Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Adab & Anjurannya

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit – Berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sudah sepantasnya kita kerjakan baik dalam keadaan sehat ataupun dalam keadaan sakit. Karena dengan berdoa setidaknya kita selalu mengingat Allah ada disetiap kehidupan yang kita jalani di bumi ini. Dan bicara soal doa, tentunya ada banyak sekali macam-macam doa yang bisa kita panjatkan dan kita lakukan disetiap watunya. Seperti yang sebelumnya kita bahas bersama yaitu doa setelah sholat jumat salah satunya.

Selain itu, tentu saja masih ada banyak sekali macam-macam doa yang bisa dilakukan baik itu setelah kita selesai mengejakan sholat ataupun disaat kita akan melakukan makan dan juga tidur. Dalam setiap doa tentunya ada makna yang bisa kita peroleh sehingga Rasulullah pun menganjurkan kita sebagai umatnya untuk bisa memanjatkan doa dalam segala macam kondisi dikehidupan yang kita jalani. Salah satu dari sekian banyaknya macam doa yang harus kita ketahui adalah doa ketika menjenguk orang sakit.

Dengan kita mendoakan orang yang sedang sakit setidaknya kita membantu ujian yang sedang di terima sadara kita agar cepat di beri kesembuhan oleh Allah SWT. Karena didalam ajaran agama Islam, kita sebagai umatnya pun juga sangat di anjurkan untuk memperhatikan hak-hak orang sakit. Dengan dianjurkannya kita sebagai umat muslim untuk membaca doa ketika menjenguk orang sakit, maka selain kita sudah membuat orang yang sedang terkena masalah, kita juga setidaknya memberikan bentuk perhatian.

Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

Memang tidak ada yang tahu mengenai penyakit dan kapan akan disembuhkannya oleh Allah yang memberikan penyakit tersebut, namun dengan kita membacakan doa ketika menjenguk orang sakit setidaknya Allah akan mendengar dan ingsaalah doa yang kita panjatkan tersebut akan bisa membuat ringan penyakit yang sedang di alami oleh saudara kita. Dan bagi kalian yang masih belum mengetahui bacaan doa ketika menjenguk orang sakit, kalian bisa memperlajarinya dibawah ini, ingsaalah kami akan tuliskan secara lengkap dalam bahasa arab, latin, beserta artinya.

Baca :  Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

1. Doa untuk Orang Sakit dengan Surat Al-Fatihah

Surat Al Fatihah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHI, ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN, ARRAHMAANIRRAHIIM MAALIKI YAUMIDDIIN, IYYAKA NABUDU WAIYYAAKA NASTAIIN, IHDINASHIRRATAL MUSTAQIM, SHIRATALLADZINA AN’AMTA ALAIHIM GHAIRIL MAGHDUUBI ALAIHIM WALADHAALIN

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai di Hari Pembalasan, Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Surat Al-Fatihah yang juga disebut dengan Ash Shalah merupakan salah satu syarat sahnya sholat, selain itu surat Al-Fatihah juga disebut sebagai Asy Syifa. Yang dimana menurut hadits riwayat Ad Darimi dari Abu Sa’id, sebagai hadits marfu, Fatihatul kitab itu juga merupakan As Syifa atau peneymbuh dari setiap racun yang ada.

Tidak saja hanya sampai disitu, penjelasan kenapa surat Al-Fatihah juga bisa menjadi doa ketika menjenguk orang sakit adalah karena pada umala besar juga sering membacakan surat Al-Fatihah sebagai doa kepada Allah SWT, yang kemudian setelah selesai beliau selalu meniupkan pada air putih.

Hal tersebut karena didalam ajran islam, doa orang shaleh akan lebih di ijabah oleh Allah SWT. Bahkan untuk yang satu ini juga bisa kita praktekan dengan menjadikann dzikir surat Al-Fatihah untuk kesembukan kita sendiri saat sedang sakit.

2. Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit Parah

Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA’ SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA’ AN LA YUGHODIRU SAQOMA.

Artinya:
“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamu lah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)

Meskipun kita tidak bisa berbuat apa-apa disaat saudara kita tengah di landa musibah terutama ketika mereka sedang terkena sakit, setidaknya dengan kita meluangkan waktu untuk mendoakan mereka kita sudah membantu agar penyakit yang diderita saudara kita segera di angkat oleh Allah SWT dan membuatnya kembali pulih. Dan diatas merupakan salah satu doa ketika menjenguk orang sakit yang tergolong cukup parah yang bisa kita bacakan.

