artinya : “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘ala.”

Tujuan utama dari di keluarkannya zakat fitrah yang di ambil dari sebagian harta yang kita miliki adalah untuk menysucikan harta yang kita miliki. Karena pada dasarnya harga yang kita miliki terdapat bagian dari milik orang lain. Akan tetapi sebelm kalian menyerahkan zakat fitrah disaat menjelang bulan suci ramadhan, alangkah baiknya kalian membaca doa yang sudah kami sampaikan diatas. Apabila kalian memang niat untuk satu keluarga bisa kalian baca doa zakat fitrah untuk keluarga seperti yang sudah kami tulis diatas.

Selain sudah menyelesaikan tugas kita sebagai umat muslim yang beriman dengan membayarkan zakat dari harta yang kita miliki. Denga membayar zakat fitrah, kita juga akan mendapatkan beberapa hikmah yang tentunya sangat berharga bagi kehidupan kita di dunia ini. Dan beberpa hikmah tersebut antara lain:

  1. Dengan membayar zakat kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah dan sekaligus bisa meredamkan amarah Allah, karena secara tidak langsung kita sebagai umat-Nya telah menunaikan faidah zakat yang memang sudah di syariatkan dalam ajaran agala Islam
  2. Dengan membayar zakat, kiga juga sudah melakukan upaya untuk mencegah dari hal-hal yang tidak kita inginkan dalah konteks ini adalah kejahatan
  3. Dengan membayar zakat, kita juga secara tidak langsung sudah menghilangkan sifat kikir yang ada dalam diri kita karena kita di ajari untuk bisa berbagi kepada orang yang memang membutuhkan
  4. Dengan membayar zakat, tentu saja kita juga sudah menjalankan ebuah amalan yagn sangat mulia, karena didalamnya terdapat kandungan soluti paling tepat dan terbaik untuk kehidupan seorang muslim
  5. Dengan membayar zakat, kita juga akan mendapatkan limpahan berkah dari Allah termasuk di lapangkannya kasih sayang tuhan lantaran doa dari orang fakir miskin yang menerima zakat kita terkabulkan
Baca :  Cara Menghitung Zakat Mal yang Benar dan Contohnya

Dan itulah kiranya beberapa bacaan doa zakat fitrah untuk keluarga dan juga untuk diri sendiri yang bisa kalian pelajari. Sehingga ketika nanti datang saatnya kalian untuk membayar zakat tepatnya di akhir bulan ramadhan kalian sudah bisa mengkafalnya. Untuk lebih memantapkannya lagi tentang ajaran zakat fitrah, silahkan kalian simak beberapa dalil zakat fitrah yang sudah kami bahas dan kumpulkan di ulasan sebelumnya. Dan tentunya semoga ulasan atau informasi di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca setia niatpuasa.com.