Bacaan Doa Iftitah : Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Iftitah – Dalam mengerjakan ibada sholat wajib ada tata cara dari mualiberwudhu sampai membaca doa, sebelum kita melaksanakan. Kita semua diharus kan baca niat sholat dan setelah itu dilanjutkan untuk doa iftitah, dalam membada doa iftitah ada beberapa doa yang bisa kalian bacakan. Namun yang sering digunakan ialah Allaahu akbaru Kabiraa dan Allaahumma Baa’id Bainii, keduanya merupakan doa iftitah yang sudah kita gunakan dalam menjalankan ibada sholat wajib dan sunnah.

Tidak hanya menjalankan sholat saja kita diharuskan untuk membaca niat dan doa, pada saat melahirkan juga terdapat doa melahirkan agar selamat. Doa iftitah sebenarnya sunnah, namun ada banyak yang beranggapan jika tidak membacanya akan terasa kurang lengkap atau tidak sempurna. Oleh karena itu banyak orang ketika melaksanakan sholat selalu membaca iftitah setelah takbiratul ihram.

Adapun keutamaan bagi semua orang yang membaca doa iftitah, untuk yang pertama sebagai bentuk pujian bagi Allah SWT, sebagia permohonan ampunan, sebagai wujud penghambaan diri dan masih banyak lagi keutamaan lainnya. Adapun adab ketika membacanya dengan di ucupkan dalam hati atau lirih baik jadi imam maupun makmum dan lainnya.

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada anda semuanya, ada dua doa iftitah yang sudah digunkan. Jika kalian sebagi makmum bisa bacakan saja yang pendek agar tidak ketinggalan, lalu untuk iman bisa gunakan salah satu dari kedua doa tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak langsung saja bacaan doa iftitah yang ada dibawah ini.

Bacaan Doa Iftitah Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Iftitah

Bacaan Doa Iftitah

Di dalam tata cara membaca doa iftitah akan dilakukan sesudah takbirotul atau sebelum membaca doa al fatihah dengan nada lirih atau di dalam hati. Untuk lebih lengkap dan detailnya,  simak langsung saja ulasan yang ada dibawah ini.

Baca :  Doa Naik Kendaraan Darat, Laut & Udara : Arab, Latin, Artinya

Bacaa Doa Iftitah 1

“Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.”

Artinya : Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri).”

Bacaa Doa Iftitah 2

“Allaahumma Baa’id Bainii Wa Baina Khathaayaaya Kamaa Baa’adta bainal Masyriqi Wal Maghrib. Allaahumma Naqqinii Minal Khathaayaa Kamaa Yunaqqats Tsaubul Abyadlu Minad Danas. Allaahummaghsil Khathaayaaya Bil maa-i Wats Tsalji Wal Barad”

Artinya : Ya Allah, jauhkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan air, salju dan embun.”

Hukum Doa Iftitah

Untuk menjalankan ibadah sholat memang kita diharuskan untuk membaca doa iftitah, meskipun ada juga yang tidak membaca doa iftitah karena doa tersebut sunnah. Namun akan terasa kurang lengkap atau tidak sempurna jika kita tidak membacanya. Rasullah juga pernah bersabda yang artinya “Shalat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca Al quran yang mudah baginya.” (HR. Abu Daud dan Hakim)

Baca :  8 Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah & Ujian

Itulah bacaa doaiftitah yang sudah kami sampaikan kepada kalian semua, kedua bacaan diatas merupakan yang sering digunakana oleh kebanyakan orang. Keduanya merupakan doa iftitah yang bisa kalian bacakan.  Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga amalan yang kami sampaikan kepada kalian semua dapat menambah ilmu untuk anda semuanya.