Adapun pembacaan doa tersebut sebaiknya di lakukan setelah kalian mengerjakan sholat wajib, atau sesusai membaca dzikir dan doa atau pun juga bisa di lakukan ketika kalian selesai membaca al-quran, sehingga doa untuk orang yang sedang sakit tersebut bisa langsung di dengar oleh Allah, dan insyaallah akan segera di kabulkan oleh Allah SWT. Doa ketika menjenguk orang sakit diatas tidak hanya bisa di bacakan hanya untuk saudara kita yang sedang sakit parah.

Akan tetapi, doa tersebut juga bisa dibacakan atau di ucapkan ketika kita tengah dilanda sebuah bencana atau bahkan sakit ringan sekalipun seperti contohnya saja ketika terkena flu ataupun batuk dan pusing. Dengan mendoakan kesembuhan orang lain yang sedang di landa musibah, sama saja kita tengah melakukan sebuah ibadah yang tentu saja akan membuat kita memperoleh sebuah pahala.

3. Anjuran Nabi Muhammad ketika Menjenguk Orang Sakit

Tidak hanya menganjurkan untuk kita selalu hidup salin tolong menolong antar umat beragama, dalam ajaran agama Islam ketika ada kerabat ataupun saudara yang sedang terkena musibah kita juga mau tidak mau harus membantu dan juga mendoakannya. Maka dari itu, kalian juga perlu mengetahui beberapa doa ketika menjenguk orang sakit agar disaat kalian hadir untuk menjenguk saudara ataupun kerabat yang sedang sakit, kalian bisa membacakan beberapa doa yang mana inti dari doa-doa tersebut adalah meminta untuk segera disembuhkan.

Bukan sekedar hanya memberi perhatian yang lebih dari cukup kepada sanak saudara yang sedang sakit tersebut, dengan kita mengunjungi dan mendoakannya pun menjadi satu bentuk perhatian kita agar orang yang sedang sakit tersebut bisa sedikit tersenyum dan bahagia. Meskipun merupakan hal yang simple dan mungkin ringan untuk dikerjakan, namun ternyata pahala yang akan kita dapatkan bisa jauh lebih besar. Dan dibawah ini ada beberapa hadits mengenai anjuran nabi Muhammad SAW untuk kalian yang ingin menjenguk orang sakit.

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Nu’man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda

Artinya:
“Perumpamaan orang-orang beriman dalam hal saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi adalah ibarat tubuh yang satu. Apabila salah satu anggota tubuh merasakan sakit maka seluruh anggota badan ikut merasakan panas dan demam.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Selain itu dalam riwayat muslim, Baginda rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda

Artinya:
“Orang-orang Islam ibarat satu orang laki-laki. Apabila sebelah matanya merasakan sakit maka seluruh tubuhnya ikut merasakan sakit. Apabila kepalanya merasakan sakit maka seluruh tubuhnya ikut merasakan sakit.” (H.R. Muslim)

Merujuk dari hadits diatas, sudah seharusnya bagi kita sesama umat beragama untuk bisa menyempatkan waktu agar bisa membacakan doa ketika menjenguk orang sakit dan juga bisa memberikan sedikit hiburan agar sanak saudara kita bisa kembali tersenyum. Dan berikut adalah hadits lain yang juga menjelaskan mengenai anjuran untuk mendoakan dan menjenguk orang sakit (kerabat).

Yang dimana didalam Shaih muslim dari hadits Abi Hurairah Radhiyallahu ‘anhi bahwa Rasulullah SAW juga pernah bersabda

Artinya:
“Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam. Apabila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya. Apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya. Apabila dia meminta nasehat darimu maka berilah nasehat kepadanya. Apabila dia bersin lalu memuji Allah maka bertsymitlah (ucapkan Yarhamukallah), apabila dia sakit maka jenguklah dia, dan apabila dia meninggal dunia maka ikutlah mengantarkan jenazahnya.” (H.R. Muslim)

Nah itulah kiranya beberapa bacaan doa ketika menjenguk orang sakit yang bisa kalian hafalkan dan kalian jadikan sebagai media belajar agar ketika ada sanak saudara ataupun kerabat yang sedang sakit bisa langsung kita bantu memohon kesembuhannya dari segala macam penyakit yang menempel. Semoga informasi diatas bisa menjadi satu dari banyak materi ajaran Islam yang bermanfaat.