Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Doa Sahur Dan Buka Puasa – Banyak sekali ibadah yang dapat di lakukan setiap orang untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada sang khalik. Selain dari ibadah wajib yaitu sholat fardu atau sholat 5 waktu yang meliputi sholat subuh, sholat dzuhur, sohat ashar, solat maghrib, dan sholat isya, tentunya sebagai umat beragama kita di sunahkan untuk melaksanakan ibadah lain yang memang sudah dianjurkan oleh Agama Islam.

Salah satu ibadah yang cukup banyak di kerjakan oleh umat muslim adalah berpuasa, mulai dari puasa daud, puasa senin kamis, puasa bulan muharan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan tentunya dengan berbedanya puasa yang di lakukan akan ada beberapa pembeda yang akan membuat puasa tersebut bisa di terima oleh Allah SWT. Salah satunya adalah niat dan bacaan doa sahur dan buka puasanya.

Namun pada kesempatan kali ini bukan bacaan lafadz niat puasa sunah yang sudah kami sebutkan diatas yang akan kita bahas, melainkan mengenai bacaan doa sahur dan buka puasa ramadhan. Lalu apa itu puasa ramadhan? kalian bisa melihat dan memahaminya di artikel sebelumnya yang membahas mengenai pengertian puasa ramadhan yang kami tulis dan ulas secara lengkap serta mendetail.

Bacaan Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Seperti kita ketahui puasa ramadhan merupakan salah satu puasa yang di wajibkan bagi setiap muslim apabila bulan tersebut datang disetiap tahunnya. Tata cara puasa ramadhan pun sepertinya sudah pernah kita bahas dan bisa dibilang hampir sama seperti puasa-puasa sunah lainnya. Akan tetapi ada satu hal yang perlu kalian ketahui rukun puasa ramadhan agar puasa yang kita jalani akan selalu diterima oleh Allah SWT.

Baca :  5 Hikmah Puasa Sunnah dan Jenis Puasa Sunnah

Dari sekian banyak rukun puasa ramadhan seperti niat, membaca doa sahur dan buka puasa tentunya kalian harus benar-benar memahaminya. Alasanya tentu saja agar ibadah yang kita jalani semakin terasa sempurna, namun tentunya kita sebagai umat muslim juga harus tetap menjalankan ibadah wajib yaitu sholat fardu seperti kami sampaikan diatas. Oleh karenanya, Allah dan Rasulullah selalu menganjurkan agar kita selalu menjadi orang yang bertaqwa di dunia ini.

Meski bacaan niat puasa ramadhan serta doa sahur dan buka puasa pastinya sudah kita pelajari sedari kecil lewat pembelajaran yang ada di sekolahan atau di tempat mengaji, namun tidak ada salahnya bukan untuk kita kembali mengingatkan kalian mengenai bacaan-bacaan rukun puasa? Terlebih lagi bagi kalian yang memang tengah berusaha menjadi muslim yang lebih bertaqwa dan beriman kepada Allah serta Rasulullah, tentunya informasi ini bisa menjadi sarana kalian berlajarnya.

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan yang datang disetiap tahun merupakan salah satu cara untuk kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena ketika menjalankan ibadah puasa ramadhan kita diwajibkan untuk bisa menjadi orang yang lebih penyabar, baik dalam hal menahan lapar dan dahaga, menahan hawa nafsu, dan juga menahan amarah. Tentunya banyak sekali hikmah yang akan di peroleh setiap muslim yang selalu menjalankan puasa ramadhan tersebut tentunya dengan mengacu pada rukun puasa ramadhan, dan keutamaan puasa ramadhan yang sudah ada.

Adapun salah satu rukun puasa yang ada adalah membaca niat sebelum melangsungkan puasa mulai dari terbitnya sang rajar (matahari) sampai tengelamnya matahari. Adapun bacaan niat puasa ramadhan yang benar adalah sebagai berikutBacaan Lafadz Niat Puasa Ramadhan

Baca :  Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, Niat dan Pengertiannya

NAWAITU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA

Artinya:
“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”.

Lafadz Doa Sahur dan Buka Puasa Latin

Lafadz Doa Sahur dan Buka Puasa Latin

Bacaan Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Dalam ajaran agama Islam dalam menjalankan puasa tentu kita harus mengikuti dan memenuhi rukun puasa yang ada, selain niat puasa diatas ada juga rukun puasa membaca doa sahur dan buka puasa yang dilakukan pada menjelang fajar terbit untuk doa sahur dan setelah fajr terbenam saat buka puasa. Lalu bagaimana bacaan doa sahur dan buka puasa ramadhan yang benar? berikut kami sampaikan dalam bahasa arab, latin, berserta artinya.

  • Doa Sahur Puasa Ramadhan

Menurut kitab-kitab hadist yang sudah ada, dituliskan bahwa tidak ada doa khusu ketika makan sahur, pun dalam kitab-kitab fiqih ternama seperti Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, dan Fiqih Empat Madzhab, didalamnya hanya di cantumkan doa berbuka puasa ramadhan dan tidak dicantumkan bagiamana lafadz doa sahur yang khusus. Oleh karena itu, doa sebelum makan yang biasa kita baca, merupakan doa sahur puasa ramadhan.

Namun sebelum membacanya akan lebih sempurna apabila kalian melafadzkan basmalah karena membaca basmallah merupakan salah satu hal baik yang bisa kita lakukan sebelum makan, sebagaimana telah di sabdakan pada hadist shahih yang berbunyiHadis-Shahih

Artinya:
“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca ‘Bismilaahi awalahu wa aakhirahu’” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Sedangkan untuk doa sahur puasa ramadhan yang bisa kalian panjatkan ialah sebagai berikutDoa Sahur Puasa Ramadhan

ALLOHUMMA BAARIKLANAA FIIMAA ROZAQTANAA WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR

Artinya:
“Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Dan setelah selesai menyantap makan sahur lebih sempurna apabila kalian melafadzkan doa berikut iniDoa Sesudah Sahur

ALHAMDU LILLAHIL LADZII AT’AMANAA WASAQOONAA WAJA,ALANAA MUSLIMIIN

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

  • Doa Buka Puasa Ramadhan

Dan setelahnya kita sudah bisa melangsungkan ibadah puasa ramadhan hingga waktu berbuka puasa telah tiba yaitu disaat adzan maghrib atau setelah sang fajar (matahari) terbenam. Adapun bacaan doa sahur dan buka puasa yang benar ialah sebagai berikutDoa Buka Puasa Ramadhan

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya:
“Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Nah itulah beberpa bacaan doa yang termasuk dalam rukun puasa seperti doa niat puasa, doa sahur dan buka puasa yang bisa kalian amalkan setiap kali kalian akan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan atau bulan yang di muliakan Allah SWT. Semoga dengan menyimak informasi terbaru dari niatpuasa.com diatas seputar bacaan doa sahur dan buka puasa ramadhan kalian bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih baik lagi dalam keinginan kalian untuk lebih mendekatkan diri pada sang khalik atau dalam artian lagi lebih bertaqwa.