Doa Sebelum Belajar : Arab, Latin & Keutamaannya

Doa Sebelum Belajar – Sekolah memang suatu hal yang wajib untuk semua anak-anak, karena dengan bersekolah kita akan menjadi pintar. Namun perlu kalian tahu, jika semua anak yang sekolah tidak hanya belajar di sekolah saja. Pada saat dirumah juga harus belajar loh, agar pelajaran yang sudah dipelajari bisa dicerna dengan baik. Namun kita sebagai umat muslim, diwajibkan untuk memulai sehala sesuatu dengan membaca doa.

Seperti halnya dalam melakukan kegiatan belajar, kita diharuskan untuk membaca doa. Karena ada doa yang harus kalian baca sebelum memulai belajar, kami yakin sudah banyak yang tahu dan masih ada juga yang belum tahu. Pada kesempatan sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua akan tata cara sujud syukur beserta doanya, lalu pada kesempatan kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua akan doa sebelum belajar.

Pada dasarnya dalam melakukan segala aktifitas sudah ada doanya masing-masing, seperti halnya doa sebelun belajar dan doa setelah belajar. Dengan kita membaca doa terlebih dahulu untuk mengharap dapat menambah ilmu dan memahami ilmu yang baik. Didalam setiap doa yang kita panjatkan, terdapat keutamaan dan manfaatnya masing-masing. Seperti halnya pada keutamaan ayat kursi dan manfaatnya.

Doa ini tidak hanya untuk anak-anak saja, bagi kalian yang sudah dewasa dan masih sekolah juga sama kok. Nah untuk kalian semua yang belum tahu akan doa sebelum belajar atau belum tahu artinya. Kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan untuk kalian semua para orang tua maupun juga untuk anak-anak, untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Doa Sebelum Belajar Beserta Arab dan Latinnya

Doa Sebelum Belajar Beserta Arab dan Latinnya

Doa Sebelum Belajar Beserta Arab dan Latinnya

Dengan mengawali membaca doa sebelum belajar, nantinya kita akan mendapatkan manfaat yang besar. Sehingga ilmu yang kita dapatkan ketika kita belajar disekolah, rumah akan bermanfaat. Untuk lebih jelasnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan doa sebelum belajar berikut ini.

Baca :  Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

Doa Sebelum Belajar

Hadist H.R. Al-Baihaqi

Sebagaimana hadits seperti berikut ini Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan (H.R. Al-Baihaqi). Pada hadits tersebut mengjurkan kita semua sebelum memulai belajar bagi setiap muslim untuk membaca doa terlebih dahulu.

Doa Sebelum Belajar

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya : Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik

Doa Sesudah Belajar

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya : Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Itulah yang dapat kami sampaikan untuk kalian semuanya, dimana untuk doa sebelum belajar yang dilengkapi dengan latin dan artinya kepada kalian semua. Setelah belajar juga terdapat doa yang harus kalian bacakan, diatas kami sudah sampaikan secara lengkap. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua, semoga informasi diatas dapat bermnfaat untuk anda semua.