Doa Setelah Adzan dan Keutamaannya : Arab, Latin & artinya

Doa Setelah Adzan – Adzan merupakan panggilan bagi seluruh umat muslim untuk melaksanakan ibada sholat wajib 5 waktu, setelah adzan berkumandang kemudian dilanjutkan iqomah sebagai penanda shoalt dimulai atau dilaksanakan. Kita sebagai umat muslim memang diwajibkan untuk melaksanakan sholat wajib tepat waktu, akan lebih bagus jika kalian satang sholat berjamaah di masjid, karena pahalanya akan lebih besar.

Selain itu juga ketika kita henda sholat berjamaah di masjid, kita akan dilindungi dalamn perjalanan oleh malaikat. Adapun tata cara sebelum kalian melaksanakan sholat yakni bersuci dengan cara berwudhu, memakai pakain yang rapi dan pakai pengharum. Jika sebelumnya kami sudah sampaikan kepada kalian semua akan bacaan ayat kursi dan bacaan doa iftitah.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, kami akan informasikan kepada kalian semua akan bacaan adzan dan iqomah. Selain itu juga dilengkapi juga dengan bacaan setelah adzan yang diserta arab, latin dan artinya. Mungkin untuk sebagian orang sudah mengetahuinya, namun ada juga orang hanya tahu bacaanya saja, namun untuk artinya belum banyak yang tahu.

Oleh karena itu pada kesempatan yang sangat baik ini, kami akan memberikan ilmu yang kami miliki untuk anda semuanya. Untuk lebih jelasnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

Doa Setelah Adzan dan Keutamaannya

Doa Setelah Adzan dan Keutamaannya

Doa Setelah Adzan dan Keutamaannya

Diwaktu antara adzan dan iqomah merupakan waktu yang sangat baik sekali untuk memanjatkan semua doa-doa kita semua, karena niscaya semua doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tetapi sebelum itu kalian harus melakukan sholat sunnah rawatib dua rakaat. Untuk lebih jelasnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan bacaan doa setelah adazan dan bacaan adzan dan iqomah berikut ini.

Baca :  Doa Sujud Sahwi Beserta Tata Cara Mengerjakannya

Bacaan Adzan

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)

Artinya : Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)

Artinya : Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)

Artinya : Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah

Hayya‘alashshalaah. (2x)

Artinya : Marilah Sholat

Hayya‘alalfalaah. (2x)

Artinya : Marilah menuju kepada kejayaan

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)

Artinya : Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Laa ilaaha illallaah. (1x)

Artinya : Tiada Tuhan selain Allah

Bacaan Setelah Adzan

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Artinya : “Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Bacaa Setelah Iqommah

“Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.”

Artinya : “Semoga Allah mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada.”

Itula bacaan doa setelah adzan dan juga dilengkapi dengan bacaan adzan dari arab, latin dan juga artinya. Insya allah kami yakin jika kalian semua sudah banyak yang hafal dengan bacaan adzan da iqommah. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua, semoga malan diatas dapat menambah ilmu bagi anda semua serta bisa mengamalkannya